17 Tempat Wisata di Bali Paling Favorit Untuk Liburan

Apa yang kamu favoritkan dari Kota Bali? Kesenian, kebudayaan dan tempat wisatanya yang banyak bulenya bukan? Yap! Pulau Seribu Pura ini memiliki beragam objek wisata yang sangat memukau, tidak hanya dinikmati oleh wisatawan lokal tetapi juga para wisatawan mancanegara.

Tempat wisata di Bali banyak menyuguhkan pemandangan eksotis dan romantis. So! Sebelum liburan keliling Indonesia hingga dunia, menyempatkan lebih dahulu berwisata ke Bali layak banget kamu coba.

Berikut ini adalah 17 tempat wisata di Bali paling favorit untuk liburan yang wajib kamu kunjungi:

1. Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta Bali foto dari @drosstine
Pantai Kuta Bali foto dari @drosstine

Ikon wisata Bali ini memiliki daya tarik pemandangan sunset memukau yang begitu melekat,  pasirnya yang putih serta ombak lautnya cukup besar membuat keindahan pantai Kuta menjadi semakin eksotis. Kamu bisa menikmati fasilitas wisata yang sangat lengkap di pantai ini. Bermacam wahana permainan air sudah tentu tersedia, ada juga restoran dan hotel dekat pantai.

Alasan lain kenapa Pantai Kuta menjadi destinasi favorit wisatawan di Bali adalah lokasinya yang tak jauh dari Bandara Ngurah Rai, apabila tidak macet waktu tempuhnya hanya menghabiskan sekitar 15 menit. Kamu dapat menuju Pantai Kuta ini menggunakan taksi dan lebih murah menggunakan sepeda motor.

Di pantai ini kamu tidak akan mengeluarkan uang untuk tiket karena biaya masuknya gratis. Kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan jika menggunakannya. Tidak adanya tiket masuk membuat kamu bisa bebas menikmati suasana pantai tanpa batas hanya cukup memilih penginapan yang tersedia. Hanya saja sistem penjagaan akan memantau sampai jam 19:00.

Lokasi: Kec. Kuta, Kab. Badung, Bali

Harga tiket masuk: Gratis

2. Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali foto dari @rudy.panggabean
Pantai Pandawa Bali foto dari @rudy.panggabean

Tempat wisata di Bali paling favorit untuk liburan yang kedua adalah Pantai Pandawa Bali.

Pantai ini berbeda dengan Kuta karena ciri khasnya adalah memiliki ombak yang sangat tenang. Pantai ini juga sangat bersih sehingga warna pasir putihnya semakin mencolok. Kamu tidak perlu khawatir di sekitar pantai terdapat toilet yang bisa digunakan untuk membersihkan badan setelah bermain.

Pantai yang sering disebut “Hidden Beach” karena letaknya tersembunyi dibalik tebing kapur yang menjulang tinggi ini merupakan tempat wisata di Bali yang memiliki wahana bermain permainan kano.

Sebuah permainan yang menggunakan kapal berbentuk perahu yang hanya memiliki sedikit cekungan di bagian atas untuk duduk. Kamu bisa naik kano ini berdua dengan pasangan untuk menikmati suasana pantai. Biaya sewa kano Rp 50.000 dengan waktu yang telah ditentukan.

Lokasi pantai ini terletak di desa Kutuh yang untuk sampai ke pantai kamu mesti melewati sebuah jalan yang diapit oleh tebing batu terjal. Di tebing ini kamu akan melihat patung dari Panca Pandawa yang menjadi nama pantai ini. Kamu dapat masuk ke pantai hanya dengan membeli tiket seharga Rp 8.000,00 per orang.

Lokasi: Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali.

Harga tiket: Rp. 8000 per orang.

3. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali foto dari @denpasar.viral
Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali foto dari @denpasar.viral

Taman budaya dengan luas 240 hektar ini terdapat patung Garuda Wisnu, amphittheater, lotus pond, dan Indraloka garden. Kamu dapat mengunjungi taman budaya mulai dari jam 08:00 – 22:00. Tempat pertama yang paling populer di taman ini adalah patung Garuda Wisnu yang memiliki tinggi 126 meter dengan lebar 60 meter. Waw!

