5 Wisata Pantai di Jogja Dengan Pasir Putih Paling Eksotis

Seringnya kita mengenal Pantai Parangtritis dan Indrayanti sebagai destinasi wisata pantai andalan Jogja. Menjadikan kita tidak tahu banyaknya tempat wisata pantai menarik lainnya yang ada di Jogja.

Ya! Kedua destinasi wisata pantai di atas sudah terkenal dan banyak sekali dikunjungi oleh turis-turis lokal maupun internasional. Nah, selain pantai Parangtritis dan Indrayanti, berikut pantai indah di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk liburan seru.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi pantai di Jogja dengan pasir putih paling eksotis:

1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Jogja foto keren dari @wildan mushofa
Pantai Nglambor Jogja, foto keren dari @wildan mushofa

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai terkenal di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta karena kegiatan snorkeling-nya dan keberadaan sepasang batu karang raksasa yang bentuknya seperti kura-kura raksasa yaitu “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul”.

Jernihnya dan bersihnya air laut di Pantai Nglambor memungkinkan kamu dengan leluasa melihat karang, ikan warna-warni, rumput laut dan pemandangan bawah lautnya dari permukaan air. Kegiatan snorkeling pun sangat disarankan untuk dicoba, soalnya kamu bisa foto underwater keren di sana.

Andaikata tidak punya kamera underwater, jangan sedih. Kamu tinggal ikut paket snorkeling “Bintang Nglambor Snorkeling” saja, biaya yang kamu bayarkan sudah termasuk paket foto underwater.

Lokasi dan rute menuju Pantai Nglambor

Secara administratif pantai ini termasuk dalam wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute paling cepat menuju ke Pantai Nglambor

Jika berangkat dari Jogja maka cara paling mudah adalah dengan menggunakan angkutan umum ke Pantai Nglambor. Perjalanan bisa diawali dari Terminal Giwangan yang berlokasi di Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Di terminal ini kamu bisa langsung menuju ke loket pemberangkatan, pilih bus yang mengarah ke Terminal Dhaksinarga Wonosari, pilih bus kecil saja agar lebih cepat berangkat.

Sesampainya di Terminal Dhaksinarga Wonosari sambung lagi naik bus pedesaan dengan jurusan Wonosari – Jepitu via Tepus. Bus ini akan jalan melewati Desa Purwodadi, nah nanti bilang ke kernetnya untuk berhenti di pertigaan Desa Purwodadi.

Katakan saja sama kernetnya kalau kamu mau ke Pantai Nglambor, dia pasti mengerti. Dari pertigaan itu kamu bisa naik ojek untuk sampai ke lokasi Pantai Nglambor Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan snorkeling di Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Jogja foto keren dari @machekoo
Pantai Nglambor Jogja, foto keren dari @machekoo

Saat ke Pantai Nglambor kamu akan dikenakan biaya tiket masuk Rp. 5.000 per orang, ini sudah termasuk tiket ke di sekitarnya seperti Pantai Jogan dan Pantai Siung.

Jika membawa kendaraan pribadi maka akan dikenakan biaya parkir Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Biaya parkir bus adalah Rp. 10.000.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan bawah laut pantai ini maka bisa juga menyewa peralatan snorkeling. Harga sewa peralatan snorkeling di Pantai Nglambor adalah Rp. 50.000 per orang.

2. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo foto keren dari @descaviani.p.h
Pantai Wediombo, foto keren dari @descaviani.p.h

Panti di Jogja satu ini cantiknya kebangetan banget. Pantai Wediombo merupakan pantai yang berbentuk teluk dengan dinding perbukitan yang berwarna hijau subur. Pasir putihnya yang eksotis akan membuat kamu terpukau.

Berenang di pantai ini kamu tidak akan terseret ombak. Kenapa? Karena pantai Wediombo memiliki kolam renang alami alias laguna. Kolam renangnya landai dan cukup luas. Dan dipisahkan oleh batu karang sehingga tak akan terseret ombak, kecuali kamu berenang saat air laut sedang pasang.

