5 Tempat Snorkeling Keren di Bali Yang Bawah Lautnya Paling Indah!

Wisata Bali memang selalu asyik, apalagi yang masih alami tentunya berkali lipat asyik dan segarnya. Pulau Bali tak hanya terkenal dengan pantai-pantainya yang indah dan mendunia, tapi juga alam bawah laut yang memukau.

Ternyata, ada lima tempat snorkeling paling keren di Pulau Dewata. Di mana saja ya? Ini dia!

1. Tanjung Benoa

Siapa yang tak kenal Tanjung Benoa? Pecinta snorkeling pasti tak ingin melewatkan untuk menyelami bawah laut Tanjung Benoa. Lokasinya cocok untuk penyelam pemula.

Menyelam di perairan Tanjung Benoa ada aktivitas yang sangat seru dicoba yaitu “Sea Walker” kamu tidak perlu repot membawa tabung oksigen untuk bernapas. tinggal kenakan “helm kaca” dan kamu dapat bernapas layaknya di darat.

Lalu turun pada kedalaman 7 meter untuk mengeksplore keindahan taman laut Tanjung Benoa. Saat menyelam kamu akan didampingi dan dipandu oleh penyelam profesional.

Keindahan bawah laut di Tanjung Benoa
Keindahan bawah laut di Tanjung Benoa

Alasan lain kenapa Tanjung Benoa recommended sebagai lokasi snorkeling di antaranya:

  1. Dekat dengan wisata terkenal di Bali Selatan, seperti Pantai Pandawa, Pura Luhur Uluwatu dan garuda Wisnu Kencana.
  2. Berdekatan pula dengan penginapan favorit wisatawan, seperti Seminyak, Kuta, Legian, Jimbaran dan Canggu
  3. Banyak jasa penyedia aktivitas snorkeling dan harganya murah.

Lokasi Tanjung Benoa

Tanjung Benoa berada di Pulau Bali, jika dilihat di peta Tanjung Benoa berada di ujung tenggara kaki Pulau Bali.

Tanjung Benoa secara administratifnya merupakan sebuah kelurahan yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Rute menuju Tanjung Benoa

Untuk ke Tanjung Benoa tidaklah sulit, jaraknya dari Bandara Ngurah Rai hanya sekitar 20 Km. Kamu bisa naik taksi atau menyewa mobil untuk bisa ke sini. Dari Bandara Ngurah Rai ke Tanjung Benoa memakan waktu perjalanan sekitar setengah jam.

Harga tiket dan penginapan di Tanjung Benoa

Saat masuk ke Tanjung Benoa kamu akan dikenakan tiket retribusi:

  • Mobil Rp. 5.000 per mobil
  • Bus Plat Bali Rp. 10.000 per bus
  • Bus Plat Luar Rp. 15.000 per bus

Untuk aktivitas seru seperti scuba diving dan sea walker kamu juga akan dikenakan biaya sewa:

  • Scuba diving Rp. 300.000
  • Seawalker Rp. 350.000
  • Snorkeling Rp. 150.000
  • Sewa kamera air Rp. 450.000/unit

2. Pulau Menjangan

Menikmati ikan ikan eksotis di Pulau Menjangan
Menikmati ikan ikan eksotis di Pulau Menjangan

Jika kamu bertanya di mana tempat snorkeling paling indah di Pulau Bali pada masyarakat Bali, bisa dipastikan Pulau Menjangan termasuk salah satu yang suaranya tertinggi.

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang indah di Bali. Menyelami bawah laut Pulau Menjangan akan membuat kamu bisa menjumpai taman laut yang ciamik. Ikan-ikan kecil, terumbu karang hingga tumbuhan laut yang hidup di dalam perairan Menjangan ini wajib kamu ajak foto underwater.

Kamu yang ingin snorkeling bisa membawa alat snorkel pribadi. Jika belum punya, kamu bisa menyewanya di sana. Selain bawah laut, pesisir Pulau Menjangan juga sangat asyik untuk dinikmati. Sudah tersedia resort super nyaman bagi para wisatawan yang ingin menginap.

