10 Tempat Wisata Paling Unik di Bali yang Hits 2018

Pulau Dewata dengan pesona keindahannya sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Ada banyak spot menarik dan unik yang bisa kamu kunjungi jika ingin bertandang ke pulau seribu pura ini. So! Jika kamu hanya mengenal wisata Pantai Kuta, Nusa Dua, Tanah Lot,  Taman Garuda Wisnu Kencana berarti keliling kota Balimu kurang jauh.

Ingin liburan yang lebih menarik dan anti-mainstream di pulau dewata?

Berikut ini beberapa tempat wisata paling unik di Bali terbaru yang bisa kamu kunjungi:

1. Pantai Lovina

Pantai Lovina Bali foto dari @aogi sutarto
Pantai Lovina Bali foto dari @aogi sutarto

Tak hanya pantai Kuta dan Jimbaran saja yang dimiliki Bali, pulau dewata ini punya banyak pantai eksotis lainnya yang belum banyak terekspos. Salah satunya adalah pantai Lovina. Bukan hanya pantai dan pasirnya yang memikat, di pantai ini kamu bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba di habitat aslinya, unik sekali bukan?

Lumba-lumba di pantai ini dilindungi oleh peraturan daerah sehingga mereka bisa hidup dengan bebas tanpa diburu ataupun diganggu. Jika kamu ingin menyaksikan atraksi lumba-lumba ini, kamu bisa menyewa perahu nelayan setempat dengan tarif sekitar Rp 60.000 dengan kapasitas 4-5 penumpang.

Datanglah pagi-pagi sekitar pukul 06.00-09.00 agar kamu bisa mendapatkan kesempatan melihat lumba-lumba. Pantai Lovina juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Bali.

Lokasi dan rute: Pantai Lovina terletak di Desa Kalibukbuk, 10 kilometer dari kota Singaraja, Bali Utara.

2. Bukit Molenteng

Bukit Molenteng Bali foto dari @ajidarma2
Bukit Molenteng Bali foto dari @ajidarma2

Tak hanya menyajikan pemandangan pantai dan bawah laut yang memesona, Bali juga menyediakan pemandangan dari ketinggian yang tak kalah indahnya. Salah satu destinasi wisata paling unik di Bali ini adalah Bukit Molenteng. Bukit ini menyajikan pemandangan gugusan pulau yang memiliki karakteristik mirip dengan Raja Ampat.

Bagi kamu yang menyukai fotografi, tempat wisata ini wajib dikunjungi. Tak hanya menyajikan pemandangan gugusan pulau, Bukit Molenteng juga memiliki dua rumah pohon yang sangat cantik untuk diabadikan dalam lensa kamera.

Tak terlalu jauh dari bukit ini, kamu juga bisa menemukan objek wisata bali favorit lainnya yakni Pantai Atuh yang tenang dan tidak berombak besar. Pasir putih dan pemandangan gugusan pulau yang eksotis sangat menyenangkan untuk dijelajahi.

  • Lokasi: Bukit ini terletak di Banjar Pelilitan, Desa Pejukutan, Pulau Nusa Penida.
  • Rute: Kamu dapat menuju tempat ini dengan menyeberang dari pelabuhan Kusamba, Klungkung dengan menggunakan kapal selama kurang lebih satu jam perjalanan.

3. Bunut Bolong

Bunut Bolong foto dari @nowbalimag
Bunut Bolong foto dari @nowbalimag

Tempat wisata paling unik di Bali selanjutnya adalah Bunut Bolong. Sedikit berbeda dengan destinasi lain di Bali, Bunut Bolong merupakan sebuah pohon beringin besar dengan bentuk seperti terowongan pada bagian bawahnya. Uniknya lagi, pohon ini begitu dikeramatkan oleh penduduk sekitar sehingga aura magisnya begitu terasa.

Tak hanya menyediakan spot foto yang unik, wilayah sekitar Bunut Bolong juga tak kalah menarik. Hutan tropis yang membentang dari arah utara ke selatan serta kebun cengkeh di sebelah barat menambah keindahan sekitar Bunut Bolong. Ada juga sebuah pura kecil yang terletak di sebelah selatan dari Bunut Bolong.

  • Lokasi: Bunut Bolong terletak sekitar 11 kilometer dari pasar Desa Pekutatan di jalan raya Denpasar-Gilimanuk.
  • Rute: Menuju lokasi ini dari jalan raya kamu akan menemukan pemandangan hijau kawasan perbukitan dengan jalan menanjak.

