30 Tempat Wisata di Daerah Pasuruan

Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu wilayah yang terletak di Jawa Timur, dan masuk sebagai wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Kabupaten Pasuruan berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo di sebelah timur, kemudian Kabupaten Malang di selatan, Kabupaten Mojokerto di sebelah barat, serta Laut Jawa di sebelah utara. Kabupaten Pasuruan memiliki pesona alam yang memukau, mulai pegunungan dan lautan. Pantas saja apabila Kabupaten Pasuruan dijadikan sebagai tujuan liburan wisatawan dari berbagai wilayah. Terlebih lagi, lokasi Kabupaten Pasuruan ini sangat strategis, karena dilintasi oleh Jalur Pantura yang menghubungkan antara Banyuwangi dengan Surabaya. Artikel ini akan membahas tempat wisata di Kabupaten Pasuruan, simak sampai habis ya.

  1. Pantai Lekok
pantai lekok foto dari @yovi prasetyo
pantai lekok foto dari @yovi prasetyo

Pantai Lekok merupakan pantai yang memiliki pemandangan alam memukau. Di wisata Pantai Pasuruan ini, wisatawan dapat melihat laut kebiruan yang berpadu dengan bebatuan tersusu rapi di bibir pantai. Selain itu,  Pantai Lekok menjadi pantai yang sangat terkenal ketika Lebaran Ketupat. Pesta rakyat yang diadakan di Pantai Lekok ini dibarengi dengan pertunjukan ski di atas permukaan lumpur, atau biasa dikenal dengan nama ski lot / celot. Penasaran kan untuk mengunjungi wisata Pasuruan pantai ini? Wisata pantai di Pasuruan ini berlokasi di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

  1. The Pines Taman Dayu
the pines taman dayu foto dari @elokmaghfirah
the pines taman dayu foto dari @elokmaghfirah

Salah satu tempat wisata di Pasuruan terbaru adalah The Pines Taman Dayu. Di lokasi ini, wisatawan dapat merasakan tinggal di rumah pohon yang disediakan pengelola. Anda yang tertarik mencobanya bisa membayar sebesar 300.000, dan bisa digunakan oleh 6 orang, atau 350.000 untuk 8 orang. Selain itu, tempat wisata Pasuruan baru ini juga memiliki fasilitas camping dan juga fasilitas outbond, di antaranya flyingfox, fungames, paintball, dll. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

  1. Danau Ranu Grati
danau ranu grati foto dari @huda nur77
danau ranu grati foto dari @huda nur77

Danau Ranu Grati berlokasi di Desa Sumber Dawesari, Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, atau berjarak 30 menit dari pusat kota Pasuruan. Danau ini menawarkan pesona sunset yang indah, dengan latar belakang Pegunungan Tengger. Danau ini memiliki luas sekitar 107 hektar. Di lokasi ini, wisatawan juga dapat menaiki perahu, memancing, hingga bersepeda air. Wisata daerah Pasuruan ini sangat romantis, cocok dikunjungi oleh kalian dan pasangan.

  1. Pemandian Alam Banyu Biru
pemandian alam banyu biru foto dari @onid 23
pemandian alam banyu biru foto dari @onid 23

Wisata Pasuruan Banyu Biru berlokasi di Desa Sumberrejo, Kecamatan Winongan, atau 15 km dari pusat kota Pasuruan.  Pemandian alam ini sudah ada sejak masa kolonial Hindia Belanda. Di lokasi wisata ini, pengunjung dapat berenang disebuah kolam yang sangat jernih, ditemani oleh ikan-ikan ramah dengan berbagai ukuran, muali dari kecil hingga besar. Kalian tidak perlu khawatir, ikan tersebut tidak menggigit manusia kok. Sembari berenang, wisatawan juga dapat narsis didepan jepretan kamera bawah air. Sudah dibayangkan bagaimana sensasinya?

