Daftar Lengkap Tempat Wisata Di Demak

Tempat wisata di Demak lekat dengan wisata alam, wisata religi, dan wisata budayanya. Kesemuanya tersebar dari ujung Barat sampai ke ujung Timur wilayah Demak. Demak juga dikenal sebagai Kota Wali karena dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Wali Songo.

Wilayah Demak berdekatan dengan wilayah Kabupaten Kudus juga Kabupaten dan Kota Pati. Maka dari itu tidak ada salahnya jika saat anda berkunjung ke Demak, anda mampir ke wisata Kudus maupun wisata Pati yang letaknya cukup berdekatan dan bisa dijangkau menggunakan transportasi darat.

Untuk melengkapi daftar wisata Indonesia, maka pada artikel ini pikniktrus.com akan memberikan daftar lengkap wisata di Demak yang harus anda kunjungi selama berlibur di Kota Wali ini. Yuk disimak!

  1. WISATA RELIGI MASJID AGUNG DEMAK
masjid agung demak foto dari @makbar r
masjid agung demak foto dari @makbar r

Masjid Agung Demak merupakan lokasi wisata Demak dan Kudus yang sarat akan nilai sejarah. Masjid peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah ini berumur sekitar 500 tahun. Tidak hanya bangunannya yang bersejarah, namun juga bangunan masjid ini mempunyai filosofi yang menarik dimana terdapat 3 tingkatan pada atap yang berartikan Islam, Iman, dan juga Ihsan. Terdapat 4 tiang penyangga yang dibuat langsung oleh para Wali dan 8 tiang penyangga serambi yang merupakan pemberian Raja Majapahit atau ayah dari Sultah Fatahillah.

  1. MUSEUM MASJID AGUNG DEMAK
museum masjid agung demak foto dari @museum lovers
museum masjid agung demak foto dari @museum lovers

Tempat wisata di Kota Demak berikutnya masih berada di kawasan Masjid Agung Demak. Museum Masjid Agung Demak berisikan berbagai macam peninggalan sejarah di masa kewalian seperti halnya sebuah pintu yang merupakan pintu masjid pertama kali, bedhug, dan juga kitab Islam yang dtulis langsung oleh para wali. Terdapat juga miniatur Masjid Agung Demak di dalam museum tersebut.

  1. MAKAM SUNAN KALIJOGO DEMAK
makam sunan kalijaga foto dari @wartademak
makam sunan kalijaga foto dari @wartademak

Tempat wisata di Demak Jateng berikut ini sering dijadikan tempat ziarah oleh para wisatawan. Sunan Kalijogo adalah wali yang menyebarkan agama Islam di nusantara dengan berlandaskan seni dan budaya. Makam ini berlokasi di daerah Kadilangu sekitar 4 km dari Masjid Agung Demak.

  1. WISATA ALAM HUTAN MANGROVE MOROSARI SAYUNG DEMAK
hutan mangrove morosari sayung demak foto dari @ayodolan
hutan mangrove morosari sayung demak foto dari @ayodolan

Tempat wisata mangrove di Demak sangat menarik karena disini anda akan disuguhi dengan rimbunnya pohon mangrove yang cocok dijadikan objek foto. Di tempat yang sama pula anda bisa menikmati kilauan cahaya sunset di sore hati tepat di tengah hutan mangrove.

  1. PANTAI MOROSARI DEMAK
pantai morosari foto dari @dolandemak
pantai morosari foto dari @dolandemak

Selain tempat wisata di Sayung Demak, Pantai Morosari Demak juga patut untuk anda kunjungi. Lokasinya berdekatan dan menjadi satu dengan wisata hutan Mangrove yang baru saja dibahas. Meskipun di hari biasa pantai ini tergolong sepi pengunjung, namun pada hari libur tiba dan akhir pekan pasti pantai ini akan padat pengunjung. Di hari libur Idul Fitri, senantasa diadakan lomba perahu dayung dan ritual sedekah laut di Pantai Morosari ini.

  1. SENTRA KERAJINAN BATIK KABUPATEN DEMAK
sentra batik demak foto dari @avrilladee
sentra batik demak foto dari @avrilladee

Sentra Kerajinan Batik yang terletak di sekitaran Masjid Agung Demak menjadi tempat wisata daerah di Demak yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa membeli batik dengan berbagai model dan corak warna khas Demak dengan harga yang terjangkau dan dapat dijadikan oleh oleh untuk sanak saudara anda di rumah.

