10 Wisata Alam Surabaya dan Sekitarnya yang Harus Kamu Kunjungi

Tempat wisata alam di Surabaya adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Saat kamu mulai jenuh dengan pekerjaan atau sibuknya kehidupan kota, maka menghirup udara segar di alam terbuka adalah hal yang sangat menyenangkan.

Surabaya memiliki beragam wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata mangrove, museum bersejarah, dan tidak kalah penting tentunya Surabaya juga punya berbagai objek wisata alam yang bisa kamu kunjungi untuk menghirup udara segar dan melepas lelah.

Berikut ini adalah 10 objek wisata alam di Surabaya yang wajib kamu kunjungi:

1. Bukit Larangan Panceng

Wisata Alam Surabaya - Bukit Larangan Panceng Photo by @fendy lavigne
Wisata Alam Surabaya – Bukit Larangan Panceng, Photo by fendy lavigne

Bukit ini terletak di Desa Prupuh, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Wisata alam Surabaya ini tidak berada di pusat kota. Kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit dari pusat kota menuju lokasi.

Bukit Larangan Panceng ini wajib kamu kunjungi jika kamu pencinta wisata alam Surabaya. Dari atas bukit, kamu bisa melihat garis yang memanjang dengan pepohonan hijau sebagai pembatasnya.

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah untuk menuju ke lokasi ini bukan satu hal yang mudah. Kamu harus melewati perjalanan terjal. Untuk masuk ke tempat ini, kamu akan dikenakan biaya parkir.

Bukit ini masih jarang dikunjungi para wisatawan karena bukit ini masih terkenal dengan cerita mistisnya. Namun dari atas bukit, kamu akan menemukan pemandangan yang sangat indah, pasti kamu akan menggelengkan kepala melihatnya saking kagumnya kamu akan keindahan pemandangan yang kamu dapatkan.

  • Alamat dan rute lokasi: Prupuh, Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk:
  • Tips: sebaiknya datang pada saat cuaca sedang cerah.

2. Kebun Bibit Wonorejo

Wisata Alam Surabaya Kebun Bibit Wonorejo Photo by @ella.98
Wisata Alam Surabaya – Kebun Bibit Wonorejo, Photo by ella.98

Kebun bibit ini adalah tempat persemaian bibit-bibit pohon yang nantinya akan ditanam di Kota Surabaya. Ada beberapa hal di kebun bibit ini yang siap menarik perhatianmu. Di kebun bibit ini terdapat danau yang memiliki dermaga-dermaga kecil sebagai tempat untuk menikmati indahnya danau yang ada di tengah taman kebun bibit ini.

Kebun Bibit Wonorejo juga memiliki kandang rusa yang di dalamnya terdapat beberapa rusa yang sengaja di pelihara. Ada juga wahana wall climbing, tapi dikhususkan untuk anak-anak yang ingin berlatih ketangkasan dan kekuatan tangan dan kaki.

Ada jogging track yang dapat digunakan mengelilingi luasnya danau. Ada foot theraphy yang bisa kamu manfaatkan jika tubuh kamu merasa pegal atau lesu dan tentu saja ini adalah olahraga yang menyenangkan.

Alamat: Jalan Kendal Sari Blok RK No.70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur Pos: 60297

Jam buka:

  • Kamis 08.00–17.00
  • Jumat 08.00–17.00
  • Sabtu 08.00–17.00
  • Minggu 08.00–17.00
  • Senin 08.00–17.00
  • Selasa 08.00–17.00
  • Rabu 08.00–17.00

Harga tiket masuk: Rp. 0 alias gratis

3. Taman Buah Undaan

taman buah undaan kulon surabaya

Taman buah tidak harus berada di daerah pegunungan atau dataran tinggi lainnya. Taman Buah Undaan di Surabaya ini misalnya.

Wisata alam Surabaya ini memiliki kebun buah yang berukuran cukup luas untuk dinikmati oleh para wisatawan. Taman yang terletak di Jl. Undaan Kulon No. 7 ini diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2009.

Sebelum menjadi taman, tempat ini hanyalah stasiun pompa bensin milik Pertamina. Wisata alam Surabaya ini dibangun di sebelah sisi sungai Kalimas. Kamu juga bisa menikmati 5 bentuk semburan air mancur dengan duduk di atas tempat duduk berbentuk buah.