Patung ini merupakan lokasi spot foto yang fenomenal sebagai tanda kamu sudah pernah ke Bali. Patung ini merupakan sebuah karya seni yang paling menakjubkan di Bali bahkan se-Indonesia.

Bagi kamu yang suka menonton pertunjukan seni bisa datang ke amphitheater. Kamu bisa menyesuaikan jadwal yang ada dengan jenis pertunjukkan yang ingin ditonton. Pokoknya menghabiskan waktu di tempat wisata favorit di Bali yang satu ini dijamin akan sangat menyenangkan.

Kamu bisa menikmati semua fasilitas yang ada di dalam dengan membeli tiket Rp 80.000 per orang dewasa. Tiket untuk anak-anak seharga Rp 70.000 per orang. Lokasi tempat wisata ini terletak di jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Lokasi: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Jam buka: 08.00-22.00

Harga tiket masuk: Dewasa Rp. 80.000 dan anak-anak Rp. 70.000

4. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot Bali foto dari @atip atp
Pura Tanah Lot Bali foto dari @atip atp

Salah satu destinasi Wisata unggulan di Bali ini memiliki daya tarik yang terletak pada pemandangan pura yang berada di tengah laut. Kedua pura terletak di tempat yang berbeda, satu terletak di atas bongkahan batu karang dan satunya terletak di atas tebing. Di sekitar tanah lot nantinya kamu bisa menginap di villa atau pun hotel.

Kamu bisa menikmati wisata ini dengan membayar tiket Rp 20.000 untuk orang dewasa. Kamu bisa datang mulai dari jam 07:00 sampai dengan jam 19:00. Di sini kamu akan menikmati keindahan sunset yang menawan. Menjelang sore kamu bisa terlebih dahulu jalan-jalan ke Pasar Seni Sukawati Bali yang tak jauh dari lokasi wisata.

Kamu bisa melihat-lihat berbagai macam kerajinan khas Bali seperti patung, kain pantai, pernak-pernik, lukisan, dan aksesoris. Harga yang ditawarkan juga sangat murah sehingga bisa terjangkau untuk dijadikan oleh-oleh. Lokasi wisata berada di desa Beraban, kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan.

Lokasi: Kabupaten Tabanan, Bali

Jamb buka: 07 – 19.00

Harga tiket masuk: Rp. 20.000

5. Pantai Jimbaran Bali

Pantai Jimbaran Bali foto dari @ci.chill
Pantai Jimbaran Bali foto dari @ci.chill

Tempat wisata favorit di Bali selanjutnya adalah Pantai Jimbaran Bali. Suasana romantis sambil menunggu sunset di pantai Jimbaran bisa kamu nikmati dengan menyantap kuliner pinggir pantainya. Kamu bisa menikmati hidangan seafood yang bahannya masih segar karena langsung didapatkan dari nelayan sekitar pantai, tak ketinggalan kuliner khas Bali lainnya.

Wisata kuliner unik ini buka mulai dari sore hingga malam hari. Saat malam hari, biasanya beberapa cefe & restoran tepi pantai Jimbaran juga menyuguhkan live music untuk melengkapi pengalaman makan malam kamu dan orang terkasih.

Lokasi: Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali.

Tiket masuk: Rp 0,- Alias GRATIS. Cukup membayar parkir kendaraan saja.

6. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu Bali foto dari @klysenko
Pura Luhur Uluwatu Bali foto dari @klysenko

Tempat wisata di Bali untuk bisa menikmati pemandangan laut Hindia Selatan dari atas tebing. Tempat ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk kamu dapat menikmati pesona dari sunset. Selain itu, kamu bisa menonton pementasan tarian kecak yang khas saat moment sunset berlangsung dengan harga tiket Rp 100.000 per orang.

