5 Wisata Alam di Malang Yang Bagus Untuk Foto Selfie, Keren Abis!

Bila mendengar nama “Kota Malang” pastinya yang terbayang adalah sebuah kota yang sejuk dan wisata kuliner khas yang selalu membuat rindu.

Sebenarnya Kota Apel ini tidak hanya menyimpan wisata kuliner yang beraneka ragam namun juga potensi wisata alamnya yang indah untuk di jelajahi.

Berikut lima wisata alam terbaik di Malang yang keren untuk foto-foto:

1. Laguna Segara Anakan, Pulau Sempu

Laguna Segara Anakan Pulau Sempu Malang foto keren dari @whiempy
Laguna Segara Anakan Pulau Sempu Malang, foto keren dari @whiempy

Kita awali jelajah wisata Malang dari Pulau Sempu di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Di sebelah selatan Pulau Sempu terdapat secuil surga yang jarang terjamah yaitu Laguna Segara Anakan yang menjadi daya tarik utama wisata ini.

Laguna seluas -+ 4 hektare ini tersembunyi dibalik teduhnya hutan tropis. Kalau dilihat sekilas banyak yang mengatakan mirip dengan pantai Phuket, Thailand. Ada banyak spot untuk hunting foto yang super keren di sini, kamu bisa puas-puasin mengeksplornya.

Pantainya berpasir putih dan airnya sangat jernih juga tenang karena terpisah dari laut lepas menjadikannya relatif aman untuk berenang atau sekedar berendam. Biasanya wisatawan yang berkunjung akan menyempatkan camping di sana.

Untuk mencapai Laguna Segara Anakan butuh usaha ekstra, trekkingnya cukup melelahkan selain itu juga harus mengurus perijinan terlebih dahulu sebab Pulau Sempu adalah kawasan konservasi. Nah, karena itu kamu harus ingat menjaga kebersihan dan jangan sampai merusak alam.

Info lokasi dan rute menuju ke Segara Anakan Pulau Sempu

Segara Anakan berlokasi di Pulau Sempu yang secara administratif masih masuk dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Cara ke Pulau Sempu tidaklah sulit, pertama kamu harus meluncur dulu ke Pantai Sendang Biru. Di sana kamu harus minta izin dulu ke Kantor Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu agar bisa masuk ke pulau.

Setelah mendapat izin kamu bisa menyewa perahu untuk menyeberang. Biaya sewa perahu ke Pulau Sempu adalah Rp. 100.000 pp. Ini termasuk harga yang murah karena 1 perahu bisa memuat hingga 10 orang. Jadi kalau patungan hanya keluar ongkos Rp. 10.000 per orang.

Harga tiket masuk, fasilitas, dan penginapan

Harga tiket masuk ke Pulau Sempu adalah Rp. 38.000 per orang, harga ini sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Sendang Biru.

Di Pulau Sempu belum ada fasilitas umum yang dibangun mengingat pulau ini sebenarnya merupakan kawasan konservasi. Namun kamu bisa menemukan fasilitas seperti penginapan dan tempat makan di sekitar Pantai Sendang Biru.

2. Labirin Coban Rondo

Taman Labirin Coban Rondo Malang foto keren dari eka handaa
Taman Labirin Coban Rondo Malang, foto keren dari eka handaa

Air terjun Coban Rondo setinggi 84 meter yang berada di dataran tinggi 1.135 MDPL ini, terutama warga Malang pasti sudah sangat familiar. Yap, air terjun Coban Rondo merupakan salah satu wisata alam di Malang yang sudah terkenal sejak dulu. Namun saat ini, kepopulerannya kian melekat dengan adanya sebuah labirin.

Kamu akan menemukan wisata labirin ini dalam perjalanan menuju air terjun. Saat menjajalnya, kamu ditantang untuk mencari jalan keluar di antara banyaknya kelokan labirin. Jangan takut tersesat yah!

Labirin Coban Rondo menjadi salah satu spot foto favorite yang diincar pengunjung. Tepat di tengah labirin ada sebuah air mancur cantik yang bisa kamu ajak foto selfie.

Lokasi Labirin Coban Rondo dan jam buka

Lokasi Labirin Coban Rondo ada di Pandesari, Pujon, Pandesari, Malang, Jawa Timur. Tempat wisata di Malang ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 17.00.

Rute paling cepat menuju Labirin Coban Rondo

Untuk menuju ke lokasi wisata labirin Coban Rondo tidaklah sulit, jika kamu berangkat dari Kota Malang maka langsung saja meluncur ke arah kecamatan Dau. Dari sana teruskan perjalanan melewati Kota Batu terus ke arah Kediri.

Nanti setelah sampai di daerah Pujon kamu akan menemukan papan penunjuk jalan ke wisata Coban Rondo yang ada di sisi kiri jalan. Ikuti arah tersebut hingga sampai di lokasi. Perjalanan dari kota Malang ke Coban Rondo memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 30 Km.

Harga tiket masuk dan fasilitas

Harga tiket masuk Coban Rondo hari biasa Rp. 10.000 sedangkan akhir pekan Rp. 12.000.

Fasilitas dan wahana di Coban Rondo:

  • Flying fox Rp. 30.000
  • Kereta Kelinci Rp. 5.000
  • Sepeda gunung Rp. 5.000
  • Shooting target Rp. 15.000
  • Treewalk Rp. 40.000
  • Tiket taman labirin Rp. 7.500

3. Omah Kayu

Wisata Omah Malang foto keren dari @larvakuning
Wisata Omah Malang, foto keren dari @larvakuning

Omah Kayu adalah sebuah objek wisata sekaligus penginapan dengan konsep rumah pohon.

