Wisata Gili Trawangan, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mengunjunginya

Wisata Gili Trawangan – Bingung memilih tempat wisata untuk melarikan diri dari rutinitas harian? Gili Trawangan bisa kamu pilih sebagai tujuan.

Lokasi Gili Trawangan

Secara administratif Gili Trawangan berada di wilayah kabupaten Lombok Utara. Letaknya di tengah lautan dan cukup berdekatan dengan gili terkenal lainnya di Lombok, NTB. Yaitu Gili Air dan Gili Meno.

Kenapa harus Gili Trawangan?

Berikut ini 5 alasan kenapa kamu wajib mengunjungi Gili Trawangan:

1. Bermain seru di pasir putih dan biru tosca air lautnya

Keindahan Pantai Gili Trawangan foto keren dari @stokedfortravel
Keindahan Pantai Gili Trawangan, foto keren dari @stokedfortravel

Pasir putihnya yang lembut di kaki sangat asyik untuk berjemur, bisa juga melukis atau membangun istana pasir. Begitu pun airnya yang jernih dan bersih sangat menggoda untuk menceburkan diri. Byuurrr!

Lautnya yang tenang juga memungkinkan untuk snorkeling ria sampai puas. Bawah laut Gili Trawangan dihiasi terumbu karang, ikan kecil warna-warna dan biota laut cantik lainnya yang terjaga kealamiannya.

2. Sunrise memukau

Sunrise di Gili Trawangan yang memukau foto keren dari @joethamrin
Sunrise di Gili Trawangan yang memukau, foto keren dari @joethamrin

Siap-siap terpana deh menyaksikan moment matahari terbit di Gili Trawangan. Sepanjang pantai di pesisir timurnya menyajikan sunrise hangat yang sedap di pandang. Pokoknya tak kalah keren dari sunrise yang ada di Gunung Rinjani. Jadi jangan sampai kesiangan yah bangunnya!

3. Tak ada polusi

Cidomo kereta kuda di Gili Trawangan foto keren dari @raisingamontessorian
Cidomo kereta kuda di Gili Trawangan, foto keren dari @raisingamontessorian

Udara di Gili Trawangan sangat sehat. Di sana kamu tidak akan menemukan kendaraan bermotor yang ada hanya sepeda dan cidomo (andong). Jika ingin keliling Gili Trawangan kedua alat transportasi itulah yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu harus jalan kaki.  Hanya butuh -+ 2 jam jam untuk menyusuri pulaunya dengan berjalan kaki. Gili Trawangan hanya memiliki panjang 3 Km dan lebar 2 Km.

Untuk menyewa sepeda di hotel di sana pun sudah tersedia penyewaan, menariknya ada pula hotel yang meminjamkan gratis selama kamu stay di hotel tersebut.

Untuk menaiki cidomo yang dikendarai pak kusir, kamu harus membayar Rp150.000 untuk satu kali keliling dengan kapasitas cidomo untuk 3 orang.

4. Berkuda di Pesisir Pantai Gili Trawangan

Berkuda di Pantai Gili Trawangan
Berkuda di Pantai Gili Trawangan

Menikmati suasana pantai sambil berkuda akan menjadikan liburanmu semakin berkesan. Terdapat dua jasa penyewaan kuda di Gili Trawangan yaitu Sunset Stables dan Stud Stables, kamu bisa menyewanya dan mengatur berapa lama aktivitas berkuda dan menuju ke mana. Kamu akan ditemani pemandu. Tarif sewa kuda rata-rata Rp250.000/ jam.

5. Wisata Kuliner di Gili Trawangan

Kuliner es krim di Gili Trawangan foto keren dari @winapratiwiia
Kuliner es krim di Gili Trawangan, foto keren dari @winapratiwiia

Karena pengunjungnya dari berbagai negara, mulai dari Makanan khas Indonesia hingga makanan bule bisa kamu temukan di sana. Banyak restaurant & café yang bisa kamu singgahi untuk berburu kuliner. Harganya pun bervariatif. Agar tak terlalu menguras dompet, kamu bisa patungan dengan teman-temanmu jika ingin banyak icip-icip.

Cara Paling Cepat ke Gili Trawangan

Jika kamu berniat ingin mengunjungi tempat wisata indah di Lombok ini maka berikut adalah beberapa alternatif akses yang bisa kamu pilih:

  1. Dari Bandara Lombok kamu sambung lagi perjalanan menuju ke Pelabuhan Bangsal dengan menggunakan taksi. Nah dari pelabuhan kamu bisa menaiki kapal penyeberangan ke Gili Trawangan. Penyeberangan memakan waktu sekitar 1 jam.
  2. Jika ingin cepat, dari bandara kamu bisa langsung ke Teluk Nare. Dari sana kamu sewa speedboat untuk menyeberang. Waktu menyeberang hanya sekitar 15 menit, lebih cepat namun tentunya lebih mahal.
  3. Jika berangkat dari Pulau Senggigi kamu bisa langsung menyeberang dari Pelabuhan Senggigi. Waktu penyeberangan ini lamanya sekitar 1 jam. Jika ingin murah maka baiknya menyeberang dengan beberapa rekan agar ongkosnya patungan.
  4. Bagi kamu yang berangkat langsung dari Bali maka bisa menggunakan jasa fast boat yang biasanya ada di setiap tempat wisata di Bali. Perjalanan laut dari Bali ke Gili Trawangan memakan waktu sekitar 1 jam.

Harga tiket dan biaya penyeberangan ke Gili Trawangan

Harga tiket yang paling murah adalah jika Anda menggunakan kapal penyeberangan umum yakni sekitar Rp. 20.000. Namun memang waktu penyeberangan lebih lama dan jumlah penumpang juga biasanya ramai.

Sedangkan harga sewa fastboat dan speedboat ke Gili Trawangan berkisar di harga Rp. 350.000.

Di Gili Trawangan tidak ada kendaraan bermotor yang beroperasi, jadi di sana kamu bisa menyewa sepeda. Harga sewanya:

  • Sepeda Rp. 50.000
  • Cidomo (andong/ kereta kuda) Rp. 150.000 dengan kapasitas 3 orang penumpang.

Untuk mendapatkan penginapan murah di Gili Trawangan kamu bisa memilih penginapan homestay dengan harga mulai dari Rp. 200.000-an per malam. Namun jika ingin merasakan sensasi yang lebih mewah maka bisa memesan resort, tapi harganya lebih mahal bisa mencapai jutaan rupiah per malam.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi snorkeling maka bisa menyewanya dengan harga Rp. 150.000 per 3 jam.

Nah, itulah informasi tentang Wisata Gili Trawangan dan alasan kenapa kamu wajib mengunjunginya. Yuk packing!

Wisata Gili Trawangan, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mengunjunginya
3.5 (70%) 2 vote[s]

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*