13 Makanan Khas Bali Super Lezat

Tak lengkap rasanya berlibur ke Bali tanpa mencicipi makanan khas Bali.Masakan Bali memiliki khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Berikut rangkuman Pikniktrus beberapa makanan dari Bali yang wajib anda coba.

  1. Ayam Betutu
ayamb betutu bali foto dari @vica nourma lietha
ayamb betutu bali foto dari @vica nourma lietha

Siapa yang tidak mengenal hidangan yang satu ini? Jika pempek menjadi ikon makanan khas palembang, ayam betutu lah yang menjadi ikon Pulau Bali.Ayam yang dibumbui dengan berbagai rempah ini sangat kaya rasa dan cocok bagi anda penggemar kuliner pedas. Yang unik adalah bumbu rempah tersebut  dimasukkan ke dalam perut ayam kampung, kemudian daging ayam dibungkus menggunakan daun pisang lalu dipanggang dengan bara api sekam yang menghabiskan waktu hingga 24 jam, agar dapat menghasilkan rasa lembut, gurih dan pedas rempah yang otentik. Tidak hanya ada makanan khas Bali ayam betutu, ada juga bebek betutu.

  1. Sate Lilit
sate lilit foto dari @makfoodies
sate lilit foto dari @makfoodies

Berbeda dengan hidangan sate di daerah lain yang dagingnya ditusuk. Makanan tradisional khas Bali ini justru tidak ditusuk, melainkan dililit. Agar dapat dililit, daging dicincang terlebih dahulu sampai halus kemudian dicampur dengan bumbu khas Bali.Setelah itu baru daging dililitkan ke batang daun serai. Perpaduan rasa yang gurih dengan tekstur yang empuk menjadi lengkap dengan aroma khas dari daun serai yang menggugah selera.Umumnya daging yang digunakan, adalahikan tenggiri , daging ayam, maupun babi. Tapi, sate lilit ikan tenggiri adalah yang paling populer di Bali.

  1. Lawar Kuwir
lawar kuwir foto dari @lawarubud
lawar kuwir foto dari @lawarubud

Makanan khas Bali lawar adalah campurandaging cincang dan sayuran yang dibumbui bumbu khas Bali. Umumnya Lawar diolah dengan campuran daging babi, akan tetapi  bebek entog atau kuwir juga dapat menjadi alternatif pengganti babi bagi yang menginginkan makanan khas Bali yang halal. Cincangan daging entog dicampur dengan potongan kacang panjang serta parutan kelapa kemudian dilumuri bumbu khas Bali.Hidangan ini sangat enak disantap bersama nasi putih hangat dan lauk pauk lainnya.

  1. Babi Guling
babi guling foto dari @minnietu87
babi guling foto dari @minnietu87

Nama makanan khas Bali yang satu ini cukup dikenal oleh wisatawan asing dan sedikit wisatawan domestik penikmat olahan daging babi.Daging yang empuk dengan citarasa kental khas Bali membuat hidangan ini digemari. Sayur daun ketela pohon dan Bumbu basa genep khas Bali di masukan dalam perut babi lalu digulingkan di atas bara api.Perpaduan rasa pedas, gurih, renyah sekaligus lembut menjadi kesatuan rasa yang sempurna.

  1. Nasi Campur Ayam Bali
nasi campur ayam bali foto dari @nina epicure
nasi campur ayam bali foto dari @nina epicure

Bila anda tak mempunyai banyak waktu untuk mencicipi semua makanan khas dari Bali, hidangan satu ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk menikmati beragam menu khas Bali dalam satu piring. Sayur urap, Sate lilit, lawar ayam, dan suwiran ayam sisit berbumbu Basa Genep khas Bali siap untuk disantap ditemani nasi hangat. Kenikmatan nya akan bertambah ketika anda menambahkan sambel lembe dan sambel matah khas Bali. Setiap warung menghidangkan dengan variasi lauk yang berbeda antara laintelur sambal tomat, ayam betutu, kulit ayam goreng, ikan pindang, daun umbi pedas, juga kacang goreng sebagai pelengkap.

  1. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung
rujak kuah pindang foto dari @madewedastra
rujak kuah pindang foto dari @madewedastra

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar rujak dengan bumbu ikan tuna?  Di Bali, anda dapat mencicipi makanan khas suku Bali yang cukup unik ini. Anda dapat menemukannya dengan mudah di di pinggir jalan atau di kawasan wisata.Anda akan merasakan sensasi yang menyegarkan ketika menyantap irisan mangga dicampur cabe dan kuah pindang. Anda juga dapat mengganti isiannya dengan campuran beraneka buah atau bisa juga rumput laut. Rujak rumput laut dengan bumbu kuah pindang ini di Bali dikenal dengan nama Rujak Bulung.