Selain itu, wisata Banyu Biru Pasuruan ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, di antaranya arena bermain, lapangan tennis, kolam ikan, mushola, kamar ganti, warung makan, serta stand pameran. Untuk masuk ke wisata alam Pasuruan ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah saja, tergolong sebagai tempat wisata Pasuruan murah bukan?

  1. Taman Safari Prigen
taman safari prigen foto dari @tamansafariprigen
taman safari prigen foto dari @tamansafariprigen

Sakah satutempat wisata di Pasuruan yang terkenal adalah Taman Safari Prigen, atau biasa juga disebut sebagai Taman Safari Indonesia II, karena merupakan satu kepengurusan dengan Taman Safari di Bogor. Taman Safari Prigen berlokasi di Desa Jatiarno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Taman safari ini terletak di kaki Gunung Arjuno, dengan luas lahan sekitar 400 hektar. Konsep wisata ini adalah zoo, di mana binatangnya dibiarkan bebas. Untuk itu, kita bisa menjelajahinya menggunakan bus yang disediakan oleh pengelola. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar bagaimana proses konservasi binatang dan perawatan binatang, misalnya memberi makan. Beberapa fasilitas lain yang disediakan pengelola wisata Prigen Pasuruan ini adalah ElephantJourney, swimmingwithdolphin (semoga yang ini segera dihapuskan ya guys), safari outbond, hingga educationpackage.

  1. Pariwisata Tretes
wisata tretes foto dari @kijanglawu
wisata tretes foto dari @kijanglawu

Kawasan Tretes merupakan sebuah wisata pegunungan, yang berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Wilayah ini juga termasuk dalam kawasan lereng Gunung Arjuno – Welirang. Lokasi wisata ini memiliki fungsi seperti Puncak Bogor, yaitu sebagai destinasi wisata masyarakat kota. Dalam hal ini adalah warga Surabaya. Wisata Tretes Pasuruan menawarkan keindahan panorama pegunungan dengan kondisi udara yang sejuk. Selain itu, kawasan wisata ini juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas pendukung, seperti penginapan, Lapangan golf, dan Taman Safari Indonesia II.

  1. Wisata Candi Jawi
candi jawi foto dari @rizki.chandra.f
candi jawi foto dari @rizki.chandra.f

Tempat wisata di Pasuruan Jawa Timur ini berlokasi di Desa Candiwates, tepat di antara jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Prigen dan Kecamatan Pandaan. Candi Jawi merupakan sebuah candi peninggalan Kerajaan Singosari, yang difungsikan sebagai lokasi penyimpanan abu Raja Kertanegara. Candi Jawi memiliki kaki Siwa, dan berpundak Budha, dengan tinggi bangunan sekitar 24 meter, dan menghadap ke arah timur.

  1. Candi Gunung Gangsir
candi gunung gangsir foto dari @syifa.tour
candi gunung gangsir foto dari @syifa.tour

Candi yang satu ini berlokasi di Dukuh Kebon Candi, Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Pasuruan. Berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, candi ini dulunya ditutupi oleh  sebuah “gunung”, kemudian di “gangsir” (digali). Candi ini hampir serupa dengan candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan, yaitu berbahan baku bata merah. Candi Gunung Gangsir memiliki empat lantai, yang terbagi menjadi dasar candi hingga atap candi. Objek wisata Pasuruan Jawa Timur ini cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki ketertarikan dengan sejarah.

  1. Wisata Saygon Waterpark
saygon waterpark foto dari @hady vard
saygon waterpark foto dari @hady vard

Tempat wisata Saygon Pasuruan berlokasi di Ds. Sengon, Kecamatan Purwosari, Pasuruan. Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana permainan air, mulai dari kolam renang, watersliding, kolam ombak, kolam arus, twister, dll. Wisata Pasuruan Saygon ini tergolong sebagai waterpark yang memiliki wahana lengkap. Tertarik untuk mengunjungi wisata Pasuruan Saigon ini?