Ada tiga tempat duduk yang berbentuk buah yaitu bentuk buah pisang, buah pepaya dan buah belimbing. Bentuk buah pisang di taman ini ada dua bentuk yaitu pisang utuh dan pisang yang sudah terkelupas. Ada juga tempat duduk buah pepaya yang berbentuk buah pepaya yang sudah terbuka ¼ nya. Fasilitas lain yang ada di taman ini sama seperti taman di Surabaya lainnya seperti, musola, toilet, parkiran, dan rumah makan.

  • Alamat dan rute lokasi: Blok M No., Jl. Sutorejo Utara Blok E No.1, Dukuh Sutorejo, Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur Pos: 60113
  • Harga tiket masuk: 0 alias gratis
  • Jam buka: 24 jam

4. Food Junction

Wisata Alam Surabaya Food Junction Photo by agungnugroho27
Food Junction Surabaya, Photo by agungnugroho27

Tempat wisata ini ada di Surabaya Barat. Wahana yang ada di Food Junction yaitu permainan bebek air, festival of light, ada kereta mini. Objek wisata alam di Surabaya ini tidak gratis, kamu harus membayar Rp. 20.000 agar bisa masuk ke tempat ini. Ada juga danau di sini.

Food Junction berlokasi di Jl. Grand Banjar Boulevard, Surabaya. Jadwal buka mulai jam 11.00 hingga jam 22.00. Meskipun berbayar, tapi objek wisata yang dibuat di alam terbuka seperti ini mungkin bisa membuatmu melupakan semua lelah yang telah kau lalui.

Alamat dan rute lokasi: Jl. Grand Banjar Boulevard, Banjar Sugihan, Tandes, Surabaya, Jawa Timur 60184

Jam buka:

  • Kamis 11.00–22.00
  • Jumat 11.00–22.00
  • Sabtu 11.00–22.00
  • Minggu 11.00–22.00
  • Senin 11.00–22.00
  • Selasa 11.00–22.00
  • Rabu 11.00–22.00

Telepon: (031) 99019500

Harga tiket masuk: Rp. 0 alias gratis

5. Taman Flora Bratang

Wisata Alam Surabaya Taman Flora Bratang Photo by pivicasa
Taman Flora Bratang, Photo by pivicasa

Tempat wisata alam di Surabaya yang selanjutnya adalah Taman Flora Bratang. Taman ini berlokasi di Jl. Manyar 80 A Surabaya. Jaraknya sekitar 200 meter dari terminal Bratang.

Sebelum menjadi taman, tempat ini adalah tempat pembibitan semua tanaman yang akan di tanam di penjuru kota Surabaya. Namanya juga taman Flora, ya tentu banyak sekali tanaman di sana. Taman ini dihuni tidak hanya oleh tanaman kecil, tetapi juga banyak berdirinya pohon-pohon besar.

Bagian tertentu dari taman Flora Bratang ini hampir mirip seperti hutan karena banyaknya pohon-pohon besar dan tinggi. Pengunjung yang masuk ke taman ini, tidak dipungut biaya, alias free. Namun fasilitas yang disediakan tetap luar biasa. Jadi, bukan karena murah, lalu tempatnya tidak bagus. Taman di Surabaya ini gratis dan tetap dengan fasilitas yang bagus.

Saat berkunjung ke taman ini kamu harus memperhatikan kebersihan taman, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menginjak tanaman. Berfoto ria boleh, asal tetap menjaga bunga, hewan ataupun benda yang lain yang ada di situ.

  • Alamat dan rute lokasi: Manyar 80A Surabaya, sekitar 200 meter dari Terminal Bratang.
  • Harga tiket masuk: 0 alias gratis
  • Fasilitas: Outbond, playground, Broadband Learning Center, perpustakaan, mushola, pendopo serbaguna, toilet.
  • Jam buka:00 – 17.00

6. Pantai Kenjeran

Wisata Alam Surabaya Pantai Kenjeran Photo by dhista69
Pantai Kenjeran, Photo by dhista69

Pantai Kenjeran adalah objek wisata alam di sekitar Surabaya dengan sunset yang terkenal indah. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini mulai dari berlayar, berenang, memancing ikan, atau sekedar bersantai sambil hunting foto-foto keren.

Pantai Kenjeran berlokasi di Jl. Raya Pantai Lama, Kenjeran Bulak, Surabaya. Selain punya pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap seperti waterpark, tempat pemancingan, pacuan kuda, dan tempat kulineran.

