Tips & Waktu Yang Paling Tepat Mendaki Gunung Rinjani

Gunung Rinjani bertempat di Pulau Lombok bagian utara yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Gunung ini memiliki tinggi lebih dari 3.700 mdpl yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan menjadi primadona wisata di Pulau Lombok.

Gunung Rinjani memiliki pemandangan alam yang sangat indah jika dibandingkan dengan gunung lainnya yang masih ada di Indonesia, bahkan luar biasanya lagi, keindahan Gunung Rinjani tersebut disebut-sebut yang paling indah tak hanya di Indonesia, melainkan juga di Asia.

Panorama alamnya yang eksotis membuat Gunung Rinjani jadi gunung paling favorit bagi para pendaki yang biasanya adalah pecinta alam, mahasiswa, penduduk lokal, dan wisatawan asing.

gunung rinjani

Waktu yang paling baik untuk mendaki Gunung Rinjani

Bulan Juli dan Agustus adalah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke objek wisata Gunung Rinjani.

Para pendaki berjuang mencapai puncak Gunung Rinjani selain untuk menikmati panorama keindahannya, juga untuk mendapatkan kepuasan tersendiri sebab telat berhasil untuk menaklukkan gunung berapi tertinggi yang kedua di Indonesia.

Di setiap tahunnya, jumlah pendaki di objek wisata Gunung Rinjani ini semakin banyak, dan sebagian besar para pendaki ini adalah mahasiswa, dan para pecinta alam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal yang paling disukai mereka adalah merayakan hari kemerdekaan Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada saat bulan Agustus. Akan tetapi, harus Anda ingat, bahwasanya pada bulan tersebut sering kali banyak angin kencang di puncak gunung ini.

Foto-foto jalur pendakian Gunung Rinjani

Ada 3 jalur pendakian Gunung Rinjani bisa Anda tempuh yakni jalur Sembalun, Senaru, dan Torean.

Jalur pendakian yang paling ramai adalah jalur Senaru dan Sembalun, bagi Anda yang menyukai trekking maka jalur ini cocok dipilih.

Berikut ini adalah beberpa foto-foto di jalur pendakian Gunung Rinjani:

jalur pendakian gunung rinjani padang savana

jalur pendakian gunung rinjani yang terjal

 

jalur pendakian sembalun gunung rinjani

jalur turun gunung rinjani

 

Foto-foto di Puncak Gunung Rinjani

Puncak Rinjani berada pada ketinggian 3726 mdpl yang menjadikannya gunung tertinggi ketiga di Indonesia.

Ketika sampai di atas puncak Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Horizon membentang sepanjang mata memandang, lanskap gunung-gunung yang berdiri gagah seperti Gunung Agung, Gunung Tambora, dan Gunung Batur terlihat sangat megah dari puncak.

Berikut ini beberapa foto di puncak Gunung Rinjani:

puncak gunung rinjani

sunrise di puncak gunung rinjani

matahari terbit di gunung rinjani

puncak gunung rinjani lautan awan

keindahan puncak rinjani

keindahan danau di puncak gunung rinjani dan awan putih

danau segara anak di puncak gunung rinjani

Keunikan Gunung Rinjani

 

Selain dengan panorama alamnya yang sangat indah dan tiada duanya, Gunung Rinjani ini ternyata juga memiliki keunikan lainnya, yakni flora dan juga faunanya yang beraneka ragam.

Pada saat mendaki Gunung Rinjani, Anda nantinya akan melihat betapa kayanya gunung tersebut, sebab di setiap 1.000 meternya para pendaki akan melihat jenis flora yang berbeda.

Contohnya pada ketinggian 2.000 meter, Anda bisa menemukan banyak cemara gunung, dan di ketinggian 3.000 meter Anda akan dapat melihat banyak sekali bunga Edelweiss.

Sedangkan untuk faunanya sendiri Anda bisa temui di antaranya lebih dari 100 jenis burung yang berbeda-beda, seperti monyet perak, rusa, landak, monyet ekor panjang, dan lain sebagainya.

Demikian tadi sekilas informasi tentang objek wisata Gunung Rinjani di Pulau Lombok yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Tips mendaki Gunung Rinjani

  1. Siapkan fisik sebelum mendaki, pastikan Anda sudah latihan selama beberapa minggu sebelumnya seperti joging atau olahraga lain yang bisa menguatkan otot-otot kaki.
  2. Bawa bekal yang sudah diperhitungkan dengan matang. Sebisa mungkin bawa juga bekal makanan yang tinggi kalori seperti cokelat atau energy bar.
  3. Lebihkan membawa bekal makanan ekstra +1 hari.
  4. Persiapkan semua perlengkapan dengan baik, jangan ada yang ketinggalan.
  5. Belajar memasang tenda yang benar, karena angin di Rinjani sangat kencang sehingga bisa membuat tenda yang tidak terpasang dengan benar akan patah dan terbang.
  6. Packing barang-barang bawaan dengan rapi dan efisien.
  7. Pantau prakiraan cuaca, jangan sampai mendaki di musim penghujan.
  8. Jangan gaduh, hepi boleh tapi jangan bikin orang lain terganggu. Apalagi di malam hari saat jam istirahat.
  9. Jangan berkata kotor dan berbuat mesum, Allah SWT pasti menyaksikan.
  10. Jangan buang sampah sembarangan, jangan jadi pendaki alay yang merusak alam.
Tips & Waktu Yang Paling Tepat Mendaki Gunung Rinjani
4.5 (90%) 2 votes
About Sally 139 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*