Hutan Mangrove Wonorejo, Wisata Alam Surabaya Yang Jauh dari Polusi

Jalan-jalan ke Wisata Hutan Mangrove Wonorejo yang ada di Surabaya bisa menyegarkan mata dan menyehatkan paru-paru. Kamu yang tinggal di pusat kota pasti tahu rasanya setiap hari harus berhadapan dengan polusi kendaraan yang bikin sesak napas! Karena itu jalan-jalan ke alam liar yang udaranya masih bersih adalah hal yang sangat menyenangkan.

Surabaya memang hampir bisa dikatakan sebagai kota yang sempurna. Memiliki banyak wisata kuliner, dijadikan sebagai tempat bisnis, memiliki banyak spot foto instagram yang keren, dan punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sebagai kota tersibuk, tentu polutan yang ditimbulkan juga banyak disebabkan banyaknya kendaraan yang berlalu lalang. Karena itulah kali ini kita akan ulas salah satu destinasi wisata alam yang cukup layak untuk didatangi yaitu Hutan Mangrove Wonorejo.

Lokasi dan rute menuju ke Hutan Mangrove Wonorejo

Lokasi Hutan Mangrove Wonorejo ada di Jl. Bozem Wonorejo, Desa Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Akses ke taman ini dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi yang memiliki jarak tempuh sekitar 15 km dari bandar Udara Juanda Surabaya.

Pesona Hutan Mangrove Wonorejo

dermaga hutan mangrove wonorejo_1

Semua orang tahu kalau hutan biasanya hanya akan ditemukan jika sudah berada jauh masuk ke pedalaman. Tapi berbeda dengan Surabaya. Hutan dapat kita temukan dengan mudah di tengah hiruk pikuk perkotaan.

Hutan Mangrove Wonorejo memang terletak di kota Surabaya. Namun objek wisata di Surabaya ini jauh dari polusi, lingkungannya pun asri dan terawat.

jalan setapak hutan mangrove wonorejo surabaya_4

Pintu masuk Hutan Mangrove di Surabaya ini didesain apik dengan frame bambu yang ditata beraturan dan jembatan kayu yang lumayan panjang. Tempat ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk berfoto. Penduduk di desa Wonorejo juga terkenal ramah dengan para pengunjung yang datang.

Hutan Mangrove Wonorejo sebagai penahan erosi pantai

Hutan Mangrove Wonorejo dibuat sebagai bukti bahwa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan masih ada di Surabaya.

Pohon-pohon bakau yang ada di hutan Mangrove ini ditanami bukan hanya untuk dinikmati keindahannya saja, tetapi juga bertujuan untuk mengendalikan abrasi yang terjadi di Pantai Timur Surabaya.

Tanaman-tanaman bakau yang ada di hutan ini mampu menahan erosi dan gelombang air yang kuat menghempas daratan.

Hutan Mangrove Wonorejo sebagai sarana edukasi dan rumah bagi beberapa spesies

Penanaman dan pembudidayaan pohon bakau di daerah ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat sekitar juga para wisatawan yang datang.

Untuk merawat hutan mangrove ini harus ada kepedulian bersama dari semua pihak, karena banyak spesies hewan yang hidup di tempat ini. Objek wisata di Surabaya ini sudah menjadi rumah bagi 30 spesies yang dilindungi, seperti kera ekor panjang yang cukup sering ditemui ketika berjalan menelusuri hutan.

Harga tiket masuk, biaya parkir, dan jadwal buka Hutan Mangrove Surabaya

foto jalan jembatan kayu hutan mangrove wonorejo_2

Objek wisata di Surabaya ini tidak free. Setiap pengunjung yang masuk harus membeli tiket terlebih dahulu.

Untuk pengunjung umum, harga tiket masuk ke Hutan Mangrove Wonorejo adalah:

  • Dewasa Rp. 25.000
  • Anak-anak Rp. 15.000

Harga tiket tersebut sudah termasuk sewa kapal. Sedangkan biaya parkir untuk kendaraan roda dua Rp. 3000 dan kendaraan roda 4 Rp. 5000. Waktu operasional hutan Mangrove ini mulai jam 08.00 hingga jam 4 sore.

Hutan Mangrove Wonorejo, Wisata Alam Surabaya Yang Jauh dari Polusi
4.2 (83.33%) 6 vote[s]

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*