10 Makanan Khas Jambi Yang Wajib Di Coba

Jambi merupakan nama sebuah propinsi di pesisir timur pulau Sumatera bagian tengah. Propinsi ini juga memiliki ibukota yang bernama sama dengan nama propinsinya yaitu Jambi.Tak banyak yang mengetahui bahwa kota memiliki beragam kekayaan wisata, terutama wisata kuliner. Beragam makanan khas Jambi yang unik dan lezat tentu tidak boleh anda lewatkan jika anda berkesempatan berkunjung ke kota Jambi. Berikut beberapa hidangan khas Jambi yang pikniktrus akan bagikan:

  1. Tempoyak
tempoyak foto dari @ikramredzuwan
tempoyak foto dari @ikramredzuwan

Bila makanan khas Cianjur punya tauco andalannya, Jambi juga punya hidangan khas Jambi yang sangat terkenal dan cukup di gemari di seluruh Pulau Sumatera. dibuat dari buah durian yang difermentasikan, tempoyak umumnya disantap bersama sepiring nasi putih. Sebetulnya tempoyak juga dapat langsung dinikmati begitu saja tanpa menu pendamping, akan tetapi rasanya yang sangat asam dan aroma yang begitu menyengat membuat orang lebih suka menyantap nya berdampingan dengan hidangan lain.Tempoyak juga biasa dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan. Makanan khas Jambi tempoyak ini tidak menggunakan bahan pengawet, tetapi tetap dapat bertahan lama karena adanya garam yang dibubuhkan pada proses fermentasi nya.

  1. Gulai Tepek Ikan
gulai tepek ikan foto dari @inaonik
gulai tepek ikan foto dari @inaonik

Bila Ambon punya makanan khas Ambon ikan kuah pala yang terkenal, Jambi juga punya gulai tepek ikan yang juga terkenal kenikmatannya. Tepek ikan adalah hidanganyang dimasak dengan bumbu gulai, sementara tepek ikannya dihidangkan sedemikian rupa serupa dengan pempek. Sepintas makanan khas Jambi gulai tepek ikan ini mirip dengan pempek yang tidak disiram dengan kuah cuko, melainkan diguyur dengan kuah gulai.Jenis Ikan yang biasa digunakan untuk gulai tepek ikan ini yaitu ikan gabus atau ikan tengiri. Gulai tepek ikan berisi juga di dalamnya  irisan nanas yang memberikan rasa asam yang menyegarkan.

  1. Kue Padamaran
kue padamaran foto dari @buatkue
kue padamaran foto dari @buatkue

Kue padamaran merupakan makanan ringan khas Jambi yang dibuat dengan cara tradisional. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung beras dengan santan. Sekilas hidangan ini bertekstur lembut seperti bubur sumsum dan memiliki rasa yang gurih.Yang membedakan kue padamaran dan bubur sumsum adalah pemakaian kinca gula merah dan warna kue padamaran yang hijau alami dari daun suji. Jika kinca gula merah pada bubur sumsum hanya disiram di bagian atas, pada kue padamaran kinca gula merah ini tak Cuma disiram di bagian atas akan tetapi digunakan sebagai bahan dasar.

  1. Daging masak hitam
daging masak hitam foto dari @zaranadiatt
daging masak hitam foto dari @zaranadiatt

Bagi penggemar daging sapi, anda harus menyimak makanan khas Jambi beserta resepnya yang satu ini. Daging masak itam atau daging masak hitam adalahhidangan khas Jambiyang berbahan dasar daging sapi. Racikan Bumbu yang dipakai untuk memasak daging masak hitam diantaranyaadas manis, jintan, ketumbar, pala bubuk, kayu manis, lada putih bubuk,kecap manis,  garam, santan,bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, batang serai, serta lengkuas. Dalam proses memasaknya bumbu halus yang sudah disediakan kemudian dicampur denganketumbar,  kelapa sangrai,lada putih bubuk,  kayu manis, adas manis, garam, juga jintan. Campuran bumbu tersebut kemudian dibalurkan pada daging dan didiamkan selama kurang lebih dua puluh menit, lalu dimasak dalam panci dibubuhi santan dan kecap hingga empuk dan kuahnya mengental.Anda dapat mencoba resep makanan khas Jambi ini di rumah.

  1. Nasi Gemuk
nasi gemuk foto dari @mr gastronome
nasi gemuk foto dari @mr gastronome

Makanan khas Jambi dan penjelasannya berikut ini juga harus anda simak. Nasi gemuk merupakan sajian khas kota Jambi hampir sama dengan nasi uduk dari Betawi, atau mirip juga nasi di daerah lain yang disajikan bersama campuran lauk pelengkap. Yang membedakan nasi gemuk dengan nasi lauk dari daerah lain adalah menu pelengkapnya. Nasi gemuk tidak menggunakan emping melinjo melainkan kerupuk. Masyarakat Jambi biasa menyantap Nasi Gemuk ini sebagai menu sarapan.