  1. Air Terjun Coban Waru
air terjun coban waru foto dari @aong 05
air terjun coban waru foto dari @aong 05

Air Terjun Coban Waru berlokasi di Dusun Kayukebek, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Pasuruan. Air terjun ini juga sering disebut sebagai Coban Joyo atau Coban Wonosari. Objek wisata di Pasuruan yang wajib dikunjungi ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 25 meter. Airnya jernih dan dingin, cocok untuk menyegarkan tubuh Anda. Kondisi alam di sini masih sangat asri, dan terawat.

  1. Air Terjun Coban Cemoro Gading
air terjun cemoro gading foto dari @bibinpurwantono
air terjun cemoro gading foto dari @bibinpurwantono

Lokasi Air Terjun Cemoro Gading berlokasi di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Pasuruan. Air terjun ini juga memiliki air yang jernih, dan dingin. Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan harus melalui jalanan setapak yang lumayan melelahkan. Wisata Pasuruan Jatim ini cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki jiwa petualang.

  1. Air Terjun Rambut Moyo
air terjun rambut moyo foto dari @livelyrutasty
air terjun rambut moyo foto dari @livelyrutasty

Air terjun yang satu ini berlokasi di Dusun Krajan, Desa Plangsari, Kecamatan Puspo, Pasuruan. Air Terjun Rambut Moyo terletak di ketinggian 1500 mdpl, dan berada di kawasan pegunungan Bromo – Tengger. Air terjun ini memiliki dua tingkatan, dengan ketinggian aliran air sekitar 40 meter. Wisatawan dapat berendam di sebuah telaga kecil yang berada di aliran air terjun ini.

  1. Air Terjun Coban Baung
air terjun coban baung foto dari @steviews stv
air terjun coban baung foto dari @steviews stv

Air Terjun Coban Baung berlokasi di Desa Cowek, tidak jauh dari Kebun Raya Purwodadi. Air terjun ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 100 meter, dan memiliki debit air yang banyak dan deras. Air terjun ini juga masih masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Baung. Lokasi ini ini juga biasa digunakan sebagai lokasi camping. Tertarik mencobanya?

  1. Air Terjun Kakek Bodo
air terjun kakek bodo foto dari @anggernoise
air terjun kakek bodo foto dari @anggernoise

Lokasi air terjun ini berada di Lerang Gunung Arjuna. Air terjun ini memiliki tinggi aliran air sekitar 40 meter, dengan kondisi air yang jernih dan dingin. Di sekeliling air terjun, wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang indah dan asri.

  1. Air Terjun Alap-alap
air terjun alap alap foto dari @angga saputra17
air terjun alap alap foto dari @angga saputra17

Air terjun ini berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Kakek Bodo, tepatnya berada di Desa Pacelukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Air Terjun Alap-alap memiliki ketinggian aliran air 40 meter, dan terbagi menjadi 3 tingkatan. Debit aliran air terjun ini tidaklah begitu besar, tetapi memiliki aliran air yang jernih.

  1. Air Terjun PutukTruno
air terjun putuk truno foto dari @hamam
air terjun putuk truno foto dari @hamam

Air terjun ini juga masih satu kesatuan dengan Air Terjun Kakek Bodo. Lokasinya berada di kawasan lereng Gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Untuk menuju ke lokasi air terjun, wisatawan harus menuruni sebuah jalan setapak sejauh 300 meter.

  1. Air Terjun Gumandar
air terjun gumandar foto dari @fandycurtizs
air terjun gumandar foto dari @fandycurtizs

Air Terjun Gumandar berlokasi di Desa Dayu Rejo, Pasuruan, Jawa Timur. Air terjun ini cukup unik karena memiliki aliran air terjun yang langsung masuk ke dalam tanah, yang kemudian baru di keluarkan melalui aliran sungai.

  1. Air Terjun Sumber Nyonya
air terjun sumber nyonya foto dari @kalipucangsae
air terjun sumber nyonya foto dari @kalipucangsae

Wisata alam Pasuruan ini berlokasi di perkebunan kopi warga, dan tidak jauh dari agro wisata Bukit Flora. Air terjun ini memiliki ketinggian aliran sekitar 6 meter, dan relatif aman untuk dijadikan lokasi bermain air.

