Menikmati Sunset di Tanah Lot, Surga yang Ada di Bali

Sunset di Tanah Lot harus dimasukkan ke dalam daftar wajib kamu ketika berkunjung ke Bali. Hal tersebut bukannya tanpa alasan soalnya tempat ini memang sudah melekat dengan pulau Bali. Jadi bisa dibilang, kamu belum ke Bali apabila belum menyempatkan datang ke ini.

Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa melihat sunset di tempat ini tak ubahnya melihat surga di Bali. So! Spot melihat sunset terbaik di Bali juga ada pada “diri” Tanah Lot yang sangat lengkap akan pesonanya.

Sunset di Tanah Lot foto dari @darrenlin8
Sunset di Tanah Lot foto dari @darrenlin8

Mengenal sejarah Tanah Lot

Sebelum melangkah lebih jauh maka ada baiknya bagi kamu untuk mengenal Tanah Lot terlebih dulu. Tanah Lot sendiri artinya adalah tanah laut yang sesuai dengan lokasinya. Bagi yang belum tahu, tempat wisata di Bali ini sangat dikenal dengan sebuah batu karang besar yang terpisah dari pantai tapi tetap terlihat menyatu dengan laut.

Sederhananya saat air laut sedang surut hamparan batu karang menuju Tanah Lot akan terlihat jelas dan cantiknya, warna hijau rerumputan laut dengan kubangan-kubangan kecil terisi air laut jernih menambah keindahannya. Namun kala air laut sedang naik pemandangan ini tak lagi terlihat, karena tergenang air laut.

Selain itu, di atas batu karang besar tersebut terdapat bangunan suci para umat Hindu yaitu Pura Luhur Tanah Lot. Berdirinya pura tersebut tentunya semakin menambah eksotis dari tempat ini dan membuat semakin banyak wisatawan yang ingin berkunjung. Nyatanya berdirinya Pura Luhur Tanah Lot di tempat tersebut memiliki sejarah panjangnya tersendiri.

Semua diawali pada abad ke 16 Masehi, ketika ada seorang pendeta Hindu yang ingin menyebarkan agama Hindu di Bali. Pendeta Hindu tersebut bernama Dang Hyang Nirartha yang merupakan pendeta asli dari Blambangan (Pulau Jawa). Hal tersebutlah yang kemudian membuat Pura Tanah Lot berdiri untuk menghormati jasa-jasanya.

Pura Tanah Lot ini merupakan tempat wisata unik di Bali karena selain digunakan sebagai objek wisata juga masih digunakan umat Hindu sekitar sebagai tempat beribadat. Keunikan lain dari  Tanah Lot ini yaitu ular suci Tanah Lot dan mitosnya. Ular suci yang mendiami goa-goa kecil di sudut bawah bongkahan karang Tanah Lot ini konon dipercaya sebagai jelmaan selendang bekas peninggalan Dang Hyang Nirartha, ia ditugaskan menjaga kesucian Tanah Lot dari tangan-tangan jahil.

Ular suci Tanah lot ini mempunyai warna hitam dan putih melingkar. Nama latinnya Bangurus Candidus, termasuk jenis ular laut yang sangat berbisa dan berbahaya. Meskipun begitu ular ini tetap tenang dan diam dalam sudut goa bawah karang Tanah Lot

Menikmati sunset di Tanah Lot Bali

Menikmati sunset di Tanah Lot adalah sajian favorit paling utama ketika kamu mendatangi tempat ini. Momen sunset adalah waktu terbaik untuk hunting foto-foto keren, jadi jangan lupa untuk membawa kamera. Banyak yang bilang kalau sunset di Tanah Lot ini merupakan spot terbaik untuk hunting foto di Bali loh!

Sangat disarankan untuk datang di musim kemarau agar pengalaman dan aktivitasmu lebih banyak dan seru. Jangan sampai kamu datang ke tempat ini ternyata pada musim hujan karena itu akan menyusahkan untuk melihat sunset Tanah Lot yang terkenal akan keindahannya ini. Tak lucu kan saat di Tanah Lot ternyata sedang hujan, atau awan hitam menggelantung menutupi langit?

Selain itu, usahakan untuk datang pada masa low season ketika ingin mengunjungi tempat ini. Soalnya apabila datang ketika banyak pengunjung biasanya liburan akan terasa lebih menyulitkan. Mulai dari sulit mendapatkan tempat menginap hingga sulit untuk datang ke tempat tujuan.

Untuk bisa menikmati sunset di Tanah Lot maka sangat disarankan untuk datang minimal 30 menit sebelum matahari terbenam. Hal itu dilakukan demi mendapatkan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam Tanah Lot. Soalnya kamu pasti bakal berebutan dengan banyak orang di tempat tersebut. Apalagi kamu juga bisa menikmati senja sambil memesan kopi khas Bali di tempat tersebut.

Foto-foto sunset di Tanah Lot

Berikut ini adalah beberapa foto-foto keren yang berhasil ditangkap kamera para pengunjung:

Sunset di Tanah Lot foto dari @snake.snake
Sunset di Tanah Lot foto dari @snake.snake
Sunset di Tanah Lot foto dari @kittiekat121
Sunset di Tanah Lot foto dari @kittiekat121
Sunset di Tanah Lot foto dari @inivikita
Sunset di Tanah Lot foto dari @inivikita

Tips untuk mengunjungi tanah lot

Tentunya untuk bisa menikmati salah satu sunset terindah di Bali ini maka kamu harus mengetahui cara mengunjunginya. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reservasi ke hotel dan berbagai tempat yang diinginkan. Untuk melakukan hal ini maka kamu bisa menggunakan teknologi dan juga internet untuk bisa melakukan pemesanan.

Untuk perjalanannya sendiri, kamu bisa memulainya dari jalur Bedugul yang merupakan jalur paling populer. Soalnya Tanah Lot berada di Jalan Tanah-Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Apabila dari Bandara Ngurah Rai maka waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 jam 30 menit saja.

Apabila sudah sampai, kamu akan segera bisa menikmati sunset di Tanah Lot dengan cara yang sempurna. Matahari terbenam ini akan terjadi dalam waktu yang singkat, jadi pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan diri. Tenang saja, setelah matahari terbenam maka masih ada pertunjukan tari kecak dengan harga tiket Rp60.000 per orangnya. Seru kan?

Menikmati Sunset di Tanah Lot, Surga yang Ada di Bali
4.1 (82.86%) 7 votes
About Sally 172 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*