4 Tempat Wisata Unik di Surabaya Yang Cocok Untuk Jalan-jalan Sore!

Surabaya adalah kota yang penuh dengan objek wisata. Meskipun memiliki masa lalu yang kelam, tapi kini Surabaya telah bangkit menjadi sebuah kota metropolitan. Dan dengan inilah, kini Surabaya memiliki banyak sekali objek wisata yang bisa dinikmati para pengunjung.

Dari kota yang pernah dijajahi, Surabaya terus mengalami perkembangan, hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung. Surabaya memiliki banyak sekali objek wisata yang perlu dikunjungi.

Objek wisata kuliner, objek wisata bersejarah, rasanya memang kota ini bisa disebut dengan kota sempurna. Di antara banyaknya objek wisata tersebut ada lima tempat yang bagus untuk kamu kunjungi meskipun sekedar untuk menenangkan diri.

1. Masjid Al-Akbar

Masjid Al Akbar Surabaya foto keren dari @ganangaditama
Masjid Al Akbar Surabaya, foto keren dari @ganangaditama

Masjid ini yang terletak di daerah Jambangan, dekat dengan tol Waru. Halaman masjid ini luas dengan tempat parkir yang aman. Selain itu, terdapat kuliner di sekitaran masjid. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar ke dua di Indonesia.

Objek wisata unik di Surabaya ini memiliki kubah yang besar dan dikelilingi 4 kubah kecil yang berwarna biru dan memiliki menara dengan tinggi 99 meter.

Masjid yang dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995 ini diresmikan pada 10 November 2000. Masjid ini memiliki kubah yang unik menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer dan tinggi sekitar 27 meter. Dengan kemegahan seperti itu, Masjid Al-Akbar memang ditujukan untuk menjadi pusat edukasi Islam dan wisata religi. Jadi, tidak hanya sekedar tempat ibadah saja.

Alamat lokasi: Jl. Masjid Al-Akbar Utara No.1, Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya

Baca juga:

5 Pantai Instagramable di Surabaya Untuk Ngadem dan Hunting Foto

2. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Hoo Surabaya foto keren dari @its aniks
Masjid Cheng Hoo Surabaya, foto keren dari @its aniks

Masjid yang menjadi masjid dengan nama Tionghoa pertama di Indonesia ini berlokasi di Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Tepatnya berada di Jalan Gading No. 2 Kelurahan Ketabang, Genteng.

Masjid ini menjadi salah satu objek wisata unik di Surabaya karena memiliki interior unik khas Tionghoa. Yang sangat terlihat jelas ada di pintu masuk masjid berupa pagoda dan adanya patung singa yang terbuat dari lilin dengan lafaz Allah dan huruf Arab.

Diberi nama Masjid Cheng Ho sebagai bentuk penghormatan kepada Cheng Ho, laksamana asal Cina yang beragama Islam. Cheng Ho pada saat itu memiliki beberapa misi di antaranya berdagang, menjalin persahabatan dan menyebarkan ajaran Islam.

Ciri khas dari mesjid ini adalah perpaduan antara gaya Arab dengan Tiongkok. Setiap bagian  bangunan mesjid memiliki makna tersendiri.

Alamat lokasi: Jl. Gading No.2, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya

3. Taman Prestasi

balap perahu dengan lampu warna warni di taman prestasi malam hari

Terdengar taman yang bagus, bukan? Taman Prestasi Surabaya memang dibuat untuk memacu pengunjungnya agar berkarya dan berprestasi.

Objek wisata unik Surabaya ini menyediakan beberapa fasilitas seperti sarana bermain anak. Ada ayunan, jungkat jungkit dan perosotan.

Selain itu, terdapat panggung terbuka, dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Berbentuk seperti lingkaran dan dikelilingi oleh beberapa tempat duduk yang dilengkapi dengan peneduhnya, sangat nyaman untuk bersantai sambil membaca buku atau beristirahat.

Terdapat juga panggung hiburan. Panggung hiburan dibuat berbeda dengan panggung terbuka. Posisi panggung hiburan yang agak tinggi sehingga dilengkapi tangga untuk naik ke atasnya. Di panggung inilah acara-acara diadakan, dan sangat mudah karena dilengkapi dengan sound system.

Alamat lokasi: Jl. Ketabang Kali No.6, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya

Jam buka:

  • Sabtu: 18.00 – 21.00
  • Museum Surabaya (Sabtu): 19.00 – 19.30 & 20.00 – 20.30
  • Minggu: 07.00 – 12.00 & 18.00 – 21.00
  • Museum Surabaya (Minggu): 10.00 – 10.30 & 19.00 – 19.30

Harga tiket masuk: Rp. 4000

4. Surabaya North Quay

pemandangan sore hari di surabaya north quay

Objek wisata unik Surabaya ini dikelola oleh PT Pelindo III (Persero). Surabaya North Quay juga dijadikan sebagai lokasi bersandar kapal-kapal mewah internasional.

Pengunjung yang masuk ke Surabaya North Quay langsung disambut oleh Lagu Instrumental Indonesia Raya. Dinding pujasera menampilkan gambar biola, Reog Ponogoro. Ada dinding yang dihiasi topeng jaranan dan wayang kulit.

Objek wisata Surabaya ini terletak di lantai 2 dan 3 gedung Terminal Gapura Surya Nusantara. Bentuk bangunannya sangat modern. Di lantai 2 banyak terdapat tempat belanja dan di lantai 3 tersedia kuliner khas Surabaya.

Surabaya North Quay ini juga memiliki ruang pameran, banyak karya kreatif anak muda di pamerkan di sana.

Alamat lokasi: Perak Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya

Jam buka: 11.00 – 20.00

Harga tiket masuk: Mobil Rp. 7.000 dan Sepeda motor Rp. 5.000

4 Tempat Wisata Unik di Surabaya Yang Cocok Untuk Jalan-jalan Sore!
4.3 (86.67%) 3 votes
About Sally 139 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*