Kamu bisa masuk ke tempat wisata dengan membeli tiket Rp 20.000 per orang dewasa, Rp 10.000 per orang untuk anak-anak. Selain tiket masuk kamu hanya perlu membayar parkir Rp 5.000 jika membawa mobil.

Lokasi: Wisata favorit di Bali ini terletak di Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung.

Harga tiket masuk: Anak-anak Rp. 10.000, orang dewasa Rp. 20.000

Tiket parkir: Rp. 5.000

7. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa Bali foto dari @yoexplore
Pantai Tanjung Benoa Bali foto dari @yoexplore

Pantai eksotis di Bali ini memiliki wahana wisata bahari terlengkap yang dapat kamu nikmati tanpa membeli tiket alias gratis. Kamu hanya mengeluarkan uang untuk tiket masuk seharga Rp 5.000 per mobil. Pantai ini merupakan surga olahraga air yang terdiri dari parasailing, snorkeling, seawalker Tanjung Benoa, dan banyak lagi.

Kamu bisa menikmati semua jenis olahraga ini mulai dari jam 09:00 – 15:00 karena setelah jam ini maka air laut akan surut. Semua fasilitas olahraga air ini dapat dipandu oleh instruktur yang terlatih.

Lokasi: Pantai Tanjung Benoa terletak di ujung tenggara Pulau Bali dekat dengan Nusa Dua.

Jam buka: 09.00 – 15.00

Harga tiket masuk: Rp. 5.000

8. Wisata Kintamani

Penelokan Kintamani Bali foto dari @d rest
Penelokan Kintamani Bali foto dari @d rest

Objek wisata yang menawarkan kamu Penelokan Kintamani untuk menikmati pemandangan yang memukau Gunung Batur dan danaunya. Setelah menikmati sejuknya penelokan kamu bisa menghangatkan badan dengan mandi air hangat di Toya Bungkah Kintamani.

Tempat pemandian ini terdiri dari 4 jenis kolam yaitu kolam panas untuk anak, Natural therapy hot spring water, floating sunburn, dan berenang. Harga tiket untuk wisatawan domestik Rp 15.000 per orang dan wisatawan asing Rp 30.000 per orang.

Lokasi: Batur Tengah, Kintamani, Kabupaten Bangli.

Harga tiket masuk: Wisatawan domestik Rp. 15.000, wisatawan asing Rp. 30.000

9. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul foto dari @madameparle
Pura Ulun Danu Beratan Bedugul foto dari @madameparle

Spot wisata Bali untuk kamu menikmati pemandangan di tengah danau dengan udara yang sejuk. Di tengah danau terdapat pura dan di sekitar danau terdapat warna-warni bunga, pohon cemara yang rindang, serta hijaunya rerumputan. Tempat ini wajib kamu kunjungi untuk bisa berfoto seperti gambar yang ada di uang 50 ribuan.

Kamu juga dapat berfoto di tengah danau dengan menggunakan perahu speed boat yang berlatar belakang pura di tengah danau. Kamu bisa datang ke objek wisata ini pada jam 08:00 sampai dengan 18:00. Harga tiket masuk Rp 8.000 sampai Rp 10.000 per orang.

Lokasi: Pura Ulun Danu Beratan Bedugul terletak di Jalan Raya Candi Kuning, Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti.

Jam buka: 08.00 – 18.00

Harga tiket masuk: Rp. 8.000 – 10.000 per orang

10. Bali Safari Marine Park

Bali Safari Marine Park foto dari @binaishadeshmukh
Bali Safari Marine Park foto dari @binaishadeshmukh

Tempat wisata favorit di Bali ini dapat kamu kunjungi mulai dari jam 09:00 sampai dengan 17:00.  Harga tiket untuk menghabiskan liburan di tempat ini sesuai dengan paket yang kamu ambil. Harga paket dimulai dari Rp 110.000 sampai dengan Rp 450.000.

Di Bali Safari kamu juga dapat menikmati fasilitas lainnya yaitu area rekreasi, fun zone, the amazing Bali theatre, dan juga waterpark.