  1. SENTRA KERAJINAN KALIGRAFI DI KOTA WALI, DEMAK
sentra kaligrafi demak
sentra kaligrafi demak

Sebagai Kota Wali, tidak heran jika salah satu tempat wisata Demak dan sekitarnya menyajikan sentra kerajinan kaligrafi. Di sentra kerajinan kaligrafi Demak, anda juga bisa melihat langsung tata cara pembuatan kaligrafi khas Demak yang dikenal mempunyai kualitas unggul dan indah.

  1. SENTRA PENGRAJIN REBANA, DEMAK
sentra rebana demak7
sentra rebana demak7

Tempat wisata di Kab Demak selanjutnya masih seputar sentra kerajinan alat musik tradisional, yaitu rebana. Rebana biasanya digunakan untuk mengiringi sholawat dan identik dengan kebudayaan Islam. Di sentra pengrajin rebana, anda akan dikenalkan dengan berbagai macam alat musik rebana yang sering dikirim ke beberapa daerah di Indonesia.

  1. AGROWISATA JAMBU MERAH DELIMA DAN BELIMBING
belimbing demak foto dari @fikri japs
belimbing demak foto dari @fikri japs

Wisata alam Demak yang satu ini berlokasi di Desa Betokan, Desa Mranak, Desa Wonosari, Desa Sidomulyo, dan Desa Tempuran. Agrowisata petik sendiri buah buahan ini sayang sekali jika anda lewatkan. Mengingat di tempat ini selain anda bisa memetik langsung buah yang tersedia, anda juga bisa membawa pulang hasil petikan anda dengan harga yang lebih murah.

  1. TRADISI GREBEG BESAR
grebeg besar demak foto dari @humas pemkabdemak
grebeg besar demak foto dari @humas pemkabdemak

Sebelum membahas wisata Demak Grand Canyon, kami akan memberikan informasi mengenai Tradisi Grebeg Besar yang selalu dilakukan oleh warga masyarakat Demak di bulan Dzulhijjah atau bulan Haji. Puncak tradisi tersebut berada saat malam hari raya Idul Adha dimana terdapat arak arakan tumpeng sego yang diawali dari Pendopo Kabupaten Demak menuju halaman Masjid Agung Demak. Tumpeng tersebut diarak untuk kemudian dimakan bersama setelah terlebih dulu mendengarkan pengajian.

  1. BROWN CANYON DEMAK
brown canyon demak foto dari @kabardemak
brown canyon demak foto dari @kabardemak

Wisata Demak Brown Canyon cukup terkenal karena mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika. Dulu, lokasi ini merupakan area tambang yang sekarang mempunyai daya tarik tersendiri. Wisata ini mirip juga dengan wisata lubang sewu di Wonosobo. Lokasinya berada di daerah Desa Kobankatur, Kecamatan Mranggen.

  1. MAKAM RAJA RAJA DEMAK
makam raja raja demak foto dari @wisatajateng
makam raja raja demak foto dari @wisatajateng

Setelah membahas tempat wisata di Mranggen Demak, kita beralih ke wista religi yang terletak di sebelah utara Masjid Agung Demak. Beberapa tokoh yang disemayamkan di makam ini diantaranya adalah Pangeran Trenggono, Raden Patah, Syekh Maulana Maghribi, dan juga Arya Penangsang. Makam ini selain kental dengan aura religius, juga merupakan sebuah tempat yang kental akan budaya muslimnya.

  1. WISATA KULINER ASEM ASEM DAGING KHAS DEMAK
asem asem daging foto dari @ocha chupid
asem asem daging foto dari @ocha chupid

Berada di Demak kurang lengkap jika belum mencoba wisata kuliner Demak dan makan asem asem daging. Satu porsi asem asem daging bisanya dipatok dengan harga 15.000 rupiah saja. Salah satu tempat yang menyajikan makanan khas ini adalah Rumah Makan Rahayu yang terletak di dekat Alun Alun Demak di tengah kota.