  1. Kebun Apel Khrisna Pasuruan
kebun apel
kebun apel

Salah satu agrowisata yang ditawarkan Kabupaten Pasuruan adalah Kebun Apel Khrisna. Kebun Apel ini berlokasi di Desa Andono, Sari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, atau berjarak 40 km dari pusat Kota Pasuruan. Kabun Apel ini memiliki luas area sekitar 1100 hektar, dan lokasinya berada di pegunungan. Udaranya segar dan sejuk, Di lokasi ini, wisatwan dapat menikmati lezatnya apel langsung dari pohonnya. Pasuruan Wisata ramai dikunjungi wisatawan berbagai yang berasal dari daerah.

  1. Kebun Kurma Pasuruan
kurma pasuruan
kurma pasuruan

Objek wisata Pasuruan Kebun Kurma ini berlokasi di Desa Sukorejo, Kabupaten Sukorejo, Pasuruan. Di lokasi ini, wisatawan dapat merasakan nikmatnya memetik kurma langsung dari kebunnya. Selain itu, wisata ini juga dilengkapi oleh kompleks pertamanan yang akan membuat kalian betah berlama-lama di lokasi ini. Tertarik untuk mengunjunginya?

  1. Kebun Raya Purwodadi
kebun raya purwodadi foto dari @evearden
kebun raya purwodadi foto dari @evearden

Kebun Raya ini berlokasi di tepi Jalan Raya yang menghubungkan antara Malang dan Surabaya. Kebun ini memiliki  luas area sekitar 85 hektar, dengan koleksi tumbuhan sebanyak 10.000. Kekayaan yang dimiliki oleh Kebun Raya Purwodadi ini menjadi magnet bagi para peneliti dan pelajar. Kebun Raya Purwodadi juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas pendukung, di antaranya kolam renang, taman bermain, seta danau buatan. FYI, tempat wisata di Pasuruan dan sekitarnya ini merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor.

  1. Wisata Candi Agro Herbal
wisata candi agro herbal foto dari @nurhalimatus1609
wisata candi agro herbal foto dari @nurhalimatus1609

Objek wisata yang satu ini sangat menarik untuk di kunjungi bagi para pecinta bunga. Di lokasi ini, wisatawan dapat melihat bunga-bunga indah beraneka ragam, mulai dari produk unggulan Bunga Krisnan, dan juga bunga callalily, gerbera, anthuriumAdreanum, dan leatherleaf. Wisata Candi Agro Herbal atau biasa dikenal dengan nama Nongkojajar ini berdiri pada tahun 1997, dan berlokasi di Desa Tutur, Kecamatan Tutur, Pasuruan.

  1. Wisata Bhakti Alam
bhakti alam pasuruan foto dari @yan creator
bhakti alam pasuruan foto dari @yan creator

Objek wisata Pasuruan Bhakti Alam berlokasi di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Objek wisata ini terletak di ketinggian 450 – 550 mdpl. Tempat wisata di Pasuruan Bhakti Alam memiliki berbagai macam tanaman, mulai dari tanaman durian, kelengkeng, apel, alpukat, buah naga, semangka, mangga, jeruk, mangga, strawberry, hingga salak pondoh. Menariknya, kalian dapat memetiknya secara gratis. Lain dari pada hal tersbut, wisata ini juga dilengkapi fasilitas outbond, di antaranya menjelajahi area wisata menggunakan ATV, kolam renang, flyingfox, dan titian tali. Apabila kalian ingin melihat proses pengolahan susu sapi, wisatwan dapat melihat lokasi peternakan sapi yang ada di kawasan wisata ini.