Lokasi: Terletak di Kabupaten Gianyar sekitar 170 kilometer dari Kota Denpasar.

Jam buka: 09.00 – 17.00

Harga tiket masuk: mulai dari Rp. 110.000-an

11. Beachwalk

Beachwalk Bali foto dari @beachwalk bali
Beachwalk Bali foto dari @beachwalk bali

Kamu gemar belanja? Nah saat liburan di Bali, ada Beachwalk yang akan memanjakan dan memuaskan kesenangan mu tersebut. Mal dengan standar internasional ini buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WITA.

Barang-barang yang bermerek mahal bisa dengan mudah kamu temukan di Beachwalk. Kamu juga bisa menikmati suasana di kafe atau restoran yang menghadap langsung ke jalan dan pantai Kuta.

Sekalipun tidak berniat berbelanja, maka sekedar berjalan-jalan di Beachwalk ini pun sangat menyenangkan. Tak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk sekedar window shopping dan berfoto gaya-gayaan.

Lokasi: Jalan Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia.

Jam buka: Buka setiap hari pukul 10.30-22.30, kecuali Jumat dan Sabtu buka mulai dari pukul 10.00-00.00.

12. Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua Bali foto dari @devi yusiana
Pantai Nusa Dua Bali foto dari @devi yusiana

Pantai Nusa Dua recommended banget buat kamu yang ingin menikmati liburan berkelas dengan tenang di Bali. Pantai ini merupakan salah satu wisata pantai favorit di Bali Selatan. Kegiatan bersantai, berjemur dan berenang relatif aman karena ombak yang cenderung tenang.

Selain itu, tak ada pedagang atau tukang pijat yang berseliweran menjadikan suasananya benar-benar tenang. Pantai Nusa Dua yang terkenal sebagai kawasan elite ini memiliki akses yang mudah dituju.

Lokasi: Bali Selatan

Rute: Dari bandara menuju Pantai Nusa Dua, waktu tempuhnya -+ 20–30 menit. Dari Kuta juga -+ 20–30 menit, sedangkan dari Jimbaran hanya sekitar 15–20 menit.

13. Museum Pasifika

Museum Pasifika Bali foto dari @wisatasekolah
Museum Pasifika Bali foto dari @wisatasekolah

Tempat wisata di Bali satu ini dekat dengan kawasan elite Nusa Dua. Kamu yang menginap di penginapan dalam lingkup Nusa Dua, maka Museum Pasifika ini bisa kamu tuju dengan berjalan kaki selama 10 menit saja. Apabila dari bandara, ambil rute Bali Mandara – Keluar Tol Nusa Dua. Waktu tempuhnya -+ 15-20 menit.

Salah satu objek wisata edukasi di Bali ini awalnya bernama Asia Pacifik Centre, barulah pada tahun 2006 diresmikan termasuk dalam kategori museum dan berganti nama menjadi Museum Pasifika.

Sesuai namanya, museum yang cukup populer di Bali ini mengoleksi berbagai karya seni dari kawasan Asia Pasifik. Karya seni kelas dunia oleh seniman Affandi, Nyoman Gunarsa,  Antonio Blanco, Le Mayeur, Theo Meier, dan masih banyak lainnya bisa kamu lihat langsung dan ulik informasinya.

Lokasi: Complex Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Area Block P, Kuta Selatan, Benoa, Kabupaten Badung, Bali

Jam buka: Museum Pasifika buka mulai pukul 10.00-18.00 WITA (terbuka untuk umum).

Harga tiket masuk: Rp 50.000,- wisatawan lokal dan Rp 75.000,- wisatawan asing.

14. Gunung Agung

Gunung Agung foto dari @iwbpp
Gunung Agung foto dari @iwbpp

Gunung Agung adalah puncak tertinggi di Pulau Bali yang mana di lerengnya terdapat pura terbesar di Bali, yaitu Pura Besakih. Gunung setinggi 3.031 MDPL (meter di atas permukaan laut) ini sangat disucikan umat Hindu Bali, mereka meyakini gunung Agung merupakan tempat para dewa senantiasa mengawasi manusia.