Kegiatan seru lainnya, kamu bisa berkemah di kawasan Pantai Wediombo. Pemandangan indah, banyak pepohonan rindang dan suasana yang tenang sangat mendukung liburan asyik. Saat senja tiba kamu juga akan disuguhkan pemandangan sunset yang amat memukau.

Sunset di Pantai Wediombo foto keren dari @joeluluk
Sunset di Pantai Wediombo, foto keren dari @joeluluk

Rute dan lokasi Pantai Wedombo

Panti cantik di Jogja ini berlokasi di jalan Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istmewa Yogyakarta, Indonesia.

Dari  pusat kota Jogja berjarak sekitar 80 kilometer, dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Rute paling cepat ke Pantai Wediombo

Dari Yogyakarta kamu bisa berangkat menuju ke Wonosari, ambil arah menuju Pantai Baron. Nanti akan bertemu dengan pertigaan Desa Mulo. Ambil jalan ke kiri menuju ke Jepitu, nanti setelah bertemu dengan pertigaan Pasar Jepitu ambil jalan ke kanan. Teruskan perjalanan hingga sampai di lokasi Pantai Wediombo

3. Pantai Drini Jogja

Pantai Drini Yogyakarta foto keren dari @dinara diaz
Pantai Drini Yogyakarta, foto keren dari @dinara diaz

Pantai di Jogja dengan pasir putih yang eksotis selanjutnya adalah Pantai Drini. Pantai yang sudah cukup terkenal ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jogja.

Di sisi timur pantai ini terdapat barisan tebing yang menjulang seperti benteng yang sedang menghadang ombak. Terdapat pula sebuah laguna dengan air biru yang jernih, dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

Salah satu spot yang cukup menarik perhatian pengunjung adalah sebuah pulau karang kecil yang ada di tengah-tengah pantai. Pulau kecil ini merupakan salah satu spot favorit untuk foto-foto di Pantai Dirini.

Lokasi Pantai Drini Yogyakarta

Pantai Drini berlokasi di desa Banjarejo, kecamatan Tanjungsari, tepatnya ada di sisi timur objek wisata Pantai Baron.

Rute paling cepat menuju Pantai Drini

Jarak lokasi Pantai Drini dari pusat Kota Jogja yakni sekitar 60 km, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan 2 – 3 jam waktu perjalanan.

Untuk mencapai lokasi, ikuti rute berikut:

Dari Kota Jogja, berangkatlah dengan mengambil jalur ke arah ke Wonosari. Dari Wonosari lanjutkan perjalanan menuju ke arah Mulo.

Setelah bertemu dengan pertigaan Mulo, ambil jalan lurus menuju ke arah Pantai Baron. Nanti kurang lebih 1 km sebelum lokasi Pantai Baron Anda akan bertemu dengan pertigaan lagi, ambil jalan ke arah kiri menuju ke Pantai Drini.

Harga tiket masuk dan fasilitas

Harga tiket masuk ke Pantai Drini Gunung Kidul ini terbilang cukup murah, Anda hanya perlu membayar Rp. 4.000 per orang.

Jika membawa kendaraan sendiri Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbilang cukup lengkap, mulai dari tempat parkiran yang luas, mushola, gazebo tempat bersantai di sepanjang bibir pantai, toilet, rumah makan, hingga tempat penjualan berbagai suvenir.

4. Pantai Siung Jogja

Pantai Siung Yogyakarta foto keren dari @oomkmariyah
Pantai Siung Yogyakarta, foto keren dari @oomkmariyah

Jangan lewatkan juga Pantai Siung Jogja yang katanya bisa bikin kamu nggak mau pulang!

Salah satu daya tarik pantai ini adalah adanya gugusan batu-batu karang besar yang membentang menghadang ombak. Kondisi alamnya yang terbilang masih alami juga menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata.