4. Angel’s Billabong

Angels Billabong Bali foto dari @veroloirinha
Angels Billabong Bali foto dari @veroloirinha

Tak hanya pantai, Bali juga memiliki kolam alami yang memesona. Kolam alami itu bernama Angel’s Billabong. Destinasi wisata yang satu ini merupakan sebuah cerukan karang yang menjadi muara sungai buntu sebelum sampai ke laut.

Belum terlalu populer, kolam alami yang terletak di Nusa Penida ini menyimpan keindahan alam yang sangat memesona. Terbentuk dari cerukan karang dengan air sungai yang bercampur dengan air laut yang jernih serta karang-karang di dasarnya yang terlihat jelas akan segera menggoda kamu untuk berenang di dalamnya.

  • Lokasi: Angel’s Billabong terletak di dusun Sompang, desa Bunga Mekar, Nusa Penida.
  • Rute: Kamu bisa menyewa sepeda motor atau mobil dari dermaga Toya Pakeh Nusa Penida untuk menuju lokasi ini.

5. Marine Walk Sanur

Marine Walk foto dari @oscar mo
Marine Walk foto dari @oscar mo

Bali merupakan spot terbaik untuk snorkeling maupun diving. Keindahan bawah lautnya yang memesona sudah tidak lagi diragukan. Jangan khawatir, jika kamu tidak bisa berenang kamu tetap bisa menikmati keindahan bawah laut dengan mengikuti aktivitas seawalker atau marine walk.

Marine walk merupakan aktivitas wisata bahari yang unik di Bali. Kamu akan berjalan di bawah laut dengan menggunakan helm khusus yang tersambung pada tabung oksigen. Kamu akan merasakan sensasi berjalan di bawah laut dengan dikelilingi terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang cantik.

  • Lokasi: Spot objek wisata paling unik di Bali satu ini terletak di kawasan Sanur dan mudah dijangkau karena lumayan dekat dengan Bandara Ngurah Rai.
  • Rute: Kamu hanya perlu menggunakan speedboat untuk menuju Nusa Lembongan dan mencoba Marine Walk Sanur yang menyenangkan.

6. Pantai Balangan

Pantai Balangan Bali foto dari @yehmade
Pantai Balangan Bali foto dari @yehmade

Pantai ini merupakan pantai berpasir putih yang diapit oleh batu karang tinggi. Meski cukup populer, suasana di sekitar pantai ini cukup tenang dengan ombak yang besar. Pantai Balangan merupakan spot terbaik bagi kamu yang menyukai surfing. Para peselancar kelas dunia menjadikan pantai ini sebagai tempat favorit untuk berselancar.

Kamu bisa menyaksikan aktivitas pesawat terbang di bandara Ngurah Rai dari pinggir pantai Balangan. Pemandangan kesibukan nelayan saat bongkar muat di pagi hari juga bisa kamu lihat. Pantai ini juga menyediakan pemandangan matahari terbit yang memesona.

Pantai Balangan ini cukup unik karena memiliki dua sisi pemandangan yang berbeda. Kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang langsung menyatu dengan lepas pantai. Namun di sisi lain kamu bisa menemukan lempeng karang yang berbentuk lubang-lubang kecil menyerupai kolam. Kolam kecil tersebut berisi ikan dan kepiting kecil yang terjebak di sana.

  • Lokasi: Pantai ini terletak di desa Ungasan, kelurahan Jimbaran, kecamatan Kuta Selatan, Bali.
  • Rute: Kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil dari bandara Ngurah Rai untuk menuju pantai ini dengan waktu tempuh sekitar 55 menit.

7. Tukad Unda Dam Waterfall

Tukad Unda Klungkung foto dari @dewadarmawan art
Tukad Unda Klungkung foto dari @dewadarmawan art

Bali juga menyediakan wisata air selain pantai yang tak kalah eksotis. Salah satu tempat wisata paling unik di Bali adalah Tukad Unda. Tukad Unda diambil dari bahasa setempat, Tukad artinya sungai dan Unda berarti undakan atau bertingkat. Jadi destinasi wisata satu ini merupakan aliran sungai yang dibendung dengan undakan.

Ada tiga undakan yang menciptakan aliran air seperti air terjun. Dikarenakan bentuk undakan yang cukup lebar, aliran air di sini justru membentuk seperti tirai air yang memesona. Suasana sekitar juga cukup asri dengan pepohonan hijau yang rindang. Meski terletak di tengah kota, aliran sungai ini jernih dan cukup tenang.

Kamu tidak akan dikenai biaya masuk untuk berfoto-foto atau bermain air di Tukad Unda. Kamu juga bisa melakukan arung jeram jika arus volume air sedang tidak terlalu besar. Tukad Unda juga merupakan spot yang baik bagi kamu yang senang memancing.