  1. PANTAI TIRANGAN
pantai tirangan foto dari @sinyo izza
pantai tirangan foto dari @sinyo izza

Selain tempat wisata kuliner di Demak, anda bisa bersantap sore sembari menikmati sunset di Pantai Tirangan yang terletak di Desa Babalan, Demak. Untuk dapat mencapai pantai ini anda harus naik perahu sekitar 1 jam terlebih dulu dengan suguhan pemandangan bakau dan hamparan laut Jawa yang indah. Di tempat ini juga terdapat pelelangan ikan yang menjual berbagai jenis ikan tangkapan nelayan dengan harga murah.

  1. PANTAI MARINA
pantai marina foto dari @ekaalfii
pantai marina foto dari @ekaalfii

Tempat wisata alam di Demak yang satu ini memang sebagian masuk ke wilayah Semarang, namun di bagian lain masuk di wilayah Kabupaten Demak. Suasana yang disajikan cukup eksotis apalagi jika anda datang di sore hari. Terdapat beberapa bangku yang bisa anda duduki secara gratis di pinggir pantai sembari menikmati semilir angin pantai yang sepoi sepoi.

  1. KOLAM RENANG POLARIS DEMAK
kolam renang polaris demak foto dari @ffebrianii
kolam renang polaris demak foto dari @ffebrianii

Wisata Demak favorit keluarga yang satu ini memang tempatnya cukup kecil, namun selalu menjadi tujuan utama para keluarga kecil di Demak untuk berakhir pekan. Selain kolam renang, ada fasilitas lain berupa wahana permainan anak yang bisa dicoba. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap.

  1. PANTAI MORODEMAK
pantai morodemak foto dari @mangrove morodemak
pantai morodemak foto dari @mangrove morodemak

Tempat wisata Demak terbaru berikut ini dekat sekali dengan pusat Kota Demak, hanya ditempuh sekitar 45 menit saja maka anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Morodemak. Selain pantai, di tempat ini juga anda temukan hutan bakau luas dan mengakomodir kebutuhan para wisatawan yang hobi memancing. Warga masyarakat yang tinggal di sekitar Pantai Morodemak sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

  1. PANTAI SURODADI
pantai suradadi foto dari @admlynml
pantai suradadi foto dari @admlynml

Wisata air di Demak ini terletak di Daerah Sayung tepatnya di Desa Surodadi. Maka dari itu, pantai ini dinamakan Pantai Surodadi. Banyak wisatawan yang belum mengenal pantai Surodadi sehingga pantai ini tergolong masih sepi. Hanya beberapa warga lokal Demak saja yang datang di akhir pekan. Udaranya cukup nyaman dan sejuk ditambah dengan angin yang sepoi sepoi.

  1. KELENTENG HOK TEK BIO
klenteng hok tek bio
klenteng hok tek bio

Tempat wisata di Demak Kelenteng Hok Tek Bio berlokasi di Jalan Siwalan Nomor 3, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak. Untuk dapat menikmati keindahan kelenteng ini anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Jam operasionalnya dari pukul 9 pagi hingga 4 sore. Meskipun gratis, dimohon anda dapat tetap menjaga lisan dan kesopanan di tempat ini karena pada dasarnya kelenteng adalah tempat ibadah umat Konghucu.

  1. MAKAM TERAPUNG SYEKH MUDZAKIR
makam terapung demak foto dari @dennyvitasari
makam terapung demak foto dari @dennyvitasari

Tempat wisata religi di Demak selanjutnya adalah makam terapung dari Kiai Mudzakir yang merupakan satu diantara para pejuang kemerdekaan dan juga seorang ulama besar yang terkenal di masanya. Syekh Mudzakir meninggal di Demak dan makamnya dijadikan tempat wisata religi yang selalu ramai dikunjungi para peziarah sampai sekarang.

  1. DESA WISATA TLOGOWERU
desa wisata tlogoweru demak foto dari @azis 7717
desa wisata tlogoweru demak foto dari @azis 7717

Tempat wisata terbaru di Demak yang satu ini muncul akibat adanya rasa jengkel dari para petani yang ada di daerah Tlogoweru atas banyaknya hama tikus yang merusak tanaman adi. Para petani akhirnya sepakat untuk memelihara burung hantu yang digunakan untuk memangsa dan meminimalisir gangguan hama. Maka dari itu, jika anda berkunjung ke desa ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan berbagai macam burung hantu berjenis Tyto Alba dan sekaligus penangkaran burung hantu yang cukup besar.

