20 REKOMENDASI TEMPAT WISATA MALAM DI SURABAYA

Wisata Surabaya memang tidak ada habisnya. Anda bisa memilih untuk menyambangi wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, ataupun wisata sejarah di Kota Surabaya yang menjadi salah satu kota saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Saking banyaknya peristiwa sejarah yang terjadi di Kota Surabaya, maka kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Pahlawan.

Bagi sebagian orang, tentunya mengenal Surabaya sebagai salah satu kota industri yang panas dan penuh dengan hiruk pikuk aktivitas manusia di dalamnya. Tapi siapa sangka, jika Surabaya di malam hari menyimpan banyak sekali tempat wisata malam yang menarik untuk dikunjungi. Berkunjung ke tempat wisata malam di Surabaya tentunya bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan refreshing anda setelah lelah bekerja seharian.

Berikut ini ulasan dari redaksi Pikniktrus.com mengenai rekomendasi tempat wisata malam di Surabaya yang informasinya berhasil kami himpun dari berbagai sumber. Silahkan disimak!

  1. TAMAN BUNGKUL
taman bungkul foto dari @yusep.rizal
taman bungkul foto dari @yusep.rizal

Wisata malam yang terdapat di Surabaya yang pertama adalah Taman Bungkul. Taman ini berada di jalan Bungkul, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.  Anda dapat menikmati suasana malam Kota Surabaya di taman Bungkul. Di tempat tersebut terdapat bangunan bangunan dan pepohonan yang disorot dengan lampu warna warni yang begitu menarik. Nama Taman Bungkul berasal dari seorang tokoh yang bernama Sunan Bungkul, atau yang lebih di kenal dengan Mbah Bungkul. Karena taman tersebut bersebelahan dengan makam Sunan Bungkul, sehingga dinamakan Taman Bungkul. Banyak anak muda Surabaya bermain di taman ini, seperti bermain BMX, Skateboard, hingga live performance dan tidak lupa di Taman ini tersedia wifi gratis untuk semua pengunjung.

  1. SURABAYA NIGHT CARNIVAL
surabaya night festival foto dari @hadi rev
surabaya night festival foto dari @hadi rev

Tempat wisata malam Surabaya Carnival terletak di jalan Ahmad Yani nomor 333, Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayunan, Kota Surabaya. Surabaya Night Carnival merupakan pasar malam terbesar yang ada di Surabaya. Di tempat ini terdapat banyak pilihan permainan dan juga terdapat wahana yang seru untuk semua umur. Mulai dari wahana yang diperuntukkan untuk anak – anak, hingga wahana yang memacu adrenalin yang digunakan khusus orang dewasa saja. Untuk masuk ke Surabaya Night Carnival anda cukup membayar uang sebesar Rp 60.000 untuk hari biasa dan Rp 80.000 untuk hari libur.

  1. TAMAN PELANGI
taman pelangi surabaya foto dari @riesaramandanii
taman pelangi surabaya foto dari @riesaramandanii

Wisata Surabaya yang bagus dikunjungi pada waktu malam hari yang selanjutnya adalah Taman Pelangi. Taman ini merupakan Ruang Terbuka Hijau yang memiliki desain taman yang unik tetapi juga monumental.  Di taman Pelangi terdapat bangunan yang berbentuk ruas daun yang terdiri atas 31 tiang yang tersusun ke dalam pola yang melengkung. Pada malam hari, lengkungan tersebut akan tersorot lampu warna warni yang terlihat seperti pelangi, sehingga dinamakan Taman Pelangi. Fasilitas yang tersedia di taman tersebut juga sudah baik dan sangat terjaga kebersihannya. Banyak pengunjung dari sekitar Taman Pelangi menghabiskan malam berkumpul bersama teman di taman tersebut.

  1. TAMAN APSARI
taman apsari foto dari @dronegraphysby
taman apsari foto dari @dronegraphysby

Taman Apsari merupak sebuah taman di Kota Surabaya yang mempunyai luas sekitar  5KM sehingga bisa dikatakan Taman Apsari merupakan taman terluas di Surabaya. Pada sore hari, taman ini digunakan untuk bemain bola bagi masyarakat sekitar, ada juga yang berkumpul bersama komunitas di taman Apsari. Banyak yang bisa di lakukan di taman Apsari karena Tamannya yang luas dan juga tempatnya yang sangat dijaga kebersihannya.

  1. G-WALK
g walk foto dari @rarascita
g walk foto dari @rarascita

Wisata kuliner malam di Surabaya yang sangat terkenal adalah di G-Walk. Wisata kuliner G-Walk berlokasi di jalan Niaga Gapura, Lontar, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya. Anda bisa mencicipi aneka kuliner, mulai dari makanan yang ringan hingga makanan yang berat, mulai dari makanan yang tradisional hingga makanan yang modern terdapat di tempat ini. Tempat kuliner G-Walk buka dari jam 10.00 hingga 23.00 WIB. Banyak anak muda Surabaya yang makan dan nongkrong di G-Walk ini.

  1. FOOD FESTIVAL PAKUWON CITY
food festival pakuwon city foto dari @neng na oenank
food festival pakuwon city foto dari @neng na oenank

Wilayah Pakuwon City mepakan sentara wisata kuliner Surabaya malam hari yang menarik untuk didatangi. Lokasinya ada di Jalan Kejawan Putih Tambak sekitar beberapa kilometer ke timur dari arah Surabaya. Tempat ini menyediakan berbagai macam sajian kuliner makanan khas nusantara seperti nasi bakar, kupang lontong, lontong balap, dan masih banyak lagi. Pakuwon City Food Festival tidak pernah sepi pengunjung baik di hari biasa maupun hari libur. Fasilitas yang tersedia di sekitar tempat makan ini sangat lengkap ditambah dengan live music di malam malam tertentu mampu menambah hiburan bagi para pengunjungnya. Tidak heran jika tempat ini menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk berburu wisata kuliner.

  1. MONUMEN BAMBU RUNCING
monumen bambu runcing foto dari @hilalfauzi
monumen bambu runcing foto dari @hilalfauzi

Bambu runcing merupakan senjata tradisional rakyat Indonesia saat melawan penjajah puluhan tahun silam guna mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Keberadaan monumen bambu runcing ini berkaitan erat dengan peristiwa 10 Maret 1945 di Surabaya. Monumen ini dibuat guna mengenang jasa para pahlawan sekaligus sebagai tanda perjuangan rakyat Indonesia (pahlawan Indonesia) yang telah berhasil menciptakan kemerdekaan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat melihat monumen ini, tentunya anda akan langsung teringat akan besarnya perjuangan para pahlawan tersebut. Di sekeliling monumen, anda akan menemukan air mancur, kolam buatan, serta taman yang cantik.

  1. JEMBATAN SURAMADU
jembatan suramadu foto dari @stormich
jembatan suramadu foto dari @stormich

Siapa yang tidak kenal Jembatan Suramadu? Jembatan ini merupakan sebuah jembatan nasional yang menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura. Keberadaan jembatan ini bisa membantu mobilitas warga masyarakat Surabaya dan Pulau Madura karena tidak perlu lagi naik kapal untuk dapat berkunjung ke Surabaya ataupun ke Pulau Madura. Selain berfungsi sebagai sarana memudahkan dalam mobilitas, jembatan ini menjadi salah satu tempat wisata malam Surabaya Trans7 yang menarik untuk dilihat di malam hari. Kerlipan lampu lampu yang menghiasi sepanjang jembatan menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung apalagi wisatawan yang memang sengaja melewati jembatan ini.

  1. PATUNG SURA DAN BUAYA
patung sura dan buaya foto dari @shaheernsheikh
patung sura dan buaya foto dari @shaheernsheikh

Landmarks Kota Surabaya ini sangatlah terkenal. Landmarks ini bahkan menunjukkan asal usul nama Surabaya yang terdiri dari kata Sura dan Buaya. Konon katanya, patung tersebut menceritakan sebuah kisah pertarungan antara ikan hiu (sura) dan buaya yang juga menjadi sejarah terciptanya nama Surabaya. Lokasi patung ini berada tepat di depan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Bahkan dalam beberapa kali, lokasi dimana patung ini berada sempat dijadikan tempat untuk syuting film yang berlatar belakang kehidupan Kota Surabaya.

  1. PASAR MALAM KODAM BRAWIJAYA
pasar malam kodam brawijaya foto dari @arifrahmaha
pasar malam kodam brawijaya foto dari @arifrahmaha

Awalnya, lapangan di dekat Kodam Brawijaya hanya digunakan untuk tempat latihan militer saja. Namun, seiring berjalannya  waktu, tempat ini menjadi pusat hiburan sekaligus tempat wisata malam yang ramai dikunjungi oleh warga lokal. Letaknya ada di daerah wonokitri. Wisata Pasar Malam Kodam Brawijaya ini sudah eksis sejak tahun 2000 lalu. Terdapat banyak sekali pedagang yang menjajakan berbagai macam barang dagangan, mulai dari fashion, mainan, alat alat rumah tangga, hingga jajanan khas Surabaya. Pasar malam ini buka setiap harinya dari jam setengah 6 pagi hingga jam 10 malam dan tidak pernah sepi pengunjung.

  1. LOOP
loop surabaya
loop surabaya

Loop merupakan salah satu tempat nongkrong malam di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya ada di kompleks Plaza Graha Famiy dekat dengan Pakuwon Trade Center yang juga terkenal. Satu hal yang menarik dari loop ini adalah adanya taman dengan konsep melingkar serta resto yang terbagi dalam 6 zona berbeda. Malam mingguan di Loop bersama pasangan ataupun beramai ramai bersama teman dekat tentunya akan semakin seru dan berkesan. Makanan yang disajikan di Loop ini juga enak dan lezat. Ditambah lagi anda akan mendapatkan bonus berupa pemandangan malam Kota Surabaya yang penuh gemerlap lampu kota yang indah.

  1. FESTIVAL SUNGAI KALIMAS
sungai kalimas foto dari @ach muchlison
sungai kalimas foto dari @ach muchlison

Tempat wisata malam di Surabaya selanjutnya berada di kawasan jantung kehidupan Kota Surabaya di masa silam. Sungai Kalimas dulunya menjadi jalur bagi ratusan kapal dan perahu yang mengangkut penumpang serta aneka barang dan hasil bumi dari Surabaya atau menuju ke Surabaya. Banyak sekali bangunan gudang dan pabrik yang terletak di sekitar Sungai Kalimas ini. Saat ini, kawasan Sungai Kalimas sudah mengalami perubahan besa dimana terdapat sebuah festival yang diselenggarakan di bantaran sungai Kaimas setiap sebelum hari jadi Kota Surabaya berlangsung. Akan ada puluhan perahu dengan warna warni lampu yang indah di Sungai yang membelah Kota Surabaya ini. Tidak hanya itu, terdapat juga pagelaran budaya dan kostum kostum unik yang turut menghiasi Festival Sungai Kalimas ini. Tentunya festival ini tidak diadakan setiap hari, meskipun begitu animo masyarakat terhadap penyelenggaraan festival ini sangatlah besar dan begitu ditunggu tunggu.

  1. KAWASAN GEDUNG INTERNATIO SURABAYA
gedung internatio foto dari @hs vin
gedung internatio foto dari @hs vin

Gedung yang merupakan warisan sejarah jaman penjajah Belanda ini masih mampu berdiri kokoh dan gagah di tengah gempuran perkembangan kemajuan Kota Surabaya. Saat malam hari, gedung ini terlihat tampak kesepian di antara padatnya kendaraan yang melintasi Jalan Jayengrono. Di kawasan Gedung Internatio ini anda bisa melakukan aktivitas hunting foto bagi penyuka fotografi karena banguannya sangat menarik dan instagramable. Banyak sekali komunitas fotografi yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk sekedar hunting foto di malam hari.

  1. PATUNG BUDDHA EMPAT WAJAH
patung buddha empat wajah foto dari @ribut bagus
patung buddha empat wajah foto dari @ribut bagus

Anda tidak perlu jauh jauh berkunjung ke Bangkok jika ingin melihat Patung Buddha yang unik dan menarik. Surabaya punya Patung Buddha unik berupa Patung Buddha empat wajah yang lokasinya berada di kompleks Pantai Ria Kenjeran. Patung ini kerap kali menjadi destinasi wisata malam minggu bagi warga lokal maupun wisatawan yang dipadukan dengan suasana pantai yang tenang. Jaraknya sekitar 9 km saja dari pusat Kota Surabaya. Tinggi Patung Buddha Empat Wajah ini mencapai 36 meter jika digabungkan dari kubah sampai puncaknya. Keberadaan patung ini mempunyai makna sebagai pengasih, murah hati, adil, dan sifat sifat meditasi serta sifat kebaikan lainnya. Di malam hari, patung yang dilapisi emas ini akan memancarkan kilauan indah diiringi dengan lampu lampu yang ada di sekitarnya.

  1. MASJID AL AKBAR SURABAYA
masjid al akbar surabaya foto dari @indraiswanto84
masjid al akbar surabaya foto dari @indraiswanto84

Selanjutnya ada wisata religi malam yang bisa anda lakukan di Masjid Agung Al-Akbar yang disebut sebagai masjid terbesar kedua di Indonsia. Masjid ini didirikan di atas tanah seluas 11,2 hektar dan berkapasitas mencapai 59000 jamaah. Terdapat beberapa corak ukiran kaligrafi dan ukiran pintu yang menarik di ke-45 pintu jati yang dipasang di masjid ini. Di lingkungan masjid pun terdapat dua buah menara yang tinggi dan bisa anda naiki dengan membayar sebesar 3000 hingga 5000 rupiah saja. Dari atas menara, anda bisa meihat kerlap kerlip lampu Kota Surabaya yang indah dan menawan di malam hari.

  1. JEMBATAN MERAH SURABAYA
jembatan merah surabaya foto dari @azizah zizi96
jembatan merah surabaya foto dari @azizah zizi96

Jika anda bingung akan berkunjung kemana di Surabaya saat malam minggu tiba, maka jawabannya adalah Jembatan Merah Surabaya. Sejarah menyebutkan bahwa jembatan merah ini dulunya merupakan daerah perdagangan yang mulai berkembang sebagai akibat adanya Perjanjian Paku Buwono II dari Mataram dengan Belanda. Romantisme jembatan merah sungguh tidak ada duanya menjadikan tempat yang sederhana namun sarat akan sejarah ini lokasi favorit pasangan muda Surabaya untuk menghabiskan waktu bersama di Sabtu Malam. Jembatan Merah juga menjadi spot foto yang menarik bagi anda para pecinta street fotografi.

  1. JALAN TUNJUNGAN
jalan tunjungan surabaya foto dari @nurandwi
jalan tunjungan surabaya foto dari @nurandwi

Jalan Tunjungan merupakan salah satu ruas jalan di Kota Surabaya yang hits untuk nongkrong dan berselfie. Di jalan ini terdapat Hotel Majapahit yang dulunya bernama Hotel orange dan kental akan sejarah perjuangannya. Sepanjang Jalan Tunjungan telah direstorasi oleh Pemerintah setempat dan menjadi jalan yang istimewa. Jalan ini menjadi salah satu ikon wisata malam di Surabaya karena sering diselenggarakan beberapa event menarik di sepanjang jalannya khususnya di Bulan Mei setiap tahunnya. Saat anda berada di Surabaya, tentunya anda tidak boleh melewatkan sensasi nongkrong seru bersama teman teman di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya ini.

  1. SURABAYA NORT QUAY
surabaya nort quay foto dari @rundie mobility
surabaya nort quay foto dari @rundie mobility

Tempat wisata malam di Surabaya yang terbilang baru ini diresmikan pada bulan Februari tahun 2015 lalu. Dulu, tempat ini memang tidak dibuka untuk umum dan hanya dibuka bagi para penumbang pelabuhan saja. Letak Surabaya Nort Quay berada di Perak dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak. Di tempat ini anda akan mendapati kapal kapal pesiar dan kapal berjenis apapun yang bersandar mulai dari ukuran kecil hingga sedang. Jika sedang tidak ada kapal pesiar yang bersandar, anda tetap dapat mengunjungi tempat ini untuk melihat sunset. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat ada kapal pesiar bersandar di malam hari karena bisa menjadi spot foto yang menarik lengkap dengan hiasan lampu lampu indah dari kapal pesiar yang dipadukan dengan gelapnya wilayah sekitar Surabaya Nort Quay.

  1. AIR MANCUR MENARI KENJERAN
air mancur menari kenjeran foto dari @athomesurabaya
air mancur menari kenjeran foto dari @athomesurabaya

Tempat pemandangan malam di Surabaya yang satu ini lokasinya ada di kompleks Pantai Ria Kenjeran dekat dengan Patung Buddha empat wajah yang telah diulas sebelumnya. Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan atraksi dari berbagai macam warna cahaya yang menarik berasal dari lampu sorot yang diarahkan ke air mancur yang menari di sekitarnya. Air mancur Kenjeran memang terbilang obyek wisata di Surabaya yang baru dibangun, namun konsepnya yang menarik mendapat tempat tersendiri di hati para wisatawan dan warga sekitarnya.

  1. DINNER ROMANTIS DI 1914
1914 surabaya foto dari @vincentanggawijaya
1914 surabaya foto dari @vincentanggawijaya

Yang terakhir, ada tempat wisata kuliner malam Surabaya yang patut anda coba. Lokasinya ada di Jalan Darmokali Nomor 10, Surabaya. Restoran ini mengusung konsep bangunan lawas Prancis yang dibangun pada tahun 1914 dan menjadi salah satu tempat makan romantis yang kami rekomendasikan bersama pasangan. Anda bisa membawa pasangan anda bernostalgia dengan kenangan kenangan indah sejak awal bertemu dulu sembari menyantap hidangan lezat seeperti black angus, wagyu steak, dan hidangan lainnya dengan harga yang terjangkau.

Demikian beberapa tempat wisata malam di Surabaya yang menjadi rekomendasi dari tempatwisataindonesia.id. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi anda dalam menentukan destinasi wisata malam yang akan anda kunjungi saat sedang berada di Kota Pahlawan, Surabaya. Sekian artikel dari kami, terimakasih sudah membaca.

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*