Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang, Spot Instagramable di Malang

Coban Rondo adalah nama salah satu wisata air terjun yang ada di Malang. Tempat wisata alam di Malang satu ini sekarang sudah cukup terkenal dan ramai didatangi oleh para pengunjung, terutama dari kalangan anak muda yang ingin hunting foto. Yap betul sekali, air terjun Coban Rondo ini merupakan spot foto instagramable di Malang yang wajib kamu datangi.

Rute dan Lokasi air terjun Coban Rondo Malang

Air terjun Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kec. Pujon, Malang. Jaraknya sekitar 23 Km dari pusat kota Malang. Kalau kamu berkendara menggunakan kendaraan dari kota maka akan memakan waktu sekitar 40 menit untuk sampai di lokasi.

Rute menuju air terjun Coban Rondo dari kota Malang:

Kalau kamu berangkat dari Kota Malang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya ambil rute dari Jalan Raya Kota Batu menuju ke Pujon. Kamu tinggal ikuti saja jalan berkelok-kelok dan menanjak hingga ke daerah puncak perbukitan. Tidak jauh dari sana nanti akan terlihat papan petunjuk arah menuju ke lokasi Air Terjun Coban Rondo (sebelah kiri).

Kalau kamu berangkat menuju ke lokasi air terjun Coban Rondo dengan menggunakan bis maka bisa memilih bis dengan jurusan Malang kemudian nanti turun di Terminal Arjosari. Dari sana sambung lagi perjalanan dengan menaiki angkot menuju ke Landungsari.

Dari Landungsari sambung lagi perjalanan dengan naik bis menuju ke Kediri melewati Pujon, nanti turun di Patung Sapi, bilang saja sama kondektur bisnya kamu mau ke air terjun Coban Rondo dia akan mengerti.

Keindahan dan foto-foto air terjun Coban Rondo Malang

Coban Rondo foto dari @dswulandari
Coban Rondo foto dari @dswulandari

Air terjun Coban Rondo merupakan salah satu spot foto instagram yang bagus di Malang. Tempat ini sekarang selalu ramai dikunjungi terutama bagi mereka yang ingin hunting foto-foto keren. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter ini terlihat cukup indah dari kejauhan. Airnya yang jernih mengalir dari kaki Gunung Kawi dengan sangat deras, bahkan saat musim hujan aliran air mencapai 150 liter/detik.

Jika dilihat dari jauh air terjun yang jatuh ke bawah terlihat seperti tirai putih yang halus, jika cuaca sedang terik terkadang terlihat juga pelangi yang terbias dari cahaya matahari. Nah kalau kamu berkunjung ke air terjun Coban Rondo Malang ini sebaiknya jangan lupa bawa jaket karena udara di sini cukup dingin mengingat letaknya yang berada di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut.

Foto-foto air terjun Coban Rondo Malang

Berikut ini ada beberapa foto dari para pengunjung yang sudah mampir ke air terjun yang indah di Malang ini:

Air terjun Coban Rondo Malang foto dari @andrejs.
Air terjun Coban Rondo Malang foto dari @andrejs.
Foto foto di air terjun Coban Rondo foto dari @ratihhusnia
Foto foto di air terjun Coban Rondo foto dari @ratihhusnia
Foto foto di air terjun Coban Rondo foto dari @triwahyudi yudi
Foto foto di air terjun Coban Rondo foto dari @triwahyudi yudi
Keindahan aiir terjun Coban Rondo Malang foto dari @afrian.dito
Keindahan aiir terjun Coban Rondo Malang foto dari @afrian.dito

Jika kita menelusuri aliran airnya ke atas, masih terdapat lagi beberapa air terjun yang ada di tingkat atas. Jadi air terjun Coban Rondo ini merupakan air terjun di tingkat paling bawah. Di atasnya masih ada 2 air terjun lagi yakni Coban Manten dan Coban Dudo. Unik-unik ya namanya?