Ada banyak sekali spot berfoto yang bisa kamu eskplore. Di sisi lain pantai juga terdapat hamparan pasir putih landai yang bisa kamu jadikan tempat bermain-main atau bersantai. Pokoknya jalan-jalan ke pantai ini nggak akan bikin kamu nyesel.

Lokasi Pantai Siung Jogja

Pantai eksotis ini terletak di daerah Gunung Kidul, tepatnya di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute paling cepat menuju ke Pantai Siung

Pantai Siung berada sekitar 80 Km dari pusat Kota Jogja, untuk bisa sampai ke lokasi kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dari Yogyakarta, Solo, atau Klaten.

Jika dari Jogja kamu bisa langsung meluncur menuju ke Wonosari, ambil jalan yang menuju ke Pantai Baron. Setelah bertemu pertigaan ambil jalan ke arah kiri menuju ke lokasi Pantai Siung.

Harga tiket masuk dan fasilitas

Harga tiket masuk ke Pantai Siung Jogja adalah Rp. 6.000 per orang. Jika membawa kendaraan kamu juga akan dikenakan biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Untuk urusan fasilitas bisa dibilang pantai ini sudah punya fasilitas yang cukup lengkap mulai dari parkiran yang luas, mushola, penginapan, toilet, pendopo, hingga rumah makan.

5. Pantai Timang

Pantai Timang Yogyakarta foto keren dari @xrakanaufalx
Pantai Timang Yogyakarta, foto keren dari @xrakanaufalx

Agak antimainstream, Pantai Timang berlokasi di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Adrenalin kamu akan diuji apabila berani menaiki kereta gantung dari tepi pantai yang akan membawa kamu ke pulau Watu Panjang di tengah lautnya.

Saat menyeberanginya, ombak yang berdebur keras di bawahnya, angin yang berhembus kencang akan menjadi tantangan tersendiri bagi kamu. Jarak gantole yang menarik kereta gantung tersebut sekitar 100 meter, dan kamu harus lewati sendiri. karena kereta gantung di Pantai Timang ini hanya bisa membawa satu orang saja.

Objek wisata ekstrim kepunyaan Jogja ini, baru-baru ini dijadikan tempat syuting reality show terkenal “Running Man”. Selain naik gantole kamu juga bisa menyeberang melewati jembatan gantung yang tak kalah kerennya, meskipun jembatannya kokoh tapi tetap bisa bikin adrenalin naik apalagi saat ada ombak gede menghantam karang.

Pantai Timang Yogyakarta foto keren dari @jejakbayuubay
Pantai Timang Yogyakarta foto keren dari @jejakbayuubay

Lokasi Pantai Timang

Pantai Timang secara administratifnya masih termasuk kawasan Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute paling cepat menuju ke Pantai Timang

Pantai ini terletak sekitar 50 Km dari pusat Kota Jogja, jadi kurang lebih akan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi.

Dari Jogja kamu langsung meluncur ke arah Wonosari, teruskan ke arah Pantai Baron. Setelah bertemu pertigaan Mulo ambil jalan ke kiri menuju ke Tepus. Nanti setelah bertemu pertigaan belok kiri lagi, sekitar 300 meter setelah melewati Pasar Ndakbong nanti ada jalan ke kanan, ambil jalan itu hingga sampai ke lokasi Pantai Timang.

Harga tiket masuk dan fasilitas di Pantai Timang

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Timang kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 sudah termasuk biaya parkir motor.

Jika ingin naik gondola maka harus membayar lagi Rp. 150.000 pp, sedangkan biaya tiket naik jembatan gantung Rp. 100.000.

Nah, Itulah wisata pantai di Jogja dengan pasir putih eksotis yang indah maksimal. Selamat jalan-jalan ya!

5 Wisata Pantai di Jogja Dengan Pasir Putih Paling Eksotis
4 (80%) 4 votes
About Sally 139 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*