  • Alamat dan rute lokasi: Raya Pantai Lama, Kenjeran Bulak, Surabaya
  • Harga tiket masuk: 15.000 per orang.
  • Jam buka: 24 jam

7. Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Alam Surabaya Hutan Mangrove Wonorejo Photo by bimmoharyanto
Hutan Mangrove Wonorejo, Photo by bimmoharyanto

Tempat wisata alam di Surabaya yang selanjutnya adalah Hutan Mangrove Wonorejo. Hutan Mangrove ini merupakan kawasan hijau yang ada di tengah kota Surabaya. Di sini kamu bisa menghirup udara segar sambil menikmati pemandangan hutan bakau yang hijau.

Hutan Mangrove Wonorejo didesain dengan apik dan unik. Pintu masuknya terbuat dari bambu yang ditata menyerupai bingkai berlapis-lapis. Di sini juga terdapat jembatan kayu yang cukup panjang sebagai jalan untuk menjelajahi hutan.

Hutan mangrove ini dibuat tidak hanya sebagai tempat wisata saja, namun fungsinya untuk menyeimbangkan alam juga cukup besar. Salah satu fungsi hutan bakau ini adalah mengurangi abrasi yang terjadi di wilayah pantai bagian timur Surabaya.

  • Deskripsi: fasilitas yang menawarkan wahana perahu melewati hutan mangrove, dengan masjid & pedagang batik.
  • Telepon: (031) 8796880
  • Alamat dan rute lokasi: Raya Wonorejo No. 1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur Pos: 60296
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 00

8. Hutan Bambu Keputih

Wisata Alam Surabaya Hutan Bambu Keputih Photo by icha209
Foto keren di Hutan Bambu Keputih, Photo by icha209

Jangan kira hutan bambu dengan pemandangan yang bagus cuma ada di Jepang, di daerah Keputih, Surabaya juga ada sebuah hutan bambu yang tak kalah kerennya. Orang biasa menyebut nama tempat ini dengan sebutan Hutan Bambu Keputih.

Hutan Bambu Keputih ini dulunya adalah sebuah tempat pembuangan akhir yang cukup besar, namun pemerintah setempat kemudian mengubahnya menjadi sebuah taman hutan bambu yang indah. Sekilas jika kamu lihat dari foto-foto yang banyak diunggah para pengunjung, hutan bambu ini mirip dengan Hutan Sagano yang ada di Jepang.

Di area hutan bambu ada sebuah jalan setapak yang bagian kiri dan kanannya diapit oleh hutan bambu yang lebat dan tinggi. Tempat inilah yang menjadi spot favorit yang paling instagramable. Para pengunjung banyak menghabiskan waktu mereka hunting foto di sini.

  • Alamat dan rute lokasi: Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur Pos: 60111
  • Harga tiket masuk: 0 alias (masih) gratis.
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 18.00

9. Pantai Papuma

Wisata Alam Surabaya Pantai Papuma Photo by robbys cool
Keindahan Pantai Papuma, Photo by robbys cool

Teruskan perjalanan kamu ke arah Jember maka kamu akan bertemu dengan wisata pantai yang tak kalah menarik yakni Pantai Papuma.

Pantai Papuma punya hamparan pasir putih dan batu-batu karang yang sangat cantik. Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin hunting foto untuk sekedar diupload ke instagram atau bahkan untuk foto prewedding.

Pantai Papuma berlokasi di Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur. Jika kamu berangkat dari Surabaya maka jaraknya kurang lebih sekitar 200 Km dari pusat kota.

Alamat dan rute lokasi: Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Tiimur.

Harga tiket masuk:

  • Hari biasa Rp. 15.000 per orang
  • Hari libur Rp. 17.500 per orang
  • Parkir motor Rp. 3.000
  • Parkir mobil Rp. 6.000

10. Pantai Plengkung

Wisata Alam Surabaya Pantai Plengkung Photo by khonggo
Surfing di Pantai Plengkung, Photo by khonggo

Wisata alam di Surabaya dan sekitarnya yang terakhir adalah Pantai Plengkung. Pantai yang juga dikenal dengan nama pantai G-Land ini merupakan salah satu spot favorit bagi para peselancar. Ombaknya terkenal ganas dan cukup menantang.

Pantai Plengkung berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini sebaiknya memulai perjalanan di pagi hari karena jarak tempuhnya yang cukup jauh dan lumayan berat.

  • Alamat dan rute lokasi: Taman Nasional Alas Purwo
  • Harga tiket masuk taman nasional: 5.000
  • Harga tiket menyeberang menuju hutan lindung serta tepi pantai laut selatan: 5.000

Nah itulah 10 tempat wisata alam di Surabaya dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi. Selamat liburan!

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*