Lokasi Pulau Menjangan

Pulau Menjangan lokasinya berada di sebelah barat laut Pulau Bali, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Kalampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng.

Dari Kota Singaraja jaraknya sekitar 90 Km, dan dari Pantai Lovina jaraknya sekitar 60 Km.

Pulau ini juga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) yang berada di Kabupaten Buleleng.

Lihat lokasi Pulau Menjangan di peta berikut ini:

peta pulau menjangan
Peta Pulau Menjangan

Cara ke Pulau Menjangan

Cara paling mudah ke Pulau Menjangan adalah berangkat dari Surabaya. Kamu bisa naik Bus Damri ke Terminal Bungurasih, kemudian naik travel atau bus dengan tujuan Denpasar. Nanti berhenti di Pelabuhan Gilimanuk.

Dari Pelabuhan Gilimanuk sambung lagi perjalanan naik angkutan umum ke Pelabuhan Lalang Menjangan, perjalanan memakan waktu sekitar 20 menitan. Dari sana kamu bisa langsung menyeberang ke Pulau Menjangan dengan naik

Jika kamu dari Bali maka bisa langsung meluncur ke Pelabuhan Gilimanuk lalu diteruskan ke Pelabuhan Lalang. Dari sana kamu tinggal menyewa kapal untuk menyeberang ke Pulau Menjangan.

Harga tiket dan penginapan di Pulau Menjangan

Harga sewa kapal biasanya berkisar antara Rp. 300.000 – Rp. 500.000, dan biasanya sudah termasuk biaya tiket masuk ke Pulau Menjangan. Harga ini masih bisa ditawar tergantung kesepakatan penumpang dengan sopirnya.

Beberapa harga sewa dan tiket di Pulau Menjangan lainnya:

  • Scuba diving Rp. 50.000 per orang.
  • Sewa boat Rp. 600.000 per hari.

Harga penginapan di Pulau Menjangan: Sewa penginapan di pulau ini cukup bervariatif. Ada banyak pilihan penginapan mulai dari yang biasa hingga yang mewah.

Namun bila kamu ingin lebih hemat maka bisa memilih penginapan tipe guest house atau homestay yang kisaran harganya mulai dari Rp. 240.000 per malam.

3. Amed

Keindahan bawah laut di Amed Karangasem Bali
Keindahan bawah laut di Amed Karangasem Bali

Amed merupakan nama sebuah kampung nelayan yang berada di kawasan Bali Timur. Nah, karena keindahan bawah lautnya untuk snorkeling dan diving maka berkembanglah menjadi kawasan pariwisata.

Amed memiliki banyak spot snorkeling keren yang mirip dengan Labuhan Amuk, beberapa di antaranya tak jauh dari garis pantai.

Salah satu spot terkeren yang difavoritkan banyak wisatawan di Amed adalah “Japanes Shipwerkc Point” dimana kamu dapat melihat bangkai kapal Jepang yang karam saat perang dunia II, kini sisa sejarah tersebut menjadi pemandangan eksotis bawah laut Amed yang dihuni ikan-ikan warna-warni dan biota laut cantik lainnya.

Lokasi Kampung Amed

Amed terletak di bagian timur Pulau Bali, merupakan sebuah desa pesisir yang mayoritas dihuni oleh para nelayan dan mereka yang bekerja di sektor pariwisata. Jaraknya sekitar 85 Km dari Kota Denpasar atau 20 Km dari Amlapura.

Cara ke Kampung Amed Karangasem

Dari Bandara Ngurah Rai kamu harus menempuh perjalanan selama 3,5 jam.

Bisa juga memulai perjalanan dari terminal Batubulan, ambil angkutan dengan tujuan ke Amlapura. Dari sana kamu bisa menyambung perjalanan naik angkot ke Amed, perjalanan dari Amlapura kurang lebih memakan waktu sekitar setengah jam.

Harga tiket, fasilitas, dan penginapan di Amed Bali

Harga tiket masuk ke Amed adalah Rp. 5.000 per orang.

