Taman Apsari, Tempat Wisata Malam di Surabaya Yang Terletak di Pusat Kota

Menghabiskan malam di Surabaya adalah sebuah rencana yang tepat. Mengapa? Tentu saja karena banyak tempat wisata malam di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Di samping itu, ada banyak tempat wisata kuliner Surabaya yang ajib hanya buka di malam hari.

Jadi saat kamu di Surabaya kamu tidak hanya menghabiskan waktu siangmu untuk menjelajah cantiknya kota Surabaya. Kamu juga bisa menikmati indahnya Surabaya pada malam harinya. Salah satu destinasi yang menggoda untuk dikunjungi adalah Taman Apsari.

 

Sejarah Taman Apsari

Taman Apsari adalah salah satu dari tiga taman peninggalan Belanda. Taman Apsari dibangun pada tahun 1795.

Awalnya, letak taman Apsari berada di belakang gedung Grahadi di mana gedung Grahadi yang saat itu menghadap ke arah sungai Kalimas.

Lalu pada 1802, Gedung Grahadi dirubah arahnya menghadap ke selatan seperti  hingga sekarang. Sehingga taman Apsari yang di belakang gedung Grahadi sudah berubah posisi menjadi di seberang gedung Grahadi.

Nama Lain dari Taman Apsari

Taman Apsari memiliki nama lain yaitu Taman Simpang atau Kroesen Park. Dinamakan Taman Simpang karena lokasi lahan taman tersebut berada di tempat yang bernama Simpang.

Sekarang lahan taman berubah nama menjadi Jalan Pemuda. Sedangkan nama Kroesen Park diambil dari nama Residen J.C. Th. Kroesen yang berkuasa di tahun 1888-1896.

Lokasi dan Jadwal Buka Taman Aspari

Tempat wisata malam di Surabaya ini bisa dibilang sebuah taman kecil yang berada di jalan Pemuda dan khususnya di seberang gedung Grahadi.

Taman Apsari Surabaya buka 24 jam.

Keunikan dari Taman Aspari Surabaya

taman apsari surabaya

Keunikan yang dimiliki taman Aspari sebagai  tempat wisata malam di Surabaya ini yang tidak dimiliki oleh taman di Surabaya lainnya adalah suasananya yang sejuk dan relatif tenang meski berada di tengah kota. Di dalam taman ini, terdapat patung Suryo dan Joko Dolog.

Menikmati  Malam di Taman Apsari Surabaya

Taman Apsari ketika malamnya banyak dihiasi oleh cahaya lampu. Banyak anak-anak muda yang berkunjung ke sini, terutama hari Sabtu dan Malam Minggu.

Selain anak muda, komunitas sepeda motor juga sering berkumpul di taman Ini. Di sekitar taman ada cafe, minimarket, pedagang kaki lima yang menjajakan makanan. Sehingga, memang sebuah pilihan yang tepat untuk menghabiskan malam di taman Apsari.

Taman Apsari terletak di tengah keramaian kota sehingga mampu menawarkan keteduhan yang membawa kita sejenak beristirahat dari kelelahan dan kesibukan yang melanda.

Fasilitas yang ada di Taman Apsari Surabaya

Taman Apsari memberi fasilitas free wifi, jogging track. Satu lagi hal yang menarik dari taman Apsari adalah situs cagar budaya Joko Dolog.

Itulah sekilas tentang taman Apasri, selamat menjelajah Surabaya ya!

Taman Apsari, Tempat Wisata Malam di Surabaya Yang Terletak di Pusat Kota
3.5 (70%) 2 vote[s]

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*