Harga tiket masuk dan tarif parkir di Coban Rondo terbaru

Berikut ini harga tiket masuk ke Coban Rondo terbaru beserta tarif parkirnya:

  • Tiket wisatawan domestik Rp8.000
  • Tiket Wisatawan asing Rp10.000
  • Kendaraan roda 2 Rp2.000
  • Kendaraan roda 4 Rp4.000
  • Kendaraan roda 6 Rp6.000
  • Parkir roda 2 Rp4.000
  • Parkir roda 4 Rp4.000
  • Parkir roda 6 Rp6.000

Sejarah menarik air terjun Coban Rondo berdasarkan cerita rakyat.

Setiap tempat wisata di Indonesia memang sering memiliki cerita yang menarik, tak terkecuali dengan air terjun Coban Rondo ini. Mungkin kamu pun akan bertanya mengapa namanya Coban Rondo, yang kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia jadinya air terjun janda.

Legenda Coban Rondo berawal dari cerita sepasang pengantin yang baru bernama Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Dewi Anjarwati adalah seorang perempuan yang amat cantik jelita, berasal dari Gunung Kawi. Sedangkan Raden Baron Kusumo adalah seorang pria gagah perkasa yang berasal dari Gunung Anjasmoro.

Singkat cerita, setelah mereka menikah 36 hari Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk pulang ke tempat asal suaminya di Gunung Anjasmoro. Ternyata usia 36 hari ini memiliki mitos tersendiri dalam budaya Jawa yang di sebut dengan selapan.

Saat itu orang tua Dewi Anjarwati mengetahui bahwa anaknya akan pergi ke Gunung Anjasmoro pada saat usia pernikahan mereka memasuki usia selapan, terang saja sang orang tua melarangnya. Karena takut akan terjadi hal-hal buruk.

Namun Dewi Anjarwati bersikeras untuk tetap pergi, ia mengabaikan larangan orang tuanya. Entah ada gerangan apa yang membuat Dewi Anjarwati sangat ingin pergi ke Gunung Anjasmoro hari itu juga.

Akhirnya karena keinginan Dewi Anjarwati tak dapat lagi di cegah, berangkatlah mereka ke Gunung Anjasmoro. Semua baik-baik saja hingga di tengah perjalanan tiba-tiba muncul seorang pria bernama Jolo Lelono yang tidak jelas asal-usulnya dari mana. Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo sangat terkejut dengan kemunculan pria ini.

Singkat cerita, Jolo Lelono ini terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati yang memicu perkelahian dengan Raden Baron Kusumo.  Demi menjaga keamanan istrinya, Raden Baron Kusumo memerintahkan kepada para pembantunya yang ikut menemani perjalanan mereka untuk membawa Dewi Anjarwati dan menyembunyikannya di sebuah coban (air terjun).

Perkelahian Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo berujung maut. Keduanya tewas. Dewi Anjarwati pun harus menerima nasib bahwa dirinya kini telah menjadi seorang janda. Begitu pula dengan air terjun tempat ia bersembunyi yang sejak hari itu ikut menanggung akibatnya karena ikut di beri nama menjadi air terjun janda atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Coban Rondo.

Aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun Coban Rondo Malang

Selain menikmati keindahan air terjun yang bagus dijadikan tempat foto-foto, di sini kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan menarik lainnya seperti bermain di wahana outdor, mencoba serunya flying fox, pacu adrenalin bermain fun tubing, memanjat treewalk, naik kereta kelinci, hingga bermain paint ball.

Bagaimana cukup seru bukan? Jadi selain menjadi tempat foto instagramable yang keren di Malang, air terjun cantik ini juga bisa dijadikan tempat rekreasi yang menyenangkan.

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang, Spot Instagramable di Malang
4 (80%) 6 vote[s]

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

1 Trackback / Pingback

  1. √ Objek Wisata Paling Hits Di Malang, Wajib Anda Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*