  • Lokasi: Tukad Unda terletak di desa Banjar Lebah, Klungkung.
  • Rute: Kamu bisa mengendarai mobil dari bandara Ngurah Rai menuju Klungkung dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Tukad Unda terletak tidak jauh dari jalan utama Klungkung sehingga mudah dijangkau.

8. Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan foto dari @yoexplore
Air Terjun Peguyangan foto dari @yoexplore

Keunikannya adalah air terjun cantik satu ini bukannya mengalirkan air terjun dari ketinggian vertikal dan berada di kawasan pegunungan, melainkan justru mengaliri tebing lereng bertingkat sebelum akhirnya menuju laut.

Tak hanya itu, Air Terjun Peguyangan juga memiliki kolam alami yang berbatasan dengan ujung tebing. Berani berendam di sana? Airnya segar banget lho dengan pemandangannya keren laut lepas dengan sapuan ombak di hadapanmu. Pemandangan pura yang dianggap suci oleh masyarakat Bali juga bisa kamu lihat sembari berendam di kolam alami air terjun Peguyangan.

Untuk bisa menikmati spot wisata unik di Bali satu ini kamu harus melewati 500 lebih anak tangga curam.

  • Lokasi: Desa Batu Kandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.
  • Rute: kamu bisa start dari pantai Sanur atau bisa juga melalu pelabuhan Padang Bai, kamu harus menyeberang lautan menggunakan speedboad.
  • Tiket: Biaya sewa speedboat sekitar Rp 100.000,-

9. Air Terjun Pantai Melasti

Pantai Melasti foto dari @ aaaallll
Pantai Melasti foto dari @ aaaallll

Tempat wisata unik di Bali satu ini menawarkan pemandangan indah pantai dan air terjun di satu tempat sekaligus. Nama tempat wisatanya adalah air terjun Pantai Melasti (Lokasinya dekat Tanah Lot bukan di Ungasan ya). Di salah satu sisi pantainya, lukisan alam hamparan pasir dan batu-batu karang yang diguyur air terjun bisa kamu saksikan langsung sambil terkagum-kagum. Apalagi saat senja, pemandangannya kian eksotis.

Di sekitar air terjun kamu bisa bermain pasir sepuasnya, namun untuk mandi air terjunnya kayaknya kurang disaranin deh. Soalnya air terjun kurang bersih karena berasal dari pengairan sawah petani. Mandi di air laut pun tidak disarankan karena banyak batu-batu karang dan ombaknya kencang.

Kegiatan yang paling asyik di sana tentunya adalah foto-foto. Suasana pantai yang relatif sepi, membuat kegiatan fotografi kamu dan kawan-kawan tak akan terganggu pengunjung lain saat dapat spot dan momen keren.

Dari Tanah Lot, air terjun Pantai Melasti bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 20 menit lamanya.  Nah walau dekat Tanah Lot yang begitu tersohor di Bali, sayang sekali masih banyak wisatawan belum mengetahui keberadaannya.

Sekarang sudah tahu kan ada objek wisata ciamik dekat Tanah Lot? Jadi, saat ke Tanah Lot sekalian saja melipir ke air terjun pantai Melasti ini.

10. Rumah Pohon Temega Karangasem

Rumah Pohon Temega foto dari @p antonius
Rumah Pohon Temega foto dari @p antonius

Tempat wisata unik di Bali yang dibuka sekitar November 2016 ini, cukup hits di sosial media. Keunikannya adalah rumpah pohon yang dibangun bertingkat cukup tinggi dan saling terhubung. Untuk berpindah dari rumah pohon satu ke rumah pohon lainnya kamu harus menyeberangi jembatan kayu yang bergoyang jika dilewati. Merasa tertantang?

Objek wisata Rumah Pohon Karangasem ini ramai pengunjung saat hari libur, kebanyakan pengunjung adalah muda mudi yang hobi foto instagramable. Jika kamu ingin lebih menikmati berwisata di sini, sebaiknya berkunjung di hari biasa saja.

  • Lokasi: Raya Tirta Gangga, Temaga Padang Kerta, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia.
  • Jam buka: Buka setiap hari dari jam 07.00 – 19.00.

Tiket: Tiket masuk Rp 5.000,- untuk anak-anak, dan Rp 10.000,- dewasa. Parkir Rp 2.000,- motor, dan Rp 5.000,- mobil.

10 Tempat Wisata Paling Unik di Bali yang Hits 2018
4.3 (85%) 4 votes
About Sally 172 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*