Dengar-dengar sih harga menginap per-malamnya kisaran Rp. 250.000 – Rp. 300.000, tapi bagi kamu yang hanya ingin merasakan sensasi duduk-duduk santai menikmati pemandangan alam di hadapan, menikmati semilir angin, tentunya juga berfoto ria, kamu cukup mengeluarkan Rp. 5.000 untuk tiket masuk.

Kalau diperhatikan sekilas mirip dengan wisata Kalibiru Jogja. Omah Kayu berlokasi di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Lokasi Omah Kayu Malang

Lokasi Omah Kayu Malang masih termasuk dalam kawasan Kota Batu, alamat tepatnya berada di Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur

Rute paling cepat menuju ke Omah Kayu Malang

Untuk menuju ke wisata Omah Kayu Malang tidaklah sulit, karena lokasinya yang mudah di akses. Jika berangkat dari Kota Malang kamu langsung saja meluncur ke arah Kota Batu – Songgoriti –  Omah Kayu. Agar tidak nyasar kamu bisa manfaatkan google maps ke Omah Kayu di gadget kamu.

Harga tiket masuk dan fasilitas

Harga tiket masuk ke wisata Omah Kayu Malang tidaklah mahal, kamu hanya perlu membayar retribusi Rp. 5.000 per orang.

Jika ingin menginap di Omah Kayu baiknya dibooking dulu dari jauh hari karena biasanya selalu ramai. Untuk menginap tarifnya Rp. 350.000 pada hari biasa dan Rp. 450.000 pada akhir pekan.

4. Gunung Panderman

Gunung Panderman Kota Batu Malang foto keren dari @soemitroo
Gunung Panderman Kota Batu Malang, foto keren dari @soemitroo

Guunung Panderman 2000 mdpl memiliki puncak bernama Basundara, untuk bisa menginjakkan kaki di puncak tertingginya tersebut tidak membutuhkan waktu lama cukup 2-3 jam saja. Cocok untuk one day hiking!

Biasanya mendaki gunung Panderman dijadikan sebagai ajang pemanasan sebelum mendaki gunung yang lebih terjal atau pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi puncak.

Pemandangan di puncaknya sangat eksotis, tubuh yang lelah sehabis mendaki akan tersapu oleh kesejukan udaranya. Pemandangan hamparan awan bak negeri di atas awan tidaklah sulit ditemukan di puncak Gunung Panderman.

Lokasi Gunung Panderman

Dusun Toyomerto, kelurahan Songgokerto, Desa Pesanggrahan, Batu Malang.

Rute paling cepat menuju lokasi Gunung Panderman

Untuk menuju ke Wisata Gunung Panderman kamu bisa mengikuti rute berikut. Dari Malang kamu langsung meluncur ke arah Kota Batu kemudian ke arah Dusun Toyomerto yang ada di Desa pesanggrahan. Teruskan perjalanan hingga bertemu gapura bertuliskan Wisata Panderman, masuk ke jalan gapura tersebut hingga bertemu pertigaan kemudian ambil jalan ke arah kanan.

Tidak jauh dari sana kamu akan bertemu dengan  check point Gunung Panderman. Jika ingin mendaki kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu baru bisa melanjutkan perjalanan lagi.

5. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna Malang foto keren dari @arizhou
Pantai Tiga Warna Malang, foto keren dari @arizhou

Dari namanya saja terdengar unik dan menarik ya. Dinamakan Pantai Tiga Warna karena memang pantainya memiliki tiga warna air yang berbeda yaitu merah muda, hijau dan biru.

Perbedaan warna airnya tersebut disebabkan kedalaman laut yang berbeda yang kemudian terbantu efek sinar matahari. Perpaduan 3 warna yang berbeda tersebut semakin indah dengan dilengkapi hijau dan rindangnya pepohonan sehingga terasa sangat sejuk. Ngadem-ngadem di sana jangan lupa juga untuk foto-foto sebagai bukti bahwa kamu pernah liburan di Pantai Tiga Warna.

Lokasi Pantai Tiga Warna Malang

Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 72 kilometer dari pusat Kota Malang.

Rute paling cepat menuju Pantai Tiga Warna

Untuk pergi ke Pantai Tiga Warna Malang kamu bisa berangkat dari Kota Malang menuju ke arah Gadang Turen. Ambil jalur menuju ke arah Pantai Sendang Biru. Nanti setelah perjalanan kurang lebih 2 jam kamu akan bertemu dengan persimpangan menuju ke Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru, ambil jalan yang mengarah ke Pantai Goa Cina.

Ikuti jalan tersebut hingga sekitar 2 Km nanti akan bertemu dengan persimpangan jalan lagi, ambil jalan arah kiri menuju ke TPI – Kampung Warna – Clungup Mangrove Conservation.

Dari gerbang Clungup Mangrove Conservation kamu akan melihat pintu masuk ke Pantai Tiga Warna, teruskan perjalanan hingga sampai di lokasi.

Harga tiket masuk dan fasilitas

Harga tiket masuk ke Pantai Tiga Warna Malang ini cukup murah, kamu hanya dikenakan tiket masuk Rp. 5.000 per orang.

Jika menyewa guide tarifnya Rp. 100.000 untuk 10 orang. Nah bagi kamu yang ingin menikmati keindahan bawah laut di perairan pantai ini bisa menyewa alat snorkeling dengan tarif Rp. 15.000 per orang.

Itulah 5 wisata alam di Malang untuk liburan spesial. Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata di Malang yang keren-keren untuk kamu kunjungi.

So! Tidak ada alasan lagi untuk tidak memasukkan Kota Malang sebagai kota tujuan liburan Anda dan keluarga.

5 Wisata Alam di Malang Yang Bagus Untuk Foto Selfie, Keren Abis!
3.8 (76%) 15 votes
About Sally 172 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*