  1. PANTAI GLAGAH WANGI
pantai glagah wangi foto dari @@riefprudence
pantai glagah wangi foto dari @@riefprudence

Pantai memang menjadi tempat wisata di Demak Jawa Tengah yang difavoritkan para wisatawan. Letaknya yang berada di laut utara Jawa membuat ombaknya tenang dan arusnya tidak terlalu kuat. Pantai Glagah Wangi adalah salah satu pantai di Demak yang terletak di Desa Tambakbulusan, Karangtengah.

  1. PANTAI SAYUNG
pantai sayung demak foto dari @sayfullhuda
pantai sayung demak foto dari @sayfullhuda

Tempat wisata pantai di Demak yang selanjutnya adalah Pantai Sayung yang lokasinya menjadi satu dengan wana wisata hutan mangrove Sayung. Pantai ini menawarkan eksotisme laut utara Jawa sekaligus hamparan pantainya yang sangat luas. Meskipun panas, namun anginnya yang sejuk membuat para wisatawan tetap betah berlama lama bermain di Pantai Sayung ini.

  1. DESA BABALAN DEMAK
desa babalan demak foto dari @khamzazen
desa babalan demak foto dari @khamzazen

Desa Babalan menjadi spot menarik bagi para pecinta fotografi karena disini terdapat sentra penghasil garam laut. Beberapa spot memang sering lalu lalang di dunia instagram hasil karya para fotografer handal yang memotret kehidupan para petani garam di Demak.

  1. KELENTENG POO AN BIO
klenteng poo an bio
klenteng poo an bio

Tempat wisata di Kota Demak berupa kelenteng tempat ibadah Kaum Konghucu ini berlokasi di sekitar Alun Alun Demak, tepatnya berada di sebelah timur dari Alun Alun Demak. Selain Poo An Bio, nama lain dari kelenteng ini adalah Vihara Budhi Luhur. Kelenteng ini masih rutin digunakan hingga sekarang.

  1. MASJID SUNAN KALIJAGA KADILANGU
masjid sunan kalijaga kadilangu foto dari @hoirul25
masjid sunan kalijaga kadilangu foto dari @hoirul25

Seperti telah dikatakan sebelumnya, objek wisata di Demak Jawa Tengah memang kental akan nuansa religinya. Selan Masjid Agung Demak, ada juga Masjid Sunan Kalijaga yang terletak di Kadilangu yang sangat patut untuk anda kunjungi. Untuk dapat mencapai masjid ini, anda tinggal berkendara ke arah timur dari Kota Demak sekitar 1,5 km sampai di Jalan R. Sahid, Kadilangu. Maka masjid ini sudah bisa dengan mudah anda temukan di pinggir jalan.

  1. EKS STASIUN DEMAK
stasiun demak foto dari @demakhariini
stasiun demak foto dari @demakhariini

Pada jaman dahulu, terdapat rangkaian gerbong kereta api yang melintasi Demak sehingga terdapat banguann stasiun di Demak. Sekarang, stasiun ini sudah tidak dipakai dan dijadikan salah satu tempat wisata di Kabupaten Demak. Kabarnya, jalur kereta api yang melintasi Demak akan dihidupkan kembali sehingga Stasiun Demak dapat difungsikan lagi.

  1. WISATA BAHARI MOROSARI
wisata bahari morosari foto dari @@saiffuul
wisata bahari morosari foto dari @@saiffuul

Destinasi wisata di Demak yang menarik berikutnya adalah Wisata Bahari Morosari. Selain Pantai, Hutan Mangrove, di pantai ini juga terdapat beberapa penjaja makanan yang diolah dari kekayaan hasil laut. Bahkan ada beberapa wahana olahraga air dengan harga terjangkau yang bisa anda coba di wisata bahari ini. Letaknya persis di muara Sungai Sayung, Bedono, Sayung sekitar 3,5 km dari Jalan Raya Semarang-Demak.