Wisatawan yang hendak mendaki gunung Agung sangat disarankan menggunakan jasa pemandu (jasa untuk seorang pemandu sekitar Rp 300.000). Alasannya adalah untuk memandu jalan, menekan angka kecelakaan selama pendakian dan menjaga kesucian gunung Agung.

Ada tiga jalur pendakian yang bisa wisatawan pilih untuk bisa mencapai “atap” tertinggi di Bali ini. Pertama melalui kawasan tenggara, kecamatan Bebandem. Ke-dua melalui jalur selatan, melewati Pura Pasar Agung. Ke-tiga melalui Pura Besakih di wilayah barat daya. Ketiga jalur pendakian Gunung Agung tersebut menawarkan suasana dan pemandangan berbeda.

15. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit foto dari @michaelmatti
Air Terjun Gitgit foto dari @michaelmatti

Liburan di Bali mengunjungi Air Terjun Gitgit patut kamu coba. Trekking demi menjumpai Kesegaran air terjun yang memiliki tebing tertinggi di kawasan Bali utara ini tak akan mengecewakan. Kesejukan suasana alam yang hijau akan menyegarkan hati dan pikiranmu, di kawasan air terjunnya banyak spot menarik untuk berfoto ria.

Lokasi: Buleleng, Singaraja.

Rute: dari Denpasar, kammu dapat melalui jalan raya Bedugul, Singaraja untuk jalur tercepat.

Retribusi/tiket: Dewasa Rp 5.000 per orang, anak-anak Rp 3.000/orang.

16. Pura Lempuyang

Pura Lempuyang Bali foto dari @mawaortega
Pura Lempuyang Bali foto dari @mawaortega

Bisa dibilang, salah satu tempat wisata terbaik menyaksikan sunset terkeren di Bali adalah Pura Lempuyang. Panorama senja dengan semburat cahaya keemasan yang terbingkai oleh gapura candi sangat sayang jika tak kamu sempatkan nikmati.

Untuk menuju Pura lempuyang yang berdiri kokoh di titik tertinggi Gunung Lempuyang, dari pintu masuk kamu harus mendaki ratusan anak tangga yang kira-kira menghabiskan waktu sekitar 20 menit-an,

Nah, selain momen matahari tenggelam yang memukau, pemandangan hamparan awan bak negeri di atas awan tak kalah sulit ditemukan di sana.  Jika cuaca sedang cerah, view pantai dan pegunungan pun terlihat jelas.

Lokasi: Desa Tista, Kecamatan Bang, Karangasem, Bali, Indonesia.

Rute: Dari Denpasar menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan lamanya.

17. Ubud Bali

Ubud Bali foto dari @anandowondo
Ubud Bali foto dari @anandowondo

Ubud merupakan sebuah nama desa wisata di Bali yang telah lama populer dan hingga sekarang ini tetap menjadi favorit. Banyak hal menarik yang akan menjadi teman setia wisata kamu saat di sana.

Spot foto dengan view alam pedesaan yang sejuk, sawah yang bertingkat-tingkat, mengenal kesenian dan kebudayaan terutama seni lukis, ukir, kerajinan tangan, musik dan tari. Serta keramahan warganya yang menjadi nilai tambah. Fasilitas wisata di Ubud Bali tidaklah main-main, fasilitas international class seperti restaurant, hotel, galeri dan toko-toko suvenir.

So! Jika kamu ingin mengenal lebih jauh kebudayaan asli Bali, wisata Ubud Bali tak boleh kamu lewatkan.

Lokasi: Kabupaten Gianyar

Rute: Dari airport Denpasar jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer, dan memakan waktu -+ 90 menit perjalanan.

17 Tempat Wisata di Bali Paling Favorit Untuk Liburan
4.3 (85%) 4 vote[s]

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*