Rute, Lokasi, dan Spot Foto Curug Bibijilan Air Terjun Batu Kapur Sukabumi

Pesona keindahan Curug Bibijilan memang sudah cukup terkenal. Tempat wisata alam di Sukabumi Jawa Barat ini sudah cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Mereka datang untuk menikmati panorama alam sekaligus foto-foto.

Biasanya Curug Bibijilan menjadi destinasi selanjutnya setelah menjelajahi Gua Buni Ayu. Curug ini juga cukup unik bila dibandingkan dengan curug yang lain. Airnya memancar keluar dari batu-batuan kapur besar yang ada di aliran sungai. Karena itu curug ini juga sering disebut dengan nama Air Terjun Batu Kapur Sukabumi.

Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @aidita.putra .21
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @aidita.putra .21

Nama bibijilan sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah bermunculan, seperti air terjunnya yang gemercik bermunculan dari batuan kapur. Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai rute, lokasi, dan spot foto paling keren di Curug Bibijilan Sukabumi.

Spot foto di Curug Bibijilan Sukabumi

Bagi kamu yang ingin hunting foto, ada banyak sekali spot foto instagramable di Curug Bibijilan Sukabumi ini. Berikut ini ada beberapa foto-foto dari pengunjung yang sudah datang ke sini:

Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @ridwanabdulraup
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @ridwanabdulraup
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @asygp
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @asygp
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @ekipoetra89
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @ekipoetra89
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @de.evand
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @de.evand

Lokasi Curug Bibijilan

Bagi kamu yang belum tahu di mana lokasi Curug Bibijilan, kamu bisa menyimak info berikut ini. Curug Bibijilan berlokasi di daerah Dusun Lebak Nangka. Dusun ini terletak di Desa Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Lokasinya memang agak terpencil jadi kamu mungkin harus melakukan perjalanan trekking yang cukup seru.

Lokasi Curug Bibijilan ini masih termasuk dalam kawasan wisata Buni Ayu. Kalau kamu sudah melakukan penjelajahan Gua Buni Ayu maka letak curug ini tidaklah jauh dan biasanya menjadi destinasi penutup dari mereka yang berkunjung ke gua. Tapi untuk menuju ke curug kamu harus trekking kurang lebih sejauh 3 Km.

Nah untuk lebih persisnya kamu bisa melihat letak Curug Bibijilan Sukabumi ini di google maps berikut:

Rute Menuju Ke Curug Bibijilan

Untuk kamu yang datang dari luar kota dan belum tahu rute menuju ke Curug Bibijilan kamu bisa mengikuti panduan berikut. Rute paling cepat menuju ke Curug Bibijilan adalah dengan menuju ke daerah Nyalindung.

Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkot menuju ke daerah Nyalindung Jampang. Dari sana lanjutkan perjalanan menuju ke Buni Ayu. Nanti bisa minta berhenti di Tugu Campus Rindu Alam kemudian dari sana melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh 2 km hingga sampai di lokasi.

Bagi kamu yang menuju ke lokasi Curug Bibijilan dari arah Sukabumi bisa mengambil rute ke Sagaranten. Dari sana berhenti ke gapura di pinggir jalan yang ada tulisan Gua Buni Ayu Perhutani, masuk ke arah gapura itu kemudian lanjutkan perjalanan melewati hutan pinus. Perjalanan kurang lebih sejauh 1,5 km hingga sampai di pos penjagaan, dari sana tinggal meneruskan perjalanan menuju ke lokasi curug.

Saat melewati hutan pinus ini kamu harus cukup hati-hati karena biasanya jalan setapak yang ada cukup licin karena basah dan ditumbuhi lumut. Apalagi jika kamu melakukan trekking setelah hujan, pastinya jalan akan menjadi lebih becek dan licin. Kalu bisa gunakan sepatu khusus untuk trekking agar lebih nyaman.

Pesona dan keindahan Curug Bibijilan Sukabumi

Apa sih yang unik dari Curug Bibijilan ini? Nah bagi kamu yang belum tahu, curug ini bisa dibilang cukup unik dan berbeda dari curug lainnya. Kamu jangan berharap akan melihat air terjun yang jatuh dari ketinggian, air terjun yang satu ini justru memancar dari bebatuan kapur yang besar.

Air terjunnya terlihat bertingkat-tingkat memancar keluar dari batu-batuan. Kalau diperhatikan di beberapa spot bahkan air terjun ini tidak terlihat sepeti air terjun tapi seperti air mancur. Dari jauh pemandangannya cukup indah karena kalau airnya lagi jernih akan terlihat sangat putih dan cukup bagus dijadikan spot foto instagram yang keren.

Fasilitas dan wahana yang bisa pengunjung nikmati di Curug Bibijilan

Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @david8js
Curug Bibijilan Sukabumi foto dari @david8js

Setelah puas foto-foto di Curug Bibijilan kamu juga bisa mencoba beberapa wahana seru lainnya seperti flying fox dan body rafting. Aktivitas ini cukup seru dan memacu adrenalin. Kamu pasti akan merasakan kesenangan dan terlepas dari semua penat saat mencoba aktivitas seru ini. Jangan lupa membawa baju ganti dan jaket yang tebal karena setelah basah-basahan kamu pasti akan kedinginan karena cuaca di sini cukup dingin.

Nah itulah review singkat mengenai Curug Bibijilan Sukabumi beserta lokasi, rute paling cepat, spot foto, dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba ya!

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*