  1. PANTAI MENCO WEDUNG
pantai menco wedung foto dari @ chadityap
pantai menco wedung foto dari @ chadityap

Tempat wisata di Wedung Demak ini cukup beda dengan pantai pantai lainnya yang telah di bahas sebelumnya. Pantai Monco Wedung terletak di Pulau Tirang dan hanya muncul saat air laut sedang surut, cukup unik bukan? Akses menuju lokasi ini terbilang susah karena anda harus menyewa perahu atau sampan bermotor milik warga untuk menuju Pulau Tirang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

  1. TAMAN KALI TUNTANG LAMA
taman kali tuntang lama foto dari @ryan.amza
taman kali tuntang lama foto dari @ryan.amza

Objek wisata di Demak berupa taman kota ini berlokasi di daerah Bintaro, Demak. Kali Tuntang seringkali dihubungkan dengan Legenda Rawa Pening atau Baru Klinting yang melegenda. Dulu, pada jaman Kerajaan Demak masih berjaya, sungai atau kali ini bahkan dijadikan jalur utama dalam perdagangan. Kali Tuntang sekarang sudah direnovasi oleh Pemerintah setempat menjadi taman kota yang indah dan terawat.

  1. DEMAK BARONGAN CARNIVAL
demak barongan festival foto dari @nugrahacakra
demak barongan festival foto dari @nugrahacakra

Demak Barongan Carnival merupakan wisata Demak Kudus Jepara yang menarik untuk dikunjungi. Pada musim tertentu biasanya event ini selalu diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap seniman dan kesenian khas Demak yang tidak pernah lekang dimakan jaman. Selain itu, Demak Barongan Carnival merupakan event yang pas bagi anda yang hobi huntung street photography.

  1. ANCAAN DI KADILANGU
ancaan demak
ancaan demak

Tradisi yang lekat di hati masyarakat Kota Demak ini juga menarik untuk disimak. Ancaan merupakan sajian nasi dengan berbagai lauk yang disajikan begitu saja dan cara makannya adalah dengan berebutan antara satu dengan yang lainnya. Nasi ini dipercaya mengandung berkah dan selalu menjadi ritual rutin yang diselenggarakan oleh masyarakat Demak menjelang upacara jamasan pusaka Sunan Kalijaga usai Salat Idul Adha.

  1. SIMPANG ENAM DEMAK
simpang enam demak foto dari @robiwijaya
simpang enam demak foto dari @robiwijaya

Layaknya sebuah alun-alun, simpang enam Demak merupakan tempat yang menarik untuk sekedar mampir atau duduk duduk santai. Tepat di tengah tengahnya terdapat semacam taman yang biasanya dipenuhi dengan orang orang yang duduk santai menikmati waktu luang mereka sembari menyantap jajanan khas Demak. Simpang tersebut terdapat 6 jalur yang masing masing menghubungkan Kota Demak dengan beberapa daerah yang berdekatan dengan wilayahnya.

  1. TIARA PARK WATERBOOM DEMAK
tiara park waterboom foto dari @fattah athoul
tiara park waterboom foto dari @fattah athoul

Tempat wisata baru di Demak ini cukup mudah dijangkau dari segala penjuru arah di Kota Demak. Sebenarnya waterboom ini sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, namun banyak orang yang menganggap bahwa waterboom ini masih berada di kawasan Kabupaten Demak. Fasilitas dan wahana permainan air yang disuguhkan cukup banyak dan menarik serta lengkap hingga menjadi wisata favorit warga masyarakat Demak dan sekitarnya.

  1. ALUN ALUN KOTA DEMAK/ LANDMARK KOTA DEMAK
alun alun demak foto dari @hilmikhoiruddinnurulfata
alun alun demak foto dari @hilmikhoiruddinnurulfata

Wisata Kota Demak yang terakhir apalagi kalau bukan Alun Alun Kota Demak yang menjadi Landmark Kota Demak. Biasanya, alun alun berada di tengah kota dan jaraknya dekat ditempuh dari segala penjuru. Alun Alun Kota Demak juga tidak pernah sepi pengunjung bahkan di hari biasa sekalipun. Apalagi jika hari libur tiba, akan banyak sekali warga yang duduk bersantai di sekeliling alun alun sembari berwisata kuliner maupun sekedar ngobrol bersama anggota keluarga dan teman teman lainnya.

Mungkin masih banyak potensi tempat wisata di Demak yang belum sempat dibahas dalam artikel ini. Maka dari itu para pembaca sekalian dapat memberikan tambahan informasinya di kolom komentar yang ada dibawah artikel ini. Setelah berkunjung ke tempat wisata yang ada di Kabupaten Demak, anda juga bisa mampir sebentar ke beberapa tempat wisata Semarang yang menarik dan banyak pilihan seperti kawasan PRPP, Hutan Mangrove, dan juga Masjid Agung Jawa Tengah. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Rate this post
About Sally 171 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*