Bagi Kamu yang ingin menikmati keindahan bawah lautnya bisa menyewa perlengkapan snorkeling dengan harga Rp. 30.000 – 50.000.

Untuk urusan penginapan di Amed ini sudah tersedia beragam tipe penginapan yang bisa Kamu pakai mulai dari hotel murah, homestay, hingga villa.

4. Nusa Penida

Taman bawah laut Nusa Penida yang masih terjaga
Taman bawah laut Nusa Penida yang masih terjaga

Spot snorkeling satu ini berada di tenggara Pulau Bali. Air laut yang sangat jernih menjadikannya sangat nyaman untuk diselami, taman lautnya sangat indah.

Tempat snorkeling andalan di Nusa Penida ini adalah adanya patung budha yang berada di bawah laut.

Pantai di pulau ini juga tak kalah keren, bisa dibilang masuk dalam jajaran Pantai Eksotis yang ada di Bali.

Lokasi Nusa Penida

Nusa Penida terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Ada 2 pulau kecil lainnya yang letaknya berdekatan yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Lihat peta lokasi Nusa Penida berikut:

Rute menuju ke Nusa Penida

Cara paling cepat ke Nusa Penida adalah dengan naik fastboat dari Sanur. Untuk sekali menyeberang (one way) biasanya kamu harus mengeluarkan biaya harga tiket sebesar Rp. 75.000 per orang.

Harga tiket dan penginapan di Nusa Penida

Harga tiket masuk ke Nusa Penida bali adalah Rp. 0 alias gratis, jadi kamu tidak dikenakan biaya tiket masuk. Hanya saja jika membawa kendaraan maka akan dikenakan biaya parkir Rp. 10.000.

Untuk urusan penginapan juga tidak perlu khawatir, di Nusa Penida ada banyak pilihan penginapan yang bisa kamu sewa mulai dari hotel murah hingga villa. Untuk lebih hemat bisa memilih hotel murah dengan tarif mulai dari Rp. 200.000 per malam.

5. Tulamben

Ikan tropis di Tulamben yang bikin kamu betah menyelam
Ikan tropis di Tulamben yang bikin kamu betah menyelam

Kegiatan snorkeling kamu di Bali akan sangat mengasyikan di alam bawah laut Tulamben. Terumbu karang dan biota laut beraneka ragam warna akan menjadi teman setiamu menyelam.

Tak hanya itu, di bawah laut Tulamben ini kamu juga dapat melihat bangkai kapal USAT Liberty Glo yang telah karam. Sayangnya kamu harus diving jika ingin menjumpainya.

Lokasi Tulamben

Tulamben merupakan sebuah desa yang ada di bagian timur Pulau Bali. Secara administratifnya lokasi Tulamben termasuk dalam wilayah Kecamatan kubu, Kabupaten Karangasem, Bali.

Cara ke Tulamben

Jika berangkat dari Bali, Anda bisa langsung meluncur ke arah Karangasem kemudian ke Tulamben. Jaraknya dari Kuta Bali sekitar 100 Km, jadi perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam.

Harga tiket dan penginapan di Tulamben

Untuk masuk ke kawasan wisata Tulamben ini tidak dikenakan biaya tiket. Namun kamu akan dikenakan biaya parkir Rp. 5.000 apabila membawa kendaraan.

Bagi yang ingin menikmati keindahan bawah lautnya bisa menyewa perlengkapan snorkeling dengan membayar Rp. 150.000 sudah termasuk guide.

Untuk penginapan sudah ada banyak pilihan yang bisa Anda ambil mulai dari hotel, villa, guest house, bungalow, hingga cottage dengan harga mulai dari Rp. 200.000-an.

Itulah spot snorkeling terkeren di Pulau Bali. Tak ada salahnya mumpung lagi di Bali untuk mencoba salah satu spot snorkeling di atas. Yuk ke Bali!

5 Tempat Snorkeling Keren di Bali Yang Bawah Lautnya Paling Indah!
3.8 (75%) 4 votes
About Sally 139 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*