  1. Wisata Bukit Flora
bukit flora pasuruan foto dari @agrowisata bukit flora
bukit flora pasuruan foto dari @agrowisata bukit flora

Salah satu wisata Pasuruan yang wajib kalian kunjungi adalah Bukit Flora. Bukit ini terletak di ketinggian 700 mdpl. Udaranya sudah lumayan sejuk dan segar. Di sini, wisatawan dapat mengelilingi kebun bunga dengan berbagai macam varian, mulai dari bunga krisan, anggrek, dll. Di lokasi ini juga disediakan villa dan penginapan bagi para pengunjung yang berminat menghabiskan malam di Pasuruan. Wisata Bukit Flora ini merupakan salah satu wisata edukasi untuk kalian dan keluarga.

  1. Wisata Finna Golf and Club Resort
finna golf foto dari @finnagolf
finna golf foto dari @finnagolf

Objek wisata mewah ini berlokasi di lereng Gunung Welirang dan Gunung Arjuna. Lokasinya sangat sejuk, indah, dan memberikan sensasi menyegarkan. Lokasi ini berdiri di atas area seluas 6.345 meter. Cocok dijadikan tujuan wisata Anda.

  1. Masjid Muhammad Chen Ho
masjid chen ho foto dari @khrnnisa46
masjid chen ho foto dari @khrnnisa46

Masjid ini didirikan oleh komunitas Muslim Tiongkok di Indonesia, dengan maksud mengenang jasa Laksamana Cheng Ho yang mengembara dari daratan Cina membawa barang dagangan sembari menyebarkan agama Islam. Masjid ini memiliki arsitektur khas Tionghoa, lengkap dengan ornamen dan atapnya. Terlebih lagi, kalian juga akan langsung mengenalinya hanya dengan melihat warna bangunan ini, yaitu warna merah. Lokasi Masjid Cheng Ho tepat di pertigaan Jalan Raya Pasuruan – Malang – Tretes, Kecamatan Pandaan.

  1. Taman Dayu Pandan
taman dayu pandaan foto dari @lndawatidewi
taman dayu pandaan foto dari @lndawatidewi

Tempat wisata di Pasuruan yang satu ini dulunya merupakan sebuah perumahan elite, tetapi kemudian dikembangkan menjadi ruang terbuka hijau yang boleh didatangi siapa saja. Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

  1. Gunung Bromo
gunung bromo foto dari @jalanjalandijawa
gunung bromo foto dari @jalanjalandijawa

Wisata yang satu ini menjadi salah satu maskot wisata Pasuruan. Wisata ini menawarkan keindahan alam Bromo dengan hamparan pasir yang luas. Padang Pasir Gunung Bromo ini memiliki luas 10 km, dan kalian dapat menjelajahinya menggunakan kuda atau menyewa jeep. FYI, Gunung ini berada di ketinggian 2.329 mdpl.

  1. Gunung Arjuno
gunung arjuno foto dari @aldnsyhp
gunung arjuno foto dari @aldnsyhp

Apabila kalian memiliki hobi mendaki gunung, tidak ada salahnya untuk mencoba menadaki Gunung Arjuno ini. Gunung ini memiliki ketinggian 3.339 mdpl, dan termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

  1. Alun-alun Kota Pasuruan
alun alun pasuruan foto dari @cahyo ayonk
alun alun pasuruan foto dari @cahyo ayonk

Salah satu wisata Kota Pasuruan yang murah dan lokasinya strategis adalah Alun-alun Pasuruan. Di sini, wisatawan dapat bersantai sembari menikmati beberapa wisata kuliner Pasuruan yang dijajakan oleh para pedagang di Alum-alun. Di Minggu pagi, alun-alun ini juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang hendak berolah raga, seperti bersepeda maupun lari-lari.

Bagaimana ulasan tempat wisata di Pasuruan yang sudah kami sajikan? Menarik sekali bukan?. Kunjungi terus tempat wisata di Indonesia, di antaranya tempat wisata di Sidoarjo, tempat wisata di Malang, serta tempat wisata di Mojokerto.

Rate this post

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*