  1. Bolu Kojo
bolu kojo foto dari @eesadora
bolu kojo foto dari @eesadora

Bagi masyarakat di luar pulau Sumatera mungkin nama Bolu kojo terdengar asing. Namun di Sumatera Selatan, makanan khas provinsi Jambi sangat populer, terlebih di daerah Jambi. Palembang, Riau, juga Bengkulu.Bolu kemojo atau yang biasa disebut bolu kojo merupakan kue bolu yang memiliki bentuk layaknya bunga kamboja. kue khas Jambi ini sering dihidangkan di acara adat atau pesta adat. Masyarakat muslim juga gemar menyantap kue ini sebagai menu berbuka puasa.Kue ini sangat cocok disantap bersama segelas the atau kopi hangat untuk menemani anda bersantai. Makanan ini juga dapat menjadi pilihan bagi anda untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

  1. Gandus
gandus foto dari @desi7901
gandus foto dari @desi7901

Kudapan yang satu ini juga terkenal sebagai oleh oleh makanan khas Jambi. Sepintas kue ini mirip dengan kue talam ubi. Kue gandus dibuat dari campurantepung sagu, tepung beras, santan, garam, serta bumbu halus yang terdiri atas cabai, bawang putih, dan bawang merah. Kue ini umumnya dicetak ke dalam mangkok atau cetakan loyang persegi. Di permukaannya diberi taburan bawang goreng yang menambah rasa gurih.Anda dapat menjumpai pedagang yang menjajakan kue ini di pasar pasar tradisional yang ada di Jambi.

  1. Mie Celor
mie celor foto dari @doyancooking
mie celor foto dari @doyancooking

Mengunjungi kota Jambi tak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas Jambi lengkap dengan mie celornya. Hidangan khas Jambi ini dibuat dari adonan tepung terigu yang dimasak bersama aneka sayur seperti daun sop dan taoge. Kuah santan yang disiramkan ke atas mie dilengkapi bahan pelengkap sepertitelur atau irisan daging sapi atau daging ayammenambah lengkap kenikmatan hidangan ini. Mie celor ini sebenarnya tak hanya ada di Jambi,akan tetapi ada juga di Padang dan Palembang. Yang membedakan makanan khas Jambi dan resepnya yang satu ini adalah mie celor Jambimemiliki kuah yang sedikit encer tidak sekental kuah mie celor di Padang dan Palembang, sehingga terasa lebih menyegarkan.

  1. Rambutan Goreng
rambutan goreng foto dari @baraya.food
rambutan goreng foto dari @baraya.food

Nama makanan khas Jambi selanjutnya sedikit unik, yaitu rambutan goreng. Anda hanya dapat menemukan kudapan yang satu ini di Jambi saja karena dijamin tak ada di daerah lain.Jangan dibayangkan rambutan digoreng dengan kulitnya, karena hanya daging buahnya saja yang digoreng. Sebelum digoreng, daging buah rambutan didiamkan beberapa saat sampai kering sepenuhnya. Setelah kering daging rambutan dibaluri bumbu kemudian digoreng. Setelah digoreng makanan ini bisa awet hingga enam bulan walaupun tanpa bahan pengawet. Menurut sebagian orang, kudapan ini memiliki rasa seperti kurma.

  1. Gulai Terjun
gulai terjun foto dari @wonderfoodjambi
gulai terjun foto dari @wonderfoodjambi

makanan khas daerah Jambi ini juga memiliki nama yang unik. Gulai terjun merupakan hidangan yang oleh penduduk Jambibiasa dihidangkan sebagai lauk sehari-hari. Hidangan ini dibuat dari bahan dasardaging kerbau atau daging sapi maupun daging kambing.Layaknya gulai pada umumnya, hidangan ini disajikan dengan kuah santan namun tidak terlalu encer.Tak jarang gulai terjun ini dihidangkan dengan umbut kelapa.

Nah itu dia beberapa makanan khas Jambi yang wajib anda coba. Masih di Pulau sumatera, anda harus mencoba makanan khas Batak yang tak kalah enak juga unik. Siapkan perut anda untuk menikmati hidangan khas dari ranah Batak yang lezat. Jangan lupa piknik ya!

iklan

About Sally 185 Articles
Penyuka makanan pedas dan sunset. Hobi menulis di sela-sela kesibukannya yang tak terlalu padat. Tapi jangan cari ia perpus, karena ia lebih sering keluyuran di pantai daripada membaca buku. Plis jangan dikepoin, nanti kamu suka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*