Wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Kota Bandung, tak pernah ada matinya sebagai pilihan destinasi wisata setiap orang, baik itu seorang backpacker, kunjungan kelompok, maupun keluarga. Ramahnya warga bandung, serta bentang alam yang sangat banyak seakan membuat sirna kemacetan di pusat kota. Masih banyaknya tumbuhan hijau di sudut-sudut kota menjadi pembias dari panasnya Bandung di siang hari. Tak ayal, julukan Kota Kembang masih melekat dan dikenal masyarakat diseluruh Indonesia. Selaras dengan julukan tersebut, tempat wisata di Bandung juga tidak terlepas dari pemandangan hijaunya pohon dan warna-warninya bunga-bunga.

Taman Hutan Raya Juanda dapat menjadi alternatif anda berwisata sembari menghilangkan stress dengan teduhnya pepohonan disini. Berikut ulasan dari redaksi Pikniktrus.com mengenai tempat wisata yang satu ini.

Letak Taman Hutan Raya Juanda

taman hutan raya juanda 1 foto dari @febyduls
taman hutan raya juanda 1 foto dari @febyduls

            Tahura Bandung, adalah sebutan lain untuk Taman Hutan Raya Juanda yang merupakan bagian dari kelompok hutan Gunung Pulosari. Terletak di Bandung bagian utara, tepatnya Jalan Ir. H. Djuanda Nomor 99, Dago Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung. Udara yang disuguhkan disini sangar sejuk, sehingga wisata banyak dikunjungi oleh mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Taman yang terbentang seluas 526,98 Hektar ini memiliki topografi yang menanjak, terlebih untuk menuju area taman hutan raya. Karena area yang luas ini, didalamnya terdapat beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi.

obyek wisata di Taman Hutan Raya Juanda:

taman hutan raya juanda 2 foto dari @ian arriestian02
taman hutan raya juanda 2 foto dari @ian arriestian02

Pertama adalah Monumen  Ir.H.Djuanda. Untuk mengenang perjuangan yang telah diberikan oleh Ir.H.Djuanda, dibuatkannya ruangan dengan luas 8×10 meter persegi. Di dalam monument ini terdapat benda-benda bersejarah seorang Ir.H.Juanda, Sebagai salah satu pahlawan nasional Indonesia. Tak jauh dari Museum ini terdapat Monumen Ir.H.Djuanda. dibangunnya monument ini, sebagai symbol dari taman hutan raya itu sendiri. Selain itu pengunjung biasanya berfoto di monument ini

curug omas foto dari @ahdi h369
curug omas foto dari @ahdi h369

Karena letak taman ini sedikit tinggi dari kota, maka di area ini juga terdapat banyak curug. Curug adalah air terjun dengan ketinggian tertentu. Diataranya terdapat Curug Omas. Curug ini memiliki nama lain yaitu Curug Maribaya, dimana lokasinya berada di Maribaya, Lembang, Bandung. Udara yang sejuk dan curug dengan ketinggian 30 meter ini dapat menjadi alternatif obyek wisata ketika berkunjung di Tahura bandung. Selain itu terdapat curug lalay, memiliki tinggi yang sama dengan curug omas, yaitu 30 meter. Curug yang paling jauh dari kedua curug lainnya adalah curug dago. Dengan ketinggian di atas 800 meter dari permukaan air laut memiliki curug yang tidak begitu tinggi, hanya sekitar 12 meter.

goa jepang foto dari @tahuradjuanda.official
goa jepang foto dari @tahuradjuanda.official

Satu hal yang paling banyak dikunjungi dari Tahura ini adalah keberadaan Goa. Terdapat dua Goa bersejarah. Yang pertaman adalah Goa Belanda. Letaknya dekat dengan curug omas, untuk menuju goa ini anda akan melewati jalan menanjak dan becek ketika musim hujan. Goa belanda ini dipercaya oleh pengelola Tahura Bandung, sebagai tempat penyimpanan senjata.  Bila ada memasuki goa ini, tidak terkesan anker karena letak goa ini tidak terlalu dalam dan pendek. Sedangkan goa satunya lagi, yaitu Goa Jepang. Memiliki 2 saluran udara dan 4 pintu, kesan angker lebih terasa pada Goa ini. Banyak cerita dari Goa Jepang ini, diantaranya sebagai tempat dibuangnya jasad pejuang Indonesia pada jaman Romusha.

tebing karaton foto dari @mulkisalman
tebing karaton foto dari @mulkisalman

Salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh anak muda di Taman Hutan Raya Juanda adalah tebing keraton. Tempatnya yang sangat eye catching untuk dijadikan latar foto, menyebabka banyaknya anak muda di area ini terlebih pada weekend atau hari libur. Tebing keraton berada di ketinggian 1200 mpdl, dengan hamparan pemandangan hutan dibawahnya. Dengan lokasi yang cukup tinggi, waktu terbaik berada di tebing keraton adalah waktu sunrise atau sunset. obyek wisata lainnya yang dapat mengedukasi pengunjung adalah adanya Prasasti Batu Raja Thailand. Cerita yang berkembang dari mulut ke mulut adalah adanya Raja Chulalonkrorm dan Pradjathipok Pharaminthara yang berasal dari kerajaan Chankri melakukan perjalanan hingga sampai di Curug Dago pada tahun 1818 Masehi. Guna mencatat kedatangan kedua raja tersebut, dibuatlah prasati ini.

Letaknya yang menyatu dengan alam, Tahura Bandung juga menyediakan kawasan penangkaran rusa. Dengan jenis rusa tutul, pengunjung dapat menyaksikan dengan dekat dan memberi makan rusa-rusa yang ada di Taman Hutan Raya Juanda, tentunya dengan makanan yang telah disediakan oleh pengelola. Selain itu adanya wisata alam, tidak terlepas dari jalur trek yang dapat dijadikan sebagai olahraga hiking, ditambah udara yang masih sangat sejuk sangat membantu bagi anda yang datang untuk berolahraga. Jangan lupa, pastikan untuk menyiapkan stamina dan perlengkapan hiking.

Cara Menuju Taman Hutan Raya Juanda

lokasi taman hutan raya juanda
lokasi taman hutan raya juanda

            Letak Taman Hutan Raya Juanda ini memiliki beberapa akses pintu masuk, pengunjung dari terminal dago, dimudahkan dengan akses jalan yang dapat dilewati kendaraan apapun dan hanya berjarak 2 KM menuju pintu masuk I dan II. Pintu masuk III dimulai dari Curug Dago. Sedangkan Pintu masuk IV berada di Maribaya, pengunjung dapat menempun dari arah lembang. Rute ini berjarak 4 km, dapat dilalui semua kendaraan.

Bila anda seorang backpacker, dari terminal dago, pilihlah angkot berwarna orange trayek dago menuju caringin. Berhentilah di pertigaan Tahura Djuanda, lalu jalan kaki atau menyewa ojek sampai pintu tahura.

Biaya Masuk Taman Hutan Raya Juanda

Menikmati Tahura Bandung, dengan sejuknya angin yang bertiup melalui pohon-pohon yang rindang anda akan dikenakan tariff sesuai dengan kegiatan yang akan anda lakukan di area ini. Tarif standar bagi wisatawan lokal Rp 15.000/orang, sedangkan Rp 76.000/orang bagi wisatawan mancanegara. Bagi pengunjug yang akan camping atau kegiatan seperti outbond, anda akan dikenakan Rp 20.000/hari sebagai dana retribusi.

Hotel Dekat Taman Hutan Raya Juanda

Untuk melengkapi berwisata di bandung, tak lengkap rasanya bisa tak bermalam di kota yang berudara dingin dimalam hari. Bagi anda yang ingin bermalam didekat Taman Hutan Juanda, anda dapat memilih hotel yang berada di Lembang, sepanjang jalan sersan bajuri, terdapat hotel dengan harga mulai Rp 108.000, atau di Jalan pakar kulon Nomor 9, terdapat hotel Airy Eco Syariah, hotel ini terletak di Dago atas, cocok untuk anda yang menginginkan hotel yang dekat dengan Tahura Bandung. Hanya dengan harga sekitar Rp 171.000, anda dapat bermalam disini.

Allternatif lain bagi anda yang ingin menghabiskan malam di Bandung, terdapat Guest House di dalam Tahura Bandung. Sensasi menginap di tengah hutan, dengan udara yang asli dari alam, anda cukup membayar Rp 250.000/hari lengkap dengan perlengkapan tidur yang nyaman.

Demikian ulasan mengenai Taman Hutan Raya Juanda yang dapat menjadi referensi berwisata bersama keluarga maupun orang tersayang di akhir pekan. Pastikan memilih hari dan cuaca yang tepat agar terhindar dari hujan yang lebat. Selamat berwisata.

Rate this post

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*