  1. Serombotan
serombotan foto dari @platemapsbali
serombotan foto dari @platemapsbali

Apabila di luar negeri ada hidangan salad dan di pulau Jawa makanan khas Semarang sayur urap, Balipun juga memiliki kuliner berbahan dasar sayur yaitu Serombotan. Hidangan ini dapat menjadi alternatif pilihan sebagai makanan khas Bali halal juga bagi vegetarian. Hidangan serombotan ini menyajikan campuran aneka sayur seperti bayam, kacang panjang, kangkung, terong bulat,  buncis, pare juga taoge. Serombotan ini dibumbui dengan bumbu khas yang bernama Kalas, yaitu olahan santan berisi campuran lengkuas, kunyit tumbuk, bawang merah, ketumbar,  bawang putih, serta kencur, dilengkapi dengan bumbu pedas dan bumbu kacang.

  1. TipatBlayag
tipatblayag foto dari @balitopholiday
tipatblayag foto dari @balitopholiday

Makanan khas daerah Bali tepatnya Buleleng ini patut untuk anda coba.  Bentuk dari Tipat Blayag ini bukan diulat seperti ketupat persegi, melainkan dililit memanjang dengan daun enau muda  ataujanur muda mirip seperti lontong. Blayag menggunakan bumbu yang berasal dari campuran bumbu Bali dengan olahan tepung beras dengan tekstur bumbu yang kental agak mirip santan. Hidangan ini sangat nikmat disantap bersama ayam sisit, sayur urap, gorengan kerupuk kulit ayam, ceker ayam, serta kacang kedelai.

  1. Nasi Jinggo
nasi jinggo foto dari @horizonhoman
nasi jinggo foto dari @horizonhoman

Makanan khas Bali yang terkenal murah meriah ini juga wajib untuk anda coba.Hidangan yang disajikan dengan nasi yang hanya se kepalan tangan orang dewasa, dengan lauk pauknya antara lain mie goreng, daging ayam suwir, jugatempe goreng. Hampir mirip dengan nasi kucing di angkringan jogja. Yang unik dari Nasi Jinggo ini adalah sambalnya yang ekstra pedas serta bungkusnya yang berasal dari daun pisang. Nama jenggo konon katanya berasal dari bahasa Hokkien jeng dan go yang berarti seribu lima ratus, karena pada awalnya hidangan ini sempat dibanderol dengan harga Rp 1.500, sedangkan sekarang harganya berkisar  Rp 3,000 – Rp 5,000.

  1. Pie Susu
pie susu foto dari @shopping.mom
pie susu foto dari @shopping.mom

Ini dia makanan ringan yang menjadi favorit semua orang.Makanan khas Bali pie susu ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh oleh sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Perpaduan tekstur renyah dari kulit pie dengan manisnya topping campuran telur, gula, juga susu, membuat anda sulit berhenti untuk menyantapnya.

  1. Jaja Wajik Bali
jaja wajik bali foto dari @cemilbali
jaja wajik bali foto dari @cemilbali

Makanan khas Bali yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi wisatawan yang sering berkunjung ke Bali. Awalnya kudapan ini hanya disajikan pada saat ada acara pernikahan di Bali.Namun saat ini anda dapat dengan mudah menemukannya di sentra oleh oleh. Kudapan ini populer dengan nama Jaja Wajik yang dapat anda jadikan sebagai pilihan oleh oleh makanan ringan khas Bali untuk dibawa pulang. Rasa manis dan legitnya membuat wisatawan tak pernah melewatkan untuk berbelanja kudapan ini ketika sedang berkunjung ke Bali.

  1. Kacang Asin Khas Bali
kacang asin bali foto dari @cenyanti
kacang asin bali foto dari @cenyanti

Kacang asin juga merupakan salah satu cemilan khas Bali yang cukup membuat nagih ketika memakannya. Kudapan yang satu ini selalu menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke Bali untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh makanan khas Bali. Tekstur yang renyah dan rasa yang gurih gurih asin sangat cocok sebagai cemilan untuk menemani minum kopi anda.Anda dapat menemuinya di toko oleh oleh yang tersebar di penjuru Pulau Dewata.

  1. BagiakBali
bagiak bali foto dari @andrehamara
bagiak bali foto dari @andrehamara

Makanan oleh oleh khas Bali berikut ini juga cukup banyak dicari dan cukup populer di kalangan wisatawan. Kudapan ini memiliki beragam varian rasa diantaranya  jahe, susu, kacang, juga kayu manis. Bagiak terbuat dari tepung sagu dengan rasa yang  manis dan bertekstur renyah. Bentuknya bulat panjang berukuran sekitar sejempol orang dewasa.Kudapan ini sangat cocok sebagai camilan pendamping makanan dan minuman khas Bali lainnya.

Itu tadi beberapa makanan khas Bali dan penjelasannya yang dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang mampir di Pulau Dewata. Sebelum mencoba makanan Bali, bagi anda warga ibukota dan sekitar, wajib untuk mencoba Tempat Wisata kuliner Di Jakarta yang tak kalah enaknya, ada laksa, gecom, sate bandeng, dan lain sebagainya. Jangan Lupa Piknik ya!!

Rate